4 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Sederhana Ala Rumahan Paling Favorit, Cocok Dinikmati Bersama Keluarga!

4 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Sederhana Ala Rumahan Paling Favorit, Cocok Dinikmati Bersama Keluarga!

4 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Sederhana Ala Rumahan Paling Favorit-dikushin-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Ketika menjelang waktu berbuka tiba, beberapa orang banyak mempersiapkan menu berbuka puasa mulai dari takjil, makanan ringan, hingga makanan berat.

Namun tak jarang juga orang bingung harus masak apa untuk menu berbuka puasa. Tidak harus yang mewah, makanan sederhana ala rumahan ini jika kamu bisa mengolah dengan tepat akan menciptakan rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Menu buka puasa ini beragam mulai dari tumisan, ikan, berbagai sayuran, daging dan lainnya yang bakal menjadi menu spesial saat buka puasa. Menu ini bisa kamu buat sendiri dirumah.

Berikut beberapa rekomendasi menu berbuka puasa ala rumahan yang sederhana dan praktis cocok untuk dinikmati bersama keluarga dijamin bikin ketagihan.

BACA JUGA : 9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer di Bekasi! Simak Ulasan Lengkapnya Disini

1. Cah Kangkung

Menu buka puasa ala rumahan pertama yang bisa kamu coba buat dirumah adalah cah kangkung. Dengan harga kangkung yang murah dan cara memasak yang mudah menjadikan menu ini adalah menu andalan untuk buka puasa.

Cara membuat: yang pertama tumisa bawang putih kemudian masukkan bawang merah, setelah harum, masukkan cabai, tomat dan saus tiram.

Setelah itu, tambahkan sedikit air kemudian masukkan potongan kangkung yang sudah dicuci bersih, aduk rata. Lanjut tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa sesuai selera, masak hingga kangkung melunak. Terakhir angkat dan sajikan.

2. Cumi Saus Padang

Cumi merupakan salah satu olahan seafood yang bisa dikreasikan menjadi olahan berbagai menu lezat. Salah satunya yaitu dijadikan olahan saus padang yang cocok untuk disantap ketika buka puasa dan sahur.

Cara membuat: pertama, tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah sampai harum. Kemudian masukkan cumi yang sudah dibersihkan, tumis sebentar sampai berbubah warna.

Lanjut tambahkan saus padang, saus tiram, kecap manis, gula, merica, dan air. Aduk dan masak hingga cumi matang dan bumbu meresap.

BACA JUGA : Bosan dengan Menu Sahur? Ini dia Rekomendasi Menu Sahur untuk Menjaga Semangat Berpuasa

3. Sayur Asem

Sayur asem cocok dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari maupun untuk menu buka puasa. Karena berbagai jenis sayur yang terdapat didalamnya kaya akan nutrisi dan vitamin sangat baik untuk kesehatan.

Cara membuat: didihkan air bersih dalam panci, masukkan berbagai jenis sayur (sesuai selera) ke dalam air yang sudah mendidih dan tunggu sekitar 10-15 menit hingga sayuran setengah matang.

Yang tidak boleh ketinggalan yaitu masukkan belimbing wuluh atau asam jawa yang sudah dilarutkan ke dalam panci, aduk sampai semua bahan tercampur rata. Kemudian masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya, jika dirasa sudah pas matikan kompor, sayur asem siap disajikan.

4. Tongkol Suwir Pedas

Menu buka puasa ala rumahan yang terakhir yaitu tongkol suwir pedas. Meski menu ini cukup sederhana, tapi saat disantap bersama nasi putih hangat, kamu bisa menambah nasi berkali-kali.

Cara membuat: pertama rebus atau kukus ikan tongkol hingga matang. Tiriskan dan tunggu dingin, lanjut suwir-suwir ikan tongkol. Kemudian goreng bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan cabai keriting. Lalu, haluskan bumbu yang sudah digoreng bersama garam, penyedap dan gula.

Setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk, daun salam dan lengkuas, aduk rata. Masukkan ikan tongkol ke dalam tumisan bumbu, aduk rata dengan pelan. Lanjut tambahkan kecap manis dan masak hingga bumbu meresap dan matang.

BACA JUGA : Rekomendasi Menu Takjil Berbuka Puasa yang Sehat dan Nikmat, Mudah Dibuat di Rumah

Nah, itulah beberapa rekomendasi menu berbuka puasa ala rumahan yang sederhana dan praktis untuk dibuat cocok dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: