Wonosobo Punya 5 Tempat Wisata Terbaru 2024, Cocok Untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga

Wonosobo Punya 5 Tempat Wisata Terbaru 2024, Cocok Untuk Libur Lebaran Bareng Keluarga

5 wisata terbaru 2024 di wonosbo--

DISWAY JOGJA - Mengunjungi tempat wisata terbaru 2024 yang ada di  Wonosobo menjadi kebanggaan tersendiri bagi  banyak orang. Wonosobo merupakan sebuah kabupaten yang masuk di Provinsi Jawa Tengah dan  sudah lama terkenal dengan julukan negeri di atas awan. 

Julukan negeri di atas awan memang sudah pantas di dapatkan karena terdapat banyak destinasi wisata terbaru 2024 yang memberikan pesona keindahan alamnya. Berbagai  tempat wisata  di Wonosobo memang identik dengan kawasan yang menawarkan view alam pegunungan yang indah, sejuk dan asri.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Rekomendasi Wisata Pantai Terindah Di Banyuwangi Jawa Timur

Tipografi daerah Wonosobo dikelilingi oleh beberapa gunung di bagian timur, dataran tinggi di bagian utara dan ada juga waduk di bagian selatan. Jadi, tidak heran jika Wonosobo memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan eksotis sebagai wisata terbaru 2024.

Selain wisatanya Wonosobo juga  memiliki buah carica sebagai komoditas khas di derah ini. Hal ini menjadikan Wonosobo sebagai salah satu tujuan favorit wisata terbaru 2024 bagi para pelancong. 

Nah makin penasaran apa saja wisata terbaru 2024 yang ada di Wonosobo? Berikut ini 5 tempat wisata yang cocok untuk libur lebaran bareng keluarga. Simak sampai tuntas ya.

1. Gunung Prau

Wonosobo bisa menjadi menjadi target yang paling pas bagi kamu yang ingin mencoba fun hiking atau kegiatan seru yang lainnya. Terdapat berbagai pilihan wisata terbaru 2024 yang coccok untuk mengisi waktu liburan kamu.

 Nah salah satu wisata yang sudah cukup populer adalah Gunung Prau. Gunung ini hanya memiliki ketinggian kurang lebih 2.565 mdpl sehingga termasuk gunung dengan ketinggian sedang.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 untuk Liburan Lebaran Makin Seru dan Mengesankan

Untuk jalur pendakiannya pun tidak begitu sulit. Sehinga sangat cocok bagi para pendaki pemula yang mau menguji skill hikingnya.

Di area jalur pendakian, para pendaki nantinya dapat berjumpa dengan bukit teletubbies. Dinamakan bukit teletubbies karena secara visual mirip sekali dengan bukit buatan yang ada di serial Teletubbies..

2. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin sering disebut oleh banyak orang dengan  Batu Pandang Dieng. Ketika kamu berada di puncak kamu akan melihat suguhan panorama menawan dari Telaga Warna. 

Selain itu, juga akan nampak deretan gunung-gunung  hijau dari kejauhan yang akan memberikan sensasi damai dan menyejukkan mata. Jadi cocok sekali dikunjunfi bagi kamu yang sedang merasa stress atau banyak beban fikiran.

BACA JUGA : Temukan Pesona Wisata Terbaru 2024 di Agrowisata Bhumi Merapi, Lokasi Menarik dan Aktivitas Seru

Tempat ini menyediakan spot foto terbaik untuk selfie dan fotografi.  Selain itu juga terdapat beberapa wahana permaian seru yaitu jembatan gantung dan flying fox yang bakal menguji adrenalin kamu. 

Untuk akses menuju lokasi pun cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Sehingga tidak usah khawatir merasa kecapean.

3. Telaga Warna

Konon, Telaga Warna ini dipercaya banyak orang sebagai tempat pemandian para bidadari dari kayangan. Tapi  terlepas dari benar atau tidaknya mitos ini, Telaga Warna ini memang sangat indah dan menawan.

Air telaga yang jernih dengan warna hijau kebiruan benar-benar sangat memanjakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi jika dilihat dari kejauhan akan terlihat sangat eksotis.

Air  pada telaga ini dapat berubah warna sesuai dengan kadar kandungan belerang yang ada di dalamnya, oleh karena itu maka dinamakan Telaga Warna. Terkadang air yang mulanya hijau kebiruan bisa berubah menjadi merah atau bahkan ungu.

Danau yang terbentuk secara alami ini menjadi ikon destinasi wisata Dieng selain Kawah Sikidang. Keduanya memberikan fenomena alam yang tentunya hanya dapat dijumpai di Dieng.

BACA JUGA : Lebih dari Sekedar Malioboro, Berikut 7 Destinasi Wisata Terbaru 2024 di Jogja yang Wajib Dicoba

4. Arung Jeram Serayu

Nah Bagi kamu yang hobi menguji  adrenalin, Arung Jeram Serayu bisa masuk ke dalam daftar destinasi wisata kamu. Di tempat wisata ini kamu bisa rafting di jalur sungai yang seru dan menantang.

Kamu juga bisa menelusuri sungai dengan menikmati keindahan ekosistem sekitar sungai. Arung Jeram Serayu berada di daerah Banjarnegara yang memiliki view alam yang sejuk.

Jadi, selain bisa menguji adrenalin dengan berarung jeram, kamu bisa sekaligus memanjakkan mata dengan panorama hijau yang segar dan mendamaikan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Hotel Bandung Untuk Liburan Keluarga, Cocok Buat Staycation

5. Kawah Sikidang

Kawah sikidang merupakan salah satu kawah yang masih aktif, namun masih relatif aman untuk dikunjungi dengan catatan yaitu tidak sedang erupsi.  Kawah ini memiliki diameter 20 meter persegi dan posisinya berada di dekat pusat PLTU Dieng.

Dengan jarak yang aman dan memakai masker selama mengunjungi tempat wisata Wonosobo ini, wisatawan bisa melihat secara langsung fenomena alam ini. Selain itu juga sudah ada pagar pembatas di sekitar kawah, jadi kamu akan tahu batas zona amannya.

BACA JUGA : Mengeksplore Wisata Terbaru 2024 Alam Nganjuk? Simak 4 Air Terjun Terindah yang Selalu Ramai Saat Liburan

Nah demikian 5 rekomendasi wisata terbaru 2024 yang ada di Wonosobo cocok bagi kamu yag ingin libur lebaran. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: