10 Hal Yang Makruh Dilakukan Saat Berpuasa! Perhatikan Agar Puasamu Tidak Sia-Sia!

10 Hal Yang Makruh Dilakukan Saat Berpuasa! Perhatikan Agar Puasamu Tidak Sia-Sia!

Sikat Gigi-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Dalam beribadah puasa hendaknya bagi setiap muslim untuk menahan diri dari suatu perbuatan tertentu dari mulai fajar hingga waktu maghrib. Namun, ada beberapa orang yang tidak memperhatikan hal tersebut pada saat puasa di bulan ramadhan ini. Seperti melakukan sesuatu yang hukumnya makruh, sehingga berpotensi mengurangi pahala puasa.

Hal-hal makruh ketika puasa dapat mengganggu konsentrasi, membangkitkan nafsu syahwat, atau menyebabkan lemahnya semangat berpuasa. Meskipun tidak membatalkan puasa, tetapi dapat mengurangi pahala puasa dan merusak kualitas puasa kita.

Umat Islam wajib mengetahui hal yang makruh saat puasa Ramadhan agar ibadah yang dijalankan tak sia-sia. Hal ini sesuai dengan pernyataan Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut ini:

"Puasa itu bukanlah sebatas menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi puasa adalah menjauhi perkara yang sia-sia dan kata-kata kotor." (HR. Ibnu Khuzaimah no. 1996. Tahqiq Syaikh Al-A'zami berkata ini shahih).

Berikut 10 hal yang makruh dilakukan saat berpuasa :

1. Berlebih-Lebihan Dalam Berkumur

Berlebih-lebihan dalam berkumur dan beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung, lalu menghirupnya dengan sekali nafas sampai ke dalam hidung yang paling ujung) ketika berwudhu’.

Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW kepada Laqith bin Shabrah:

وَبَالِغْ فِي الْمَضْمَضَةِ وَاْلإِسْتِنْشَاقِ إِلاَّ أَنْ تَكُوْنَ صَائِمًا

Bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam meng-hirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa.”

Dan jika ada air kumur atau istinsyaq yang masuk ke dalam perutnya secara sengaja, maka menurut ijma’ puasanya batal, dan dia harus mengqadha’nya.

2. Tidur Terlalu Lama

Tidur terlalu lama dapat membuat kita lalai hingga meninggalkan kegiatan wajib seperti shalat. Jangan sampai puasa dijadikan alasan untuk meninggalkan kewajiban tersebut, hal ini tidak diperbolehkan dan dihukumi makruh dalam berpuasa, karena sesungguhnya semua hal yang berlebihan itu dibenci Allah SWT.

3. Sikat Gigi

Kita perlu berhati-hati saat menggosok gigi dikala puasa, sebab jika ada material yang masuk ke tenggorokan, baik air, pasta gigi, atau bulu dari sikat gigi, maka puasanya batal, meskipun dilakukan tanpa sengaja. Solusinya, bagi orang yang berpuasa, demi kehati-hatian hendaknya menggosok gigi dahulu sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, cukup gosok gigi dengan kayu siwak (arok) atau dengan sikat gigi tanpa menggunakan pasta.

4. Berenang

Berenang ketika berpuasa dihukumi makruh, bahkan bisa juga haram jika saat berenang air tersebut dapat masuk ke tubuh melalui lubang-lubang hidung, telinga, mulut, atau kubul dan dubur. Sebab, hal itu bisa membatalkan puasa, meskipun tidak sengaja.

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

5. Menggunakan Parfum

Menggunakan minyak wangi saat sedang berpuasa adalah makruh namun tidak sampai membatalkan puasa. Hal ini, dikarenakan dalam penggunaan minyak wangi terdapat kandungan makna kemewahan di dalamnya yang tidak selaras dengan tujuan dari puasa. Namun hukum makruh ini akan hilang ketika sudah masuk waktu maghrib atau masuk waktu malam hari.

6. Mengumpulkan Ludah Dan Dahak Lalu Menelannya

Dimakruhkan bagi orang yang berpuasa untuk mengumpulkan ludah dan menelannya atau menelan dahak, karena hal itu bisa masuk ke dalam perut dan mengenyangkannya. Dan itu jelas bertentangan dengan hikmah puasa.

7. Bekam

Bekam yang dimaksud yaitu mengeluarkan darah kotor dari bagian tubuh. Berbekam di bulan ramadhan mengandung hukum makruh karena bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan berpotensi seseorang yang dibekam untuk berbuka puasa.

8. Mengunyah Permen Karet

Jika permen karet ini mengandung unsur cairan yang bisa ditelan oleh orang yang berpuasa, maka hal ini jelas haram dan dapat membatalkan puasa. Namun, jika tidak mengandung unsur di atas sama sekali, seperti potongan karet, maka yang hal itu makruh dan tidak diharamkan.

9. Berlama-Lama Memandang Istri Atau Wanita Lain

Berlama-lama memandang istri atau wanita lain termasuk hal yang makruh saat puasa. Karena dikhawatirkan dapat menimbulkan nafsu syahwat. Untuk mencegahnya, sebaiknya hal tersebut dihindari karena bisa menyebabkan puasanya rusak.

BACA JUGA : 7 Kondisi Orang Yang Diperbolehkan Tidak Puasa Saat Ramadhan

10. Mencicipi Makanan Tanpa Ada Hajat

Mencicipi masakan ketika puasa hukumnya makruh, kecuali ada hajat atau kebutuhan. Sehingga, cara kita untuk memastikan rasa dari masakan dirumah, yaitu dengan meletakan makanan di ujung lidah, dirasakan, kemudian dikeluarkan, dan tidak ditelan sama sekali.

Itulah beberapa hal yang makruh dilakukan saat berpuasa. Semoga kita bisa menghindarkan diri dari hal-hal tersebut. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: