Wajib Perhatikan, Berikut 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menggunakan AC

Wajib Perhatikan, Berikut 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menggunakan AC

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menggunakan AC--Google.com

Jika Anda secara tidak sengaja mematikan AC melalui remote atau AC tiba-tiba mati karena pemadaman listrik, dan kemudian Anda langsung menyalakannya kembali, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor AC yang tidak tahan lama atau cepat rusak.

Disarankan untuk menghindari langsung menyalakan kembali AC. Sebaiknya, tunggu beberapa menit sebelum menyalakan AC lagi. Ini penting untuk memberi waktu kompresor beristirahat sejenak sebelum mulai beroperasi kembali, sehingga dapat menjaga keawetan dan daya tahan kompresor.

4. Lupa mematikan AC

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh pengguna AC, mungkin Anda termasuk salah satu yang melakukannya. Meskipun terlihat sepele, tetapi jika terus-menerus dilakukan, dapat mengakibatkan kenaikan tagihan listrik yang signifikan dan juga mempercepat kerusakan komponen AC.

Selain itu, konsumsi daya listrik yang tinggi karena lupa mematikan AC juga dapat berkontribusi pada pemanasan global.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Portable

Disarankan untuk menggunakan timer sebagai langkah pencegahan agar tidak lupa mematikan AC. Atur timer sesuai dengan rutinitas harian Anda, misalnya untuk jam kerja dari pukul 08.00 hingga 17.00. Dengan demikian, kebiasaan lupa mematikan AC dapat dihindari.

Jika perlu, pasang poster atau stiker mengenai penggunaan AC di tempat kerja untuk membantu Anda lebih bijak dalam mengoperasikan AC.

5. Merokok di ruangan ber-AC

Kebiasaan merokok di dalam ruangan yang menggunakan AC tidak hanya mengakibatkan aroma ruangan yang tidak menyenangkan, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada AC itu sendiri. Asap rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu kinerja AC.

Paparan asap rokok membuat AC harus bekerja lebih keras untuk menyaring udara yang terkontaminasi, yang pada gilirannya dapat membuat AC lebih cepat kotor. Zat nikotin dalam asap rokok dapat menyebabkan perubahan warna dan kerusakan pada unit indoor AC.

6. Membuka pintu dan jendela saat AC menyala

AC akan berfungsi optimal jika ruangan sepenuhnya tertutup. Oleh karena itu, sebelum menyalakan AC, penting untuk menutup pintu dan jendela. Pastikan juga gorden atau tirai tertutup untuk mengurangi masuknya sinar matahari ke dalam ruangan, terutama pada siang hari.

BACA JUGA : Mengatasi Masalah Kebocoran Freon Merek AC Terbaik: Panduan dan Solusi Tepat

Pastikan bahwa AC tidak harus bekerja lebih keras karena pintu dan jendela terbuka, yang dapat menyebabkan kerusakan pada AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: