Berburu Kuliner di Malang? Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Berburu Kuliner di Malang? Berikut 5 Rekomendasi Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

kuliner khas wisata terbaru 2024 di Malang--

DISWAY JOGJA - Mengunjungi kota Malang rasanya belum pas jika belum mencicipi beberapa makanan khas wisata terbaru 2024 yang lezatnya sudah cukup melegenda. Walaupun sudah tersebar di berbagai penjuru negeri, mencicipi makanan khas Malang secara langsung pada daerah asalnya pasti akan merasakan sensai yang berbeda.

Makanan khas Malang tak hanya bakso saja. Akan tetapi Masih terdapat banyak hidangan khas wisata terbaru 2024 Malang lain yang wajib kamu cobain  ketika berkunjung atau berwisata ke daerah ini.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Tempat Camping Wisata Terbaru 2024 Di Jawa Tengah Buat Keluarga Libur Lebaran Nanti, Cek Disini

Malang menjadi salah satu destinasi wisata terbaru 2024 yang cukup digemari oleh turis lokal dan asing. Udara yang sangat sejuk serta pemandangan yang memanjakkan mata menjadikan banyak orang betah berlibur di Malang.

Nah apa saja kuliner khas yang ada di kota batu ini? Berikut ini 5 Rekomendasi Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024 yang Cocok Untuk Menu Buka Puasa.

1. Orem-orem

Orem-orem merupakan salah satu makanan khas wisata terbaru 2024 Malang. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan yang sederhana yaitu tempe.

Orem-orem adalah makanan berkuah berbahan dasar tempe yang sudah digoreng dan diiris tipis-tipis. Namaun sebelum tempe digoreng, tempe  sudah diberikan bumbu-bumbu khas yang membuat cita rasanya berebeda dan  lebih terasa nikmat.

BACA JUGA : Libur Lebaran Sambil Refreshing? Inilah Wisata Terbaru 2024 Hutan Pinus Jawa Timur Dengan Spot Instagramable

Cara penyajiannya pun cukup sederhana. Biasanya  orem-orem biasanya disajikan bersama dengan suwiran daging ayam, telur asin rebus dan kuah santan yang sangat kental.

Nah untuk rasa kuah santan sendiri memang hampir mirip dengan kuah sayur lodeh. Tapi jangan salah, olahan kuah untuk orem-orem rasanya pedas dan nikmat.

2. Mendol

Mendol sering kali dijadikan sebagai makanan pendamping untuk masakan utama. Contohya yakni makanan khas Malang yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu orem-orem.  Mendol juga bisa  disajikan bersama dengan pecel maupun lodeh.

Sekilas, bentuk mendol memang mirip dengan perkedel. Faktor inilah yang membuat orang menduga bahwa mendol pertama kali dibuat pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Waktu itu, kota Malang menjadi salah satu area yang paling banyak dihuni oleh orang-orang Belanda. Perkedel dikenal sebagai salah satu kuliner Indonesia yang inspirasinya dari makanan Belanda yang bernama frikadeller.

Frikadeller atau bakso berbentuk bulat  ini adalah bola daging yang digoreng. Mendol, yang berarti kepal, juga memiliki cara masak yang sama dengan cara membat perkedel.

BACA JUGA : Jalur Trekking Favorit Wisatawan? Inilah Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Campuhan Ridge Walk Ubud Bali

Tempe yang mulai busuk lalu akan dikukus. Kemudian tempe dihancurkan dan akan dicampur dengan bumbu lain. Mendol  terdiri dari beberapa bumbu diantaranya yaitu ketumbar, terasi, bawang putih, lengkuas, kencur, dan cabai.

Setelah itu, adonan tempe ini akan dikepalkan kemudian digoreng. Mendol bisa kamu jumpai dengan mudah di kota Malang dan untuk harganya pun masih cukup terjangkau.

3. Rawon Dengkul

Rawon Dengkul merupakan makanan khas berkuah hitam yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain rasanya yang gurih dan manis, penggunaan daging dengkul yang empukpun semakin menambah cita rasanya.

Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan kecambah dan sambal untuk menambah sensasi rasa yang segar dan krenyes. Untuk  penyajiannya sendiri, bisa langsung dicampur dengan nasi atau bisa juga dipisah.

BACA JUGA : Sudah Gunakan Chipset Terbaru? Inilah Spesifikasi Lengkap HP Terbaru Oppo A2x yang Punya Dimensi Estetik

4. Puthu Lanang

Puthu Lanang merupakan salah satu makanan khas Malang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa. Bahan-bahan tersebut lalu dicampur dan dicetak menjadi beberapa potongan bambu kecil kemudian adonan dikukus sampai matang.

Nah tidak seperti putu biasa yang berwarna putih, puthu lanang ini berwarna hijau Karena menggunakan daun pandan. Puthu lanang khas Malang ini biasanya disuguhkan dengan gula merah kental.

BACA JUGA : Rekomendasi 4 Tempat Wisata Terbaru 2024 Bali yang Punya Harga Tiket Murah, Tawarkan Pemandangan Alam Indah

5. Cwie Mie

Selanjutnya, makanan khas khas Malang yang terakhir yaitu Cwie Mie. Cwie mie ini mirip dengan bakmi ayam yang membedakan yaitu topping cwie mie berupa ayam yang dicincang sampe halus sehingga menyerupai abon.

Pada awalnya cwie mie ini merupakan makanan khas wisata terbaru 202 yang memiliki ciri khas Tionghoa. Kemudian seiring dengan berkembangnya zaman, makanan ini berubah namanya menjadi pangsit mie.

Untuk penyajiannya, mie ini biasanya akan disajikan dengan pangsit, daging ayam cincang, daun bawang, dan kuah bening yang sangat segar. Beberapa rempah pilihan yang digunakan sebagai bumbu pada makanan khas yang satu ini memberikan cita rasa yang enak dan bikin semua orang ketagihan.

Nah bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, kamu bisa juga menambahkam sambal sebagai pelezat dari makanan khas ini. Bukan hanya itu, cita rasa mienya lebih asin dibandingkkan dengan bakmi ayam lainnya.

BACA JUGA : Wajib Masuk Daftar Libur Lebaranmu, Berikut 8 Wisata Terbaru 2024 Di Probolinggo Jawa Timur Dijamin Estetik

Demikian  5 rekomendasi kuliner khas wisata terbaru 2024 yang cocok untuk menu buka puasa. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: