4 Fakta Unik Wisata Terbaru 2024 di Banyumas Masjid Saka Tunggal Darussalam Bikin Takjub Pengunjung

4 Fakta Unik Wisata Terbaru 2024 di Banyumas Masjid Saka Tunggal Darussalam Bikin Takjub Pengunjung

4 Fakta Menarik Masjid Saka Tunggal Banyumas Wisata Terbaru 2024--Editing Canva

BACA JUGA : Alun-alun Bandung, Wisata Terbaru 2024 yang Menyajikan Keseruan, Cocok untuk Ngabuburit

Sebab, kalau pintunya terbuka, kera akan masuk ke masjid. Kera di masjid ini hanya akan berlari mengejar makanan, yang mereka ketahui sedang dibawa warga di dekat masjid.

3. Berusia Satu Abad dan Masuk Cagar Budaya 

Wisata religi ini telah berusia satu abad,hal ini mengacu pada inskripsi prasasti yang terpasang di atas pintu utama bertuliskan Jawa Pegon. Adapun usia masjid ini adalah 111 tahun atau seabad lebih.

Dilihat pada Maret 2024, di prasasti yang juga diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan papan terpasang di dinding ruang utama tertulis “Wasurya 1846, pangadege masjid 16-11-13 Legok, Kranggan, Ajibarang Hijriah 1334 yasa dalem Kanjeng Bendara Hadi Mas Tumenggung Arya Cakra ingkang jumeneng Adipati ing Nagari Purwakerta Banyumas, Penghulu Hakim Muhammad Hadireja Purwakerta.”

Wisata religi ini juga telah masuk ke dalam benda cagar budaya oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas loh. Dengan demikian, bangunan harus terus dilestarikan yang harus dijaga dan dirawat.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Tegal Paling Favorit yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran.

4. Sering digunakan Untuk Kegiatan Sosial

Masjid Saka Tunggal Darussalam Pekuncen, Banyumas ini juga sering digunakan sebagai kegiatan sosial loh. Tidak hanya digunakan untuk shalat berjamaah saja.

Masjid yang juga wisata religi terbaru ini banyak dimanfaatkan untuk kegiatan sosial seperti donor darah, santunan fakir-miskin, hingga buka puasa bersama gratis saat Ramadan.

Yang unik dari wisata religi terbaru 2024 ini juga menyediakan buka puasa bersama pada bulan biasa setiap Senin dan Kamis. Ada pula kajian pada Senin sore dan Ahad pagi melalui siaran streaming.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Liburan Seru? Wisata Terbaru 2024 Banyumas, Wajib Dikunjungi Karena Pesonanya Tak Pernah Mati!

Pengunjung akan merasakan ketagihan ketika berkunjung ke tempat ini. Saat Ramadhan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi saat menjelang berbuka puasa.

Itulah tadi 4 fakta unik dari wisata terbaru 2024 Masjid Saka Tunggal Darussalam yang ada di Pekuncen, Banyumas. Semoga informasi ini jadi referensi kamu, jika berkunjung ke Banyumas yah mimin tunggu.(*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: