6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Saat Puasa Ramadhan

6 Cara Alami Mengontrol Gula Darah--

DISWAY JOGJA - Penderita diabetes bisa berpuasa saat kadar gula darahnya normal. Berikut enam cara alami mengontrol gula darah pada penderita diabetes saat berpuasa.

Diabetes adalah penyakit kronis yang berlangsung atau bersifat jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan gula darah kada (glukosa) hingga di atas normal. Diketahui, gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan berbagai komplikasi lainnya.

Bagi penderita diabetes, puasa memiliki manfaat menurunkan kadar gula darah. Namun di sisi lain, puasa juga berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Spesialis penyakit dalam dari Junior Doctors Network (JDN) Indonesia Andi Khomeini Takdir Haruni mengatakan, penderita diabetes yang ingin berpuasa tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

BACA JUGA : Apakah Gosok Gigi Dapat Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Berikut!

Hal ini karena, setiap penderita diabetes memiliki kondisi yang berbeda-beda. "Penderita diabetes tidak memiliki kontrol yang baik dalam mengatur gula darah, untuk itu mereka perlu berkonsultasi dengan ahlinya jika ingin berpuasa,".

Andi mengatakan, bagi penderita diabetes yang berisiko tinggi tidak disarankan untuk berpuasa. Sementara itu, penderita diabetes dengan risiko rendah diperbolehkan berpuasa. Lantas, bagaimana cara mengontrol gula darah bagi penderita diabetes saat berpuasa?

Cara mengontrol gula darah saat puasa

1. Periksa kadar gula darah secara berkala

Andi mengatakan, bagi penderita diabetes yang ingin berpuasa harus selalu memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemia) dan terlalu rendah (hipoglikemia) atau lebih dikenal dengan komplikasi yang umum terjadi pada penderita diabetes.

BACA JUGA : Berikut 8 Hal yang Meremehkan Keutamaan Puasa, Dalil Hadis dan Penjelasannya

2. Makan dalam porsi kecil

Saat lapar, seseorang mungkin ingin makan banyak untuk mengembalikan energi yang hilang akibat puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: