Berikut Panduan Cara Mencuci AC Kotor Dengan Benar, Terhindar Sarang Penyakit

Berikut Panduan Cara Mencuci AC Kotor Dengan Benar, Terhindar Sarang Penyakit

Panduan Cara Mencuci AC Dengan Benar--google.com

Langkah berikutnya adalah membersihkan filter AC. Jika tidak ada kerusakan pada filter, Anda bisa membersihkannya dari debu-debu yang menumpuk menggunakan sikat gigi bekas, kuas, lap yang sedikit basah, atau penyedot debu.

3. Melepas filter AC

Anda dapat memilih alternatif lain untuk membersihkan filter AC dengan melepasnya terlebih dahulu dari unit AC, lalu mencucinya dengan merendamnya.

Saat merendam filter AC, disarankan untuk menggunakan larutan pencuci khusus. Tujuannya adalah untuk menghilangkan spora jamur dan berbagai kuman lain yang mungkin menempel pada filter tersebut.

4. Gosok filter dengan perlahan

Saat merendam filter AC, Anda bisa menggosoknya dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan. Penting untuk tidak menggosok terlalu keras karena hal ini dapat merusak filter AC.

5. Keringkan filter AC

Setelah membersihkan filter AC, langkah berikutnya adalah mengeringkannya dengan cara mengangin-anginkannya sejenak.

Pastikan untuk mengeringkan filter di tempat yang bersih agar tidak ada kotoran yang menempel kembali pada filter.

6. Bersihkan juga bagian lainnya pada AC

Selain membersihkan filter, penting juga untuk memperhatikan area lain pada AC Anda. Gunakan kain lap kering untuk membersihkan bagian-bagian sela-sela AC agar terbebas dari kotoran. Pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh untuk menjaga kinerja AC yang optimal.

7. Kembalikan filter ke dalam AC

Setelah proses mencuci dan menggosoknya, langkah berikutnya adalah memasang kembali filter AC ke tempat semula. Pastikan filter sudah benar-benar bersih dan kering sebelum dipasang kembali. Hal ini penting agar mencegah pertumbuhan jamur pada filter AC.

Setelah memasang filter, cobalah untuk menyalakan AC. Jika udara yang keluar terasa dingin dan segar, itu menandakan bahwa proses pembersihan telah berhasil.

BACA JUGA:Kenali Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box, Pecinta Daging dan Frozen Food Wajib Punya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: