9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer Di Semarang!

9 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Paling Populer Di Semarang!

Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang-instagram @meltoy.photo-

DISWAY JOGJA - Semarang merupakan sebuah kota Metropolitan dan juga Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah. Di bulan ramadhan ini, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya dengan ngabuburit. Bagi kamu yang tinggal di Semarang, kamu tidak perlu bingung mencari tempat ngabuburit saat bulan ramadhan. Karena kota ini memiliki berbagai pilihan tempat ngabuburit paling populer dengan fasilitas yang memadai.

Berbagai rekomendasi tempat ngabuburit paling populer di Semarang, cocok untuk menghabiskan waktu sebelum buka puasa bersama teman ataupun keluarga. Mulai dari tempat yang super fancy, merakyat, sampe tempat yang menyediakan makanan buka puasa gratisan.

Berikut 9 rekomendasi tempat ngabuburit paling populer di Semarang :

1. Simpang Lima

Simpang Lima menjadi lokasi favorite bagi masyarakat Semarang untuk ngabuburit saat Ramadhan tiba. Wilayah Simpang Lima ini sangat strategis, terletak di tengah-tengah kota Semarang. Di sana, kamu bisa ngabuburit dengan nongkrong bersama teman, bermain sepatu roda hingga otopet, maupun berburu takjil.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Tegal? Spot Menarik dan Cocok Untuk Ngabuburit Bulan Ramadan, Simak Ulasan Lengkapnya!

2. Kota Lama

Kota Lama terkenal dengan bangunan-bangunan kuno yang berusia ratusan tahun. Meski terdiri dari bangunan lama, bangunan di kawasan Kota Lama masih tegap dan kokoh, dan menjadi daya tarik bagi pengunjung. Kamu bisa bersantai, berjalan-jalan dan berfoto di bangunan-bangunan yang unik. Di tempat ini juga terdapat beberapa pedagang yang menjual takjil dan menu berbuka lainnya.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan tempat ngabuburit paling populer di Semarang. Masjid adalah tempat ibadah dan sering membagikan takjil kepada kaum muslim yang berpuasa. Kamu dapat berbuka puasa bersama keluarga, sekaligus beribadah shalat Maghrib setelah makan.

4. Taman Srigunting

Taman Srigunting cukup dekat dari Kawasan Gereja Bleduk yang berada di daerah Kota Lama. Di tempat ini, kamu bisa ngobrol atau berfoto. Terdapat juga sebuah sepeda onthel yang bisasekali disewa untuk berkeliling wilayah taman. Taman ini juga dikelilingi cafe, sehingga kamu bisa sekalian berbuka puasa di sini.

5. Grand Maerokoco

Grand Maerokoco atau biasa disebut Taman Mini-nya Jawa Tengah cocok dijadikani tempat ngabuburit di Semarang. Terdapat rumah adat dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, di setiap bangunannya terdapat kerajinan dan hasil industri dari masing-masing daerah di Jawa Tengah. Terdapat fasilitas lain seperti sepeda air, wahana perahu, dan kereta. Suasananya sejuk dan asri cocok untuk ngabuburit santai sambil berjalan-jalan.

6. Taman Indonesia Kaya

BACA JUGA : Tempat Ngabuburit Ramadhan: Alun Alun Malang, Wisata Gratis yang Menawan, Cek Ulasan Berikut

Taman Indonesia Kaya memiliki ruang yang super luas yaitu memiliki luas 2 ribu meter persegi. Ada banyak pepohonan yang membuat suasana asik, adem, dan menyegarkan mata. Terkadang ada pertunjukan kesenian di panggung utama saat momen ngabuburit. Terdapat pedagang kaki lima yang menawarkan beberapa varian makanannya, mulai dari tahu gimbal, jagung bakar, dan sosis bakar.

7. Taman Bendungan Pleret

Taman Bendungan Pleret menjadi salah satu tempat ngabuburit favorit di Semarang. Suasana taman ini asri dan sejuk. Cocok untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di taman ini, kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan dan indahnya bendungan. Terdapat banyak spot Instagramable yang menarik lohh.

8. Banjir Kanal Barat

Tempat ini sebelumnya berfungsi untuk mencegah banjir di Semarang.  Namun, setelah diperbarui dan dibersihkan, tempat ini menjadi ramai dikunjungi masyarakat. Lampu kelap kelip jembatan dan suasana dingin menjadikan tempat ini terlihat cantik. Biasanya banyak anak muda yang nongkrong di tempat ini sambil menunggu matahari terbenam.

9. Tugu Muda Semarang

BACA JUGA : Ngabuburit Naik Skuter, Jadi Tren Baru Muda-mudi di Purwokerto

Di tempat ini, kamu bisa bersepeda atau hanya duduk santai sambil berfoto. Saat menjelang petang, Tugu Muda Semarang ini akan memancarkan bebagai lampu warna-warni yang sangat cantik. Selain itu, terdapat juga sebuah air mancur deras yang dapat kamu abadikan.

Itulah beberapa rekomedasi tempat ngabuburit paling populer di Semarang. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: