5 Kebiasaan Penyebab Merek AC Terbaik Bocor

5 Kebiasaan Penyebab Merek AC Terbaik Bocor

Kebiasaan Yang Menyebabkan Merek AC Terbaik Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Keadaan merek AC terbaik yang bocor tentu akan mengganggu kenyamanan kamu. Selain disebabkan karena munculnya tetesan air yang bisa membuat lantai basah, suhu yang dihasilkan oleh AC yang bocor juga tidak akan bisa dingin seperti biasanya.

Maka dari itu, hindari beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab merek AC terbaik mengalami bocor.

Tujuan memasang merek AC terbaik di dalam rumah yaitu untuk memperoleh sebuah kenyamanan. Meski kamu tinggal di negara tropis, tetapi cuaca panas juga terkadang bisa membuat kita tidak nyaman dan menghambat kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Dengan memasang merek AC terbaik, maka udara di dalam ruangan akan menjadi dingin dan segar sehingga bisa membuat kamu fokus dan bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas.

BACA JUGA : Remote AC Hilang, Berikut Cara Menyalakan Merek AC terbaik Tanpa Remote

Berikut kebiasaan yang menyebabkan merek AC terbaik bocor :

1. Saluran pembuangan air penuh

Air yang keluar dari unit indoor AC jenis split akan mengalir menuju saluran pembuangan. Jika saluran tersebut sudah penuh maka proses pembuangan akan menjadi terhambat. Sehingga mengakibatkan tetesan air akan keluar melalui unit indoor AC.

Cara mengatasinya : Bersihkan saluran pembuangan talang di bagian belakang. Pipa sambungan yang terdapat di unit indoor dilepas, kemudian talang yang ada pada pembuangan air kamu semprot hingga semua kotoran keluar dan pipa menjadi bersih.

2. Tidak rutin melakukan perawatan AC

Pentingnya dilakukan perawatan atau maintenance pada AC dengan rutin diantaranya untuk memeriksa keadaan dari filter AC.

Jika filter udara yang ada dalam AC sudah kotor, maka akan membuat aliran udara jadi terhambat dan udara juga akan menjadi sulit untuk mencapai koil evaporator.

BACA JUGA : Solusi Praktis Mengatasi Pembuangan Merek AC Terbaik yang Mampet

Sehingga mengakibatkan kumparan evaporator menjadi terlalu dingin dan jadi membeku. Dan ketika sudah meleleh, maka merek AC terbaik akan meneteskan air dalam jumlah yang banyak.

Masalah tersebut biasanya terjadi pada AC yang telah digunakan selama lebih dari 5 tahun karena pembungkus pada pipa (armaflex) sudah waktunya untuk diganti.

Cara mengatasinya : Dilakukan perawatan pada AC setiap 3 bulan satukali oleh teknisi AC yang akan mengecek apakah pembungkus pipa tersebut masih layak untuk dipakai atau perlu untuk diganti.

3. Saluran pembuangan air tidak pernah dibersihkan

Saluran pada pembuangan air AC juga dapat tersumbat oleh kotoran ataupun kotoran yang mengakiabtkan air akan mencari jalan yang lain untuk keluar dan membuat timbul sebuah tetesan di tempat yang tidak seharusnya.

Cara mengatasinya : Setiap 3 bulan satu kali kamu lakukan perawatan pada AC. Teknisi AC yang profesional akan membersihkan saluran pembuangan air ataupun membersihkan komponen unit indoor AC yang lainnya supaya terbebas dari kotoran dan debu.

BACA JUGA : Mengatasi Merek AC Terbaik Mengeluarkan Suara Bising, Ikuti Cara Ampuh Berikut

4. Posisi AC Miring

Hal ini bisa terjadi akibat dari kesalahan ketika dilakukan pemasangan atau instalasi AC. Merek AC terbaik harus dipasang posisinya sedikit miring ke belakang supaya air dapat mengalir ke luar menuju saluran pembuangan.

Jika sudut kemiringan pada AC kurang tepat, maka akan membaut air menetes ke luar mesin dan mengakibatkan terjadinya kebocoran karena air tidak dapat menuju ke saluran pembuangan.

Cara mengatasinya : Harus dilakukan instalasi ulang dengan cara membuka unit indoor AC. Lalu, AC dipasang lagi dengan posisi miring yang sesuai.

5. Freon Bocor

Penyebab dari AC mengalami bocor yang lainnya yaitu karena freon mengalami kebocoran. Hal itu bisa terjadi ketika hembusan udara yang dihasilkan AC terasa lebih hangat daripada biasanya atau udaranya tidak sedingin dari sebelumnya.

Selain itu, AC yang freon-nya mengalami bocor, maka akan timbul bunga es di pipa unit outdoor ketika AC sedang dinyalakan.

Cara mengatasinya : Panggil teknisi AC profesional untuk mengecek saluran pada pipa freon dan kadar pada freon di bagian unit outdoor AC.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan merek AC terbaik kamu bocor dan cara untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: