10 Langkah Mencuci AC Dinding Dengan Peralatan Sederhana, Cara Murah Meriah Merawat AC di Rumah!!

10 Langkah Mencuci AC Dinding Dengan Peralatan Sederhana, Cara Murah Meriah Merawat AC di Rumah!!

-Langkah-Langkah mencuci ac dinding dengan peralatan sederhana -

DISWAY JOGJA – Membersihkan ac dinding memiliki banyak manfaat karena menjaga performa ac bekerja tetap optimal. Selain mengganggu performa ac split, kondisi ac yang kotor juga mengurangi kesejukan ruangan dan menjadi sarang bakteri.

Mencuci ac dinding. Langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah dengan mencucinya secara rutin. Terdapat dua cara mencuci ac split, pertama dengan menggunakan jasa teknisi, dan kedua secara mandiri menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah.

Jasa untuk menyewa teknisi cuci ac dinding beragam, mulai dari 65 ribu rupiah. Namun tak perlu khawatir karena biayanya yang lumayan jika mencuci ac secara rutin. Sebab kita dapat mancucinya secara mandiri dengan biaya yang lebih murah meriah.

Ac dinding memiliki bodi yang kompak dan terdiri dari dua unit, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Unit indoor ialah unit yang terpasang di dalam ruangan. Sedangkan unit outdoor adalah unit yang terpasang di luar ruangan. 

Ac dinding memiliki beberapa komponen pada masing-masing unitnya. Nah, sebelum mencuci sebaiknya pahami terlebih dahulu komponen yang tertanam pada masing-masing unit. Pada unit indoor terdiri dari filter udara, evaporator, modul kelistrikan, blower, dan dinamo. Sedangkan unit outdoor terdiri dari kondensor dan kipas. 

BACA JUGA:Rekomendasi AC Mini Untuk Ruangan Kamar, Banyak Kelebihanya Juga Lho!

Berikut adalah cara mencuci ac dinding dengan peralatan sederhana

Peralatan yang diperlukan

1. Pertama siapkan Kanebo atau lap bersih

2. Kedua siapkan spray atau semprotan bekas pewangi pakaian atau semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung atau sejenisnya.

3. Kemudian untuk merontokan debu gunakan sikat gigi. Sikat gigi dipilih karena rongga-rongga pada ac memiliki ruang yang kecil.

Bagian yang dibersihkan

1. Filter udara

2. Evaporator depan dan belakang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: