6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah--

Namun, bagi penderita diabetes hal ini harus dihindari. "Saat berbuka atau sahur, hindari makan dalam porsi besar, terutama makanan yang mengandung karbohidrat tinggi," katanya.

Bagi penderita diabetes, karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang tentunya bisa berbahaya bagi mereka.

3. Jauhi makanan dan minuman manis

Ia mengatakan, penderita diabetes tetap harus menghindari makanan dan minuman manis saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, makanan manis atau yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan kadar gula darah naik.

"Buka puasa jangan langsung makan makanan manis, tapi mulailah dengan minum air putih dan juga makan kurma," kata Andi.

4. Konsumsi makanan sehat saat sahur dan Berbuka Puasa

Andi menyarankan bagi penderita diabetes untuk banyak mengonsumsi sayur dan makanan yang mengandung gizi seimbang untuk menambah nutrisi saat berpuasa.

Penderita diabetes tetap harus memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein seperti telur, ikan, biji-bijian, dan makanan rendah karbohidrat lainnya.

BACA JUGA : Apa Hukum Berenang Saat Puasa? Simak Penjelasan Berikut!

5. Kurangi konsumsi gorengan

Lebih lanjut, Andi juga mengatakan, penderita diabetes sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan berminyak seperti gorengan.

"Penderita diabetes memiliki pembuluh darah yang tidak terlalu bagus, sehingga saat mengonsumsi gorengan bisa menambah beban pembuluh darahnya," katanya.

Hal ini karena gorengan mengandung lemak trans yang tidak baik untuk penderita diabetes. Meski tidak terkena dampak langsung, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang dapat menjadi penyebab diabetes.

6. Penuhi asupan air

Tidak hanya penderita diabetes, semua orang yang berpuasa tentu berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena tidak makan dan tidak minum selama berjam-jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: