Berikut Panduan Cara Mencuci AC Kotor Dengan Benar, Terhindar Sarang Penyakit

Berikut Panduan Cara Mencuci AC Kotor Dengan Benar, Terhindar Sarang Penyakit

Panduan Cara Mencuci AC Dengan Benar--google.com

DISWAY JOGJA - Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, cuaca panas dan terik seringkali membuat penggunaan AC menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak rumah tangga.

Membersihkan AC secara teratur sangat penting, tidak peduli jenisnya. Selain menyediakan udara yang sejuk, AC juga berperan dalam menciptakan kualitas udara yang baik di dalam ruangan. Perawatan rutin AC sangat penting untuk memastikan kebersihan udara di dalam ruangan tetap terjaga.

Namun, jika Anda jarang membersihkan AC di rumah, Anda tidak akan mendapatkan manfaat tersebut. AC yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman dan penumpukan debu.

Sebaliknya, daripada menciptakan udara bersih, AC yang kotor dapat menyebarkan kuman yang dapat tidak sengaja terhirup oleh penghuni rumah. Terutama ketika daya tahan tubuh sedang lemah, risiko terkena penyakit dan gangguan kesehatan seperti hidung tersumbat, batuk, mengi atau sesak napas, serta iritasi mata dapat meningkat.

BACA JUGA : Simak Fitur Canggih dan Fungsional Merek Kulkas Terbaik Sharp, Siap Cukupi Kebutuhan Konsumen

Biasanya, AC disarankan untuk dibersihkan sekitar setiap 3 bulan sekali. Apakah Anda selalu menggunakan jasa layanan untuk membersihkan AC di rumah? Padahal, mencuci AC sendiri tidak sulit. Pemilik AC dapat membersihkan AC mereka sendiri tanpa harus memanggil teknisi AC.

Berikut merupakan cara mencuci merek AC terbaik anda:

Sebelum memulai, pastikan AC dalam kondisi mati. Siapkan semua peralatan yang diperlukan untuk membersihkan AC Anda, termasuk sikat gigi bekas, kain lap, obeng, cairan pembersih, penyedot debu (vacuum cleaner), air secukupnya, dan masker penutup mulut serta sarung tangan untuk keamanan tambahan.

Setelah semua persiapan selesai, ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan AC.

1. Membuka penutup AC

Gunakan obeng untuk membuka casing atau penutup AC dengan hati-hati. Setelah casing terbuka, Anda akan langsung melihat filter AC.

Periksa filter AC untuk memastikan tidak ada kerusakan. Jika filter terlihat sobek atau rusak, segera gantilah dengan filter yang baru.

BACA JUGA : 6 Alasan Beralih ke Merek AC Terbaik, Dijamin Memudahkan Hidup Penggunanya

2.  Membersihkan filter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: