Selain Makan Dan Minum, Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya Di Sini!

Selain Makan Dan Minum, Apa Saja Yang Dapat Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya Di Sini!

Hal Yang Membatalkan Puasa--Detik.com

DISWAY JOGJA - Jangan salah, ternyata ada banyak hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadan. Dan ini enggak semua orang dapat mengetahuinya.

Hal yang membatalkan puasa ketika dilakukan dengan sengaja. Sedangkan kalo semisal kita tidak sengaja, dan baru sadar ini tidak membatalkan puasa.

Seperti halnya menangis itu tidak membatalkan puasa, jika memang tidak di sengaja. Namun, jika sampai masuk ke mulut dan tertelan baru itu dapat batal puasanya.

Maka dari itu mari kita simak, apa saja yang dapat membatalkan puasa selain makan dan minum. Berikut hal-hal yang dapat kita ketahui agar puasamu tidak batal.

1. Muntah Disengaja

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa yang pertama yaitu muntah dengan sengaja. Hal ini tentu puasanya batal, karena dilakukan secara sengaja.

Namun, jika kamu sedang sakit dan muntah itu dilakukan tidak sengaja maka tidak batal. Tetapi, jika tidak kuat dibatalkan juga enggak apa-apa, dari pada di paksa yang ada tambah sakit.

Biasanya muntah itu disebabkan bisa saja karena sakit magh yang cukup parah, jadi bisa saja muntah. Kemudian bisa juga karena masuk angin dan yang lainnya.

2. Haid dan Nifas

Selanjutnya yang dapat membuat puasamu batal yaitu haid dan nifas. Keduanya sering kali dialami oleh wanita, biasanya hal itu dialami sebulan sekali.

Kemudian jika nifas dialami setelah melahirkan. Ini bisa membuat puasamu batal, namun nanti wajib di qadha puasanya.

Mengingat puasa Ramadan itu wajib, maka bagi umat muslim harus mengqadha puasanya. Atau bisa membayarnya dengan beras.

BACA JUGA : Apakah Sakit Dapat Membatalkan Puasa? Cek Disini Penjelasannya!

3. Gila

Seperti yang kita tahu, gila merupakan orang yang tidak sadar diri secara jiwa. Mereka yang gila seperti mereka hidup dalam halunisasi mereka sendiri.

Maka dari itu, orang gila tidak diperbolehkan puasa dan jika puasa pun akan batal. Percuma saja puasa bukan, karena mereka juga tidak sadar secara fakta dalam pemikirannya.

4. Murtad

Murtad adalah ketika seseorang memutuskan keluar dari agama islam. Seperti yang kita tahu, syarat wajibnya puasa adalah beragama islam, jadi selain agama islam tidak dibolehkan untuk berpuasa.

Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi umat islam. Oleh karena itu, wajib menggantinya.

Alasan apapun ketika ada seseorang yang memutuskan keluar dari agama islam, maka sudah tidak di perbolehkan puasa. Dan sudah bukan menjadi bagian dari islam lagi.

BACA JUGA : Wajib Hindari! Ini dia Hal-Hal yang dapat Membatalkan Puasa

5.  Memasukkan Sesuatu Dalam rongga Tubuh

Maksud dari pernyataan di atas, rongga tubuh bisa berupa lubang hidung, lubang mulut, lubang telinga, lubang dubur dan lainnya. Jika kamu memasukkan sesuatu dengan sengaja maka puasanya akan batal.

Maka dari itu, jangan coba-coba iseng memasukkan Sesuatu ketika sedang berpuasa. Karena takutnya nanti batal.

Jika puasamu ingin lancar dan sah, berhati-hati lah agar bener-bener lancar sampai selesai. Orang lain memang tidak melihatnya, namun Tuhan maha melihat.

BACA JUGA : Merokok Membatalkan Puasa? Cek Faktanya Disini!

Demikian beberapa hal yang dapat membatalkan puasa yang perlu kamu ketahui. Agar puasamu lancar, tetap jaga kesehatan dan perbanyak amal serta jangan melakukan hal yang aneh.

Itulah yang dapat kamu simak dan catat secara rinci. Sebenarnya ada banyak hal lagi yang harus kamu ketahui, namun itu adalah poin pentingnya dalam puasa di bulan Ramadan.

Hal yang dapat kita lakukan agar puasamu lancar tetap jaga kesehatan, dan selalu berada dalam kebaikan. Tetapkan target hal apa yang ingin kamu lakukan di bulan Ramadan ini untuk memperbanyak pahala.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: