Cara Membersihkan Body Merek Kulkas Terbaik Agar Semakin Awet

Cara Membersihkan Body Merek Kulkas Terbaik Agar Semakin Awet

Cara Membersihkan Body Merek Kulkas Terbaik Agar Semakin Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Tidak hanya perawatan di bagian mesinnya, merek kulkas terbaik juga membutuhkan perawatan untuk bagian bodinya.

Kebersihan merek kulkas terbaik juga bisa berpengaruh tterhadap bahan makanan supaya tetap higienis dan tidak mudah busuk.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan dengan rutin bodi merek kulkas terbaik dengan benar, dan kapan waktu yang tepat untuk membersihkannya.

Berikut beberapa alasan melakukan pembersihan merek kulkas terbaik itu sangat penting untuk dilakukan dengan teratur dan maksimal :

1. Bau Tidak Sedap

Aroma tidak sedap yang ada di area dapur atau di sekitar kulkas bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kulkas itu sendiri jarang kamu bersihkan.

Hal ini mungkin bisa terjadi saat ada beberapa jenis makanan yang gmpang busuk atau kamu sudah terlalu lama menyimpan makanan di dalam kulkas.

Bahkan bau tidak sedap bisa saja tetap menempel meski kamu sudah mengeluarkan bahan makanan tersebut.

2. Penumpukan bakteri

Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa makanan yang masih fresh, tetapi entah kenapa jadi cepat busuk ketika masuk ke dalam kulkas. Bakteri tidak hanya menempel di makanan saja, tetapi juga di bodi kulkas itu sendiri.

Kebiasaan kamu terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas juga bisa membuat potensi kuman dan bakteri dari luar kulkas masuk ke dalam kulkas jadi lebih besar. Oleh akrena itu, melakukan pembersihan secara berkala harus kamu lakukan.

3. Tampilan Lebih Rapi

Dengan kamu membersihkan body merek kulkas terbaik secara rutin, tidak hanya membuat tampilan luarnya saja yang rapih, melainkan tampilan bagian dalamkulkas  lengkap dengan isiannya juga akan semakin terlihat rapi.

Tidak hanya enak untuk dipandang, tampilan yang lebih rapi juga akan membuat proses pengambilan makanan di dalam kulkas jadi lebih efisien dan tidak akan membingungkan.

BACA JUGA : 7 Cara Menghilangkan Bau Freezer Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Wangi

Kamu bisa membersihkan kulkas 1 kali dalam 1 bulan. Tetapi, tetap ada beberapa faktor yang akan berpengaruh pada frekuensi pembersihan seperti :

- Seberapa sering kamu menggunakan kulkas

- kebersihan lingkungan di sekitar kulkas kamu

- Seberapa sering adanya kebocoran atau terdapat tumpahan makanan cair di dalam kulkas

Apabila kulkas kamu memang sering dipakai, dan sering kotor karena ada kebocoran dan tumpahan makanan di dalamnya, maka kulkas kamu harus sering dibersihkan.

Misalnya tiap 2 minggu sekali. Apabila kamu jarang menggunakan kulkas dan kulkas juga jarang terkena tumpahan, kamu dapat membersihkannya tiap bulan.

Membersihkan bodi merek kulkas terbaik dapat kamu lakukan dengan menggunakan baking soda. Untuk membersihkan bodi kulkas tentu kamu harus mengikuti urutan yang benar supaya tidak kerja 2 kali atau agar proses pembersihannya bisa lebih cepat dan bersih dalam satu kali jalan.

Berikut berbagai macam alat dan bahan untuk kamu memulai membersihkan kulkas :

- Kain lap atau spons

- Sikat kecil atau sikat gigi

- Larutan air hangat yang dicampur deterjen

- Air bersih untuk membilas

- Kaporit

- Larutan baking soda atau cuka putih

BACA JUGA : 10 Tanda Merek Kulkas Terbaik Buntu Atau Mampet, Begini Solusinya

Berikut langkah-langkah membersihkan bodi kulkas dengan menggunakan baking soda :

- Keluarkan seluruh isi di dalam kulkas, seperti makanan, minuman, dan juga bahan makanan.

- Lepaskan sekat yang jadi tatakan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Caranya, tarik ke luar. Pada umumnya, sekat di dalam kulkas cukup portable dan mudah untuk dikeluarkan. 

- Bersihkan karet pintu kulkas menggunakan pasta campuran 3 sendok makan kaporit dengan air. Oleskan larutan tersebut pada karet pintu kulkas dengan menggunakan sikat berukuran kecil atau sikat gigi. Kemudian lap dengan menggunakan kain, setelah itu lumasi karet pintu kulkas dengan cuka.

- Sediakan larutan baking soda, dan bersihkan bodi kulkas termasuk juga saluran Drainase. Hal ini merupakan salah satu bagian yang penting yang sering kamu lupakan. Posisinya ada di bagian bawah belakang kulkas.

- Lap bagian dalam dan luar Kulkas. Mulai dari dinding kulkas sampai dengan sudut sudutnya, dan bagian tubuh luar kulkas dari semua sisi.

- Bersihkan koil kondensor. Semakin lama koil kondensor tidak kamu bersihkan, maka debu akan semakin menumpuk.

- Setelah semua selesai, masukkan isi kulkas secara bertahap, lalu hidupkan kembali kulkas.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan body merek kulkas terbaik dengan menggunakan baking soda atau cuka putih agar kulkas semakin awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: