Cara Mengatasi Error EC Pada Merek AC Terbaik

Cara Mengatasi Error EC Pada Merek AC Terbaik

Cara Mengatasi Error EC Pada Merek AC Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang yang harus dipenuhi. Terutama saat tinggal di daerah yang mempunyai suhu lebih tinggi daripada daerah lainnya. Kadang, meski kita menggunakan kipas angin tetapi tetap saja kita masih merasa ruangan yang panas.

Oleh karena itu, solusinya yaitu kamu membutuhkan pendingin ruangan seperti AC. Hal ini yang akan membuat merek AC terbaik menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi, dengan catatan kamu harus mempunyai budget yang cukup, serta memikirkan hal lain seperti biaya listrik yang lebih mahal.

Selain itu, kamu juga perlu memilih merek AC terbaik yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Sehingga kamu dapat menggunakan AC tersebut dalam jangka waktu lama. Cara merawat AC yang baik dan benar juga perlu kamu ketahui,

Kamu perlu  berusaha supaya merek AC terbaik kamu tetap dalam kondisi yang baik. Usahakan agar AC tidak mengalami masalah. Bagi beberapa orang yang hanya sekadarnya saja menggunakan AC, tentu besar memungkinkan AC akan error, seperti permasalahan AC dengan kode error EC.

Error AC Pada AC

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu kode error EC pada merek AC terbaik. Kode ini  berarti adanya permasalahan saat mendeteksi kebocoran refrigen. Yang berarti sistem pada AC telah mendeteksi kebocoran.

Beberapa penyebab munculnya kode ini yaitu kebocoran refrigen, pemasangan ac yang buruk, terjadi masalah di bagian sensor, dan masalah pada bagian PCB indoor ataupun outdoor.

Salah satu cara mengatasi eror EC pada AC yaitu kamu dapat menghubungi jasa service AC untuk memperbaiki masalah tersebut. Pastikan untuk menghubungi jasa servis yang terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik. Meski demikian, sebelumnya kamu bisa mencoba perbaiki masalah itu sendiri.

Berikut cara mengatasi kode error EC pada merek AC terbaik :

1. Matikan AC dan Lepaskan Sambungan Listrik

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu mematikan AC. Kemudian silakan untuk melepas sambungan listrik. Berikan jeda antara 2 sampai 3 menit. Setelah itu, kamu dapat memulai untuk menyalakan AC.

Biasanya cara ini dapat mengatasi kode error EC pada AC. Namun, apabila masalah ini belum bisa diselesaikan, maka kamu dapat lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Periksa Kebocoran Refrigant

Saat terjadi kebocoran di bagian refrigant, yang perlu kamu lakukan yaitu dengan cara mengecek apakah terdapat minyak pada sekitar unit AC indoor ataupun outdoor. Kebocoran tersebut bisa kamu temukan dengan cara gunakan sabun dan air seperti yang biasanya dilakukan saaat mencari kebocoran pada ban kendaraan.

Namun, biasanya di tahap ini kamu juga dapat memanggil teknisi. Mereka mempunyai alat untuk mendeteksi kebocoran. Lakukan perbaikan sesegera mungkin jika adanya kebocoran. Jangan sampai lupa untuk menambahkan freon atau refrigent.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Bocor, Begini Cara Mengatasinya

3. Periksa Sensor

Cara lain yang dapat kamu lakukan yaitu dengan cara memeriksa sensor. Koneksi yang sudah longgar dapat menyebabkan pesan erro EC. Cara memeriksanya cukup mudah. Tetapi apabila kamu tidak mengetahui bagaimana cara memeriksa sensor EC pada AC, silakan untuk menghubungi teknisi ahli.

4. Papan PCB Rusak

Permasalahan lainnya yang terjadi bisa karena papan PCB yang mengalami masalah. Mungkin kamu telah mengecek semuanya, tetapi masih belum juga menemukan masalah yang sedang terjadi. Mungkin masalahan EC saat ini ada kaitannya dengan PCB. Papan PCB yang sedang mengalami kerusakan akan mengyebabkan pesan error EC muncul pada AC kamu.

Itulah beberapa cara mengatasi error EC pada merek AC terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: