Berikut Tips Agar Merek AC Terbaikmu Lebih Awet Dan Hemat Listrik

Berikut Tips Agar Merek AC Terbaikmu Lebih Awet Dan Hemat Listrik

Tips Agar Merek AC Terbaik Di Rumah Lebih Awet Dan Hemat Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari. Tetapi harus kamu ingat bahwa AC bisa saja mengalami suatu masalah apabila kamu menggunakannya dengan asal-asalan. 

Keberadaan merek AC terbaik bisa membuat kamu dapat beristirahat dalam ruangan dengan sangat nyaman, baik saat malam hari ataupun saat siang hari.

Saat ini, ada berbagai Merek AC terbaik menyediakan berbagai macam fitur dan keunggulannya. Tetapi demikian itu bisa menjadi kurang maksimal apabila kamu tidak paham cara menggunakan AC secara tepat.

Bisa jadi selama ini kamu hanya tahu sedikit tentang AC sehingga tidak melakukan perawatan dan pemakaian merek AC terbaik dengan tepat. Salah satu yang bisa berpengaruh terhadap keawetan dan daya tahan AC yaitu pengaturan suhu AC secara tepat.

BACA JUGA : Cara Cepat Dan Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Tipe Split

Berikut tips agar AC rumah kamu lebih awet dan hemat lsitrik :

1. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Perhatikan seluruh celah udara dari jendela sampai  pintu. Apabila sudut yang terbuka di ruangan makin banyak, maka membuat kerja AC akan makin berat, apalagi bila sirkulasi dalam ruangan sedang tidak baik. Pastikan suhu dingin dalam ruangan tidak terbuang dengan percuma akibat dari kelalaian desain ruangan.

2. Mulai dari 25 Derajat

AC membutuhkan proses untuk menyala. Suhu AC di atur jangan langsunga pada suhu yang rendah. Karena jika suhu AC disetting di 16 derajat agar ruangan cepat dingin. Supaya AC bibsa tahan lama, lebih baik kamu setting AC di suhu 25 derajat ketika baru memulai.

Dengan suhu ini, AC akan bekerja perlahan untuk menjaga seluruh komponen berbagi perannya masing-masing. Suhu tubuh kamu juga harus beradaptasi dengan baik. Maka dari itu, mengatur suhu AC langsung pada suhu yang paling rendah bukanlah suatu hal yang baik.

3. Turunkan Secara Perlahan

Kompresor merek AC terbaik akan mulai bekerja dengan normal 5 hingga 10 menit di awal. Setelah itu, kamu dapat menurunkan suhunya lebih rendah lagi, tetapi harus dilakukan secara perlahan.

Alangkah baiknya penurunan suhu AC di awal kamu mulai dari suhu 1 derajat hingga 4 derajat. Biarkan dulu sejenak hingga kamu dapat merasakan suhunya, setelah itu baru diturunkan lagi suhunya bila memang dirasa masih dingin.

Lakukan hal yang sama ketika kamu ingin menaikkan suhu AC. Cara ini juga efektif sebagai tips dalam merawat AC. Sama halnya juga ketika ingin menaikkan suhu. Suhu jangan dinaikkan lebih dari 5 derajat secara berturut-turut.

Karena khawatirnya kompresor dan filter yang ada di dalamnya akan bekerja lebih keras, dan membuat proses keausan lebih cepat.

4. Suhu Khusus Tidur

Sebaiknya atur suhu AC jauh sebelum kamu tidur. Kebanyakan orang akan lebih merasa nyaman saat tidur dengan suhu lebih hangat. Sebaiknya suhu AC dinaikkan 4 derajat lebih tinggi dari suhu yang biasanya kamu pakai, sehingga kamu tetap dapat merasakan dingin tanpa kedinginan.

Tetapi apabila kamu termasuk orang yang bisa lebih bisa pulas tertidur dengan suhu yang dingin, kembalikan saja pengaturan suhunya seperti ketika siang hari, yaitu sekitar 16 hingga 20 derajat, tergantung dengan preferensi kamu.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek AC Terbaik Dengan Efisien Dan Menghemat Tagihan Listrik

5. Manfaatkan Mode Auto

Mode auto berufngsi untuk mengatur suhu secara otomatis. Apabila kamu mulai menghidupkan merek AC terbaik di suhu 25 derajat, mode tersebut otomatis akan memerintahkan kompresor bekerja dengan patokan waktu.

Suhunya akan terus berubah dengan otomatis sesuai dengan isi di dalam ruangan, keadaan ruangannya, dan suhu normal pada ruangan.

6. Pastikan Daya Listrik Cukup

Suhu udara di ruangan tidak akan maksimal apabila ketersediaan daya listriknya tidak stabil. AC hemat listrik bisa menekan konsumsi pemakaian watt mencapai setengahnya.

Apabila listrik di rumah kamu dayanya 900 watt, maka AC berteknologi inverter hanya akan mengkonsumsi 350-400 watt saja. Jadi, sisa daya bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain seperti memasak, alat elektronik hiburan sampai pemakaian mesin air listrik.

7. Matikan Saat Keluar Ruangan

Kebiasaan mematikan AC bisa menghemat lsitrik dan  memperpanjang usia perangkat. Sehingga suhu yang dihembuskan akan konsisten.

Matikan AC bila tidak digunakan. Ketika rumah kamu tinggalkan, sangat disarankan AC untuk ditikan, apalagi bila kamu ingin meninggalkan rumah dalam waktu lumayan lama.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar merek AC terbaik di rumah kamu lebih awet dan hemat listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: