Tidak Hanya Dilap, Berikut Cara Membersihkan Semua Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Tidak Hanya Dilap, Berikut Cara Membersihkan Semua Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Cara Membersihkan Semua Merek Kulkas Terbaik Yang Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Sama halnya seperti furniture yang lainnya, merek kulkas terbaik atau lemari es juga perlu kamu bersihkan dengan rutin dan benar.

Hal ini karena merek kulkas terbaik merupakan tempat menyimpan bahan makanan dan minuman, sehingga tempat ini tidak boleh sampai kotor ataupun bau.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui cara membersihkan kulkas yang benar. Membersihkan merek kulkas terbaik merupakan langkah yang esensial untuk memastikan kualitas bahan makanan yang tersimpan di dalamnya tetap dalam keadaan baik.

Setidaknya, kamu perlu membasuh merek kulkas terbaik sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu bulan atau saat bunga es di dalam kulkas sudah banyak.

Berikut langkah-langkah membersihkan merek kulkas terbaik secara menyeluruh agar tidak bau dan lebih awet :

1. Matikan Kulkas

Kulkas wajib dimatikan dulu ketika kamu akan membersihkannya. Hal ini bertujuan supaya bunga es yang memenuhi kulkas bisa cepat mencair. Hal ini adalah cara membersihkan kulkas dari bunga es yang paling efektif.

Selain itu, kamu juga harus mematikan kulkas supaya bisa lebih mudah untuk dibersihkan. Caranya juga mudah, karena kamu hanya perlu memutar knob atau tombol suhu yang ada di kulkas ke tombol “Stop”.

Pastikan untuk menaruh wadah di bawah freezer guna menampung air es yang nantinya akan mencair.

2. Keluarkan Semua Isi Kulkas dan Sekat Kulkas

Sembari menunggu bunga es mencair, kamu dapat mengeluarkan semua makanan, minuman, dan melepas sekat kulkas.

Simpan makanan dan minuman tersebut pada tempat yang aman untuk sementara waktu. Sedangkan untuk sekatnya, kamu dapat mencucinya lalu keringkan dengan memakai kain yang bersih.

3. Fokus pada Saluran Drainase

Cara membersihkan kulkas supaya tidak bau dengan cara membuang makanan yang sudah basi dan layu, kamu juga perlu fokus di saluran drainase.

Saluran ini biasanya ada di bagian belakang kulkas dan rentan terkena kotor karena sebagian besar pengguna kulkas sering lupa untuk ikut dibasuh.

Untuk drainase, kamu bisa memakai cotton bud untuk membersihkannya, kemudian korek kotoran yang terdapat pad saluran tersebut sampai benar-benar bersih.

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Dan Cara Menghilangkan Baunya

4. Lap Seluruh Permukaan Kulkas

Setelah saluran drainase sudah bersih, kini saatnya kamu untuk membasuh seluruh bagian kulkas yang lain, caranya seperti :

- Kulkas 1 pintu ataupun 2 pintu, kamu dapat mengelap semua permukaannya dari atas sampai ke bawah kulkas. Kamu juga dapat mengelapnya dengan menggunakan kanebo yang sedikit basah.

- Lalu, lap kulkas satu kali lagi dengan memakai kain yang bersih dan kering.

- Apabila semuanya sudah bersih, kamu dapat memasang kembali semua sekat kulkas ke tempat semula.

- Kemudian isi dengan semua makanan dan minuman yang tadi kamu sudah keluarkan. Pastikan bahwa semua makanan dan juga minuman tersebut masih dengan kualitas yang baik. Khusus untuk makanan yang sudah basi, layu, atau kedaluwarsa, kamu tidak perlu memasukkannya kembali ke dalam kulkas.

5. Simpan Pewangi Alami di dalam Kulkas

Kamu dapat menyimpan pewangi alami di dalam kulkas kamu. Banyak bahan yang dapat kamu simpan di dalam kulkas, seperti bubuk kopi, lemon, teh atau vanila. Kamu dapat menyesuaikannya dengan wangi kesukaan kamu. Jadi, saat kamu membuka kulkas, kamu juga akan mencium bau wangi yang kamu suka.

Bahan-bahan tersebut bisa untuk mengusir bau tidak sedap dalam waktu lebih lama. Tetapi, pastikan untuk rutin memeriksa bahan makanan dan minuman kamu yang ada di dalam kulkas. Karena, bau juga bisa saja berasal dari makanan dan minuman yang basi ataupun sudah kedaluwarsa.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan semua merek kulkas terbaik yang benar, tidak hanya dengan cara dilap saja. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: