Penting Kamu Ketahui! Ini Dia Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa, Jangan Sampai Dilakukan

Penting Kamu Ketahui! Ini Dia Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa, Jangan Sampai Dilakukan

Hal-hal yang membatalkan puasa--

DISWAY JOGJA- Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam. Saat menjalankan puasa, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa sangat penting diketahui, agar saat menjalankan ibadah puasa kamu tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkannya.

Apabila hal-hal yang membatalkan puasa ini sengaja atau tidak sengaja dilakukan, maka terdapat sanksi yang harus digantikan bahkan hingga dosa besar seperti murtad.

Artikel ini akan membahas terkait hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Simak hingga akhir agar puasa kamu tetap lancar.

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui yang dapat membatalkan puasa:

1.Makan dan Minum

Hal pertama yang dapat membatalkan puasa yaitu Makan dan minum di siang hari adalah hal pertama yang bisa membatalkan puasa. Dengan sengaja menelan benda yang sampai ke perut secara sengaja membatalkan puasa. Namun, jika dilakukan secara tidak sengaja atau karena lupa, puasa tetap sah.

2. Memasukkan Obat atau Benda Melalui Dua Jalan

Memasukkan obat melalui salah satu dari dua jalan (mulut atau dubur) juga menjadi salah satu penyebab batalnya puasa. Contohnya seperti dalam kasus pengobatan ambeien atau pemasangan kateter urin.

3. Merokok

Merokok menjadi hal yang juga dapat membatalkan puasa. Meskipun tidak ditelan, dianggap membatalkan puasa oleh mayoritas ulama. Pasalnya nikotin yang dihisab memiliki rasa dan kenikmatan.

4. Muntah Secara Sengaja

Muntah secara sengaja dianggap sebagai tindakan yang membatalkan puasa, namun jika muntah itu tidak disengaja, seperti mendapati bau yang tidak enak hingga muntah yang tidak disengaja, maka puasa tetap sah.

5. Berhubungan Suami-Istri

Melakukan hubungan suami-istri di siang hari secara sengaja membatalkan puasa, dan pelakunya akan dikenai denda atau kafarat.

BACA JUGA : Tidak Membatalkan Puasa, Begini Tips Aman untuk Vaksinasi di Bulan Ramadan

6. Keluarnya Air Mani dengan Sengaja

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa berikutnya yaitu apabila terjadi keluarnya air mani secara sengaja, baik melalui hubungan seksual atau onani, juga membatalkan puasa.

7. Haid dan Nifas

Seperti pada ibadah sholat, Perempuan yang sedang mengalami menstruasi (haid) atau nifas juga tidak diwajibkan untuk berpuasa, dan harus menggantinya di lain waktu sebelum datangnya Kembali bulan puasa Ramadhan.

8. Gangguan Jiwa atau Kegilaan

Orang yang mengalami gangguan jiwa atau kegilaan tidak diwajibkan untuk berpuasa. Hal ini karena syarat adalah syarat sahnya puasa adalah sehat secara kejiwaan.

9. Murtad

Terakhir yaitu Murtad. Orang yang keluar dari agama Islam dianggap telah membatalkan puasanya karena kewajiban puasa hanya berlaku bagi umat Islam.

Itulah Hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Penting bagi umat Islam untuk memahami hal-hal ini dan berusaha untuk menjaga agar puasa mereka tetap sah dan diterima di sisi Allah SWT. Semoga bermanfaat. (*).

BACA JUGA : 9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer Di Semarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: