Ternyata Begini Faktor Penyebab Merek AC Terbaikmu Bisa Bocor, Simak Solusinya

Ternyata Begini Faktor Penyebab Merek AC Terbaikmu Bisa Bocor, Simak Solusinya

Faktor Penyebab Merek AC Terbaik Kamu Bisa Bocor--Google.com

AC memiliki dua saluran penampung air di unit dalam ruangan yang menampung tetesan air dari evaporator sebelum dialirkan ke saluran pembuangan.

BACA JUGA : Dijamin Dingin Maksimal, Begini Cara Setting Merek AC Terbaik Gree

Saluran penampung ini terletak di sisi depan dan belakang. Karena berfungsi menampung dan mengalirkan air, kotoran seperti debu akan mengendap seiring waktu.

Saluran penampung di sisi depan mungkin lebih mudah dibersihkan saat AC diservis. Namun, saluran penampung di sisi belakang tidak dapat dibersihkan jika AC masih terpasang di dinding.

Karena tidak dapat dibersihkan, kotoran akan mengendap dan menyebabkan air tidak bisa mengalir ke saluran pembuangan, sehingga air meluber keluar.

Jika AC bocor karena saluran penampung belakang kotor, diperlukan servis besar (overhaul). Ini melibatkan melepas unit dalam ruangan, kemudian membongkar dan membersihkan komponen satu per satu.

4. Posisi unit indoor tidak sejajar

Merek AC terbaik memiliki dua lubang pembuangan air, yaitu di sisi kanan dan kiri. Kita dapat memilih lubang pembuangan yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pemasangan AC.

Misalnya, jika kita menggunakan lubang pembuangan sisi kanan, maka lubang pembuangan sisi kiri harus ditutup. Jika saat pemasangan unit indoor, sisi kanan lebih tinggi dari sisi kiri, maka hal ini akan menyebabkan saluran pembuangan tidak lancar.

BACA JUGA : Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Merek AC Terbaik Berisik, Kamu Wajib Tahu

Solusinya untuk menghindari AC bocor karena posisi indoor yang tidak sejajar adalah menggunakan waterpass untuk memastikan unit indoor terpasang dengan benar. Agar air dapat mengalir dengan lancar, buatlah sisi lubang pembuangan yang digunakan lebih rendah sedikit.

Misalnya, jika kita menggunakan lubang pembuangan sisi kanan, maka sisi kanan indoor AC harus dibuat lebih rendah sedikit dari sisi kiri.

5. AC bocor karena kondensasi

Ketika proses pendinginan berlangsung, kondensasi akan terjadi pada bagian pipa instalasi, menghasilkan embun atau bintik-bintik air.

Air embun ini akan diserap oleh bungkus spons (armaflex) pipa. Namun, seiring berjalannya waktu, daya serap bungkus pipa akan menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: