4 Rekomendasi Minuman Sederhana Paling Favorit yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Bikin Adem Tenggorokan!

4 Rekomendasi Minuman Sederhana Paling Favorit yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Bikin Adem Tenggorokan!

4 Rekomendasi Minuman Sederhana Paling Favorit yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa-ferlistockphoto-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Sebelum menyantap hidangan utama, minuman segar biasanya menjadi menu berbuka puasa yang paling pertama disantap.

Minuman yang cocok untuk menu berbuka puasa biasanya terasa segar dengan cita rasa yang khas dari bahan-bahan didalamnya.

Untuk membuat minuman segar sebagai menu berbuka puasa ini kamu bisa buat sendiri dirumah karena bahanya mudah di dapat.

Penasaran apa saja? Simak resep minuman sederhana untuk menu berbuka puasa di bawah ini, yuk! Dijamin adem tenggorokan.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Ramadhan! Sehat dan Lezat!

1. Es Kuwut Melon

Rasanya tidak hanya manis, tetapi juga ada sensasi rasa asam yang menyegarkan dari tambahan jeruk nipis. Es kuwut jadi minuman segar yang wajib ada untuk menu buka puasa dirumah bersama keluarga dan teman-teman.

Cara membuat: siapkan bahan seperti buah melon, buah kelapa, marjan syrup, air kelapa muda, air jeruk nipis, dan es batu secukupnya. Masukkan marjan syrup (sesuai selera) dan air kelapa muda, aduk hingga tercampur merata.

Kemudian masukan buah melon dan kelapa muda ke wadah yang berisi sirup tadi, aduk sampai rata, setelah itu tambahkan es batu secukupnya. Terakhir tambahkan perasan air jeruk nipis (sesuai selera) dan koreksi rasa, lalu es siap dihidangkan.

2. Es Buah Campur Selasih

Minuman segar untuk buka puasa sederhana selanjutnya yaitu es buah campur selasih. Es ini seringkali tidak pernah ketinggalan untuk disajikan ketika tiba waktunya akan berbuka.

Cara membuat: pertama siapkan bahan seperti 1 botol Sunquick Mixed Fruit, jeruk peras, nata de coco, biji selasih secukupnya, gula pasir, dan es batu.

Tuangkan Sunquick Mixed Fruit dan air jeruk peras ke dalam mangkuk besar. Kemudian campurkan dengan gula pasir secukupnya lalu diaduk rata. Tambahkan nata de coco dan biji selasih, lanjut masukkan es batu terakhir koreksi rasa dan es siap disajikan.

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

3. Sop Buah

Minuman satu ini sepertinya hampir semua orang menyajikan saat buka puasa. Sop buah berisi potongan buah segar yang memanjakan mulut setelah seharian menahan dahaga.

Cara membuat: siapkan buah-buahan untuk isian es seperti buah naga, buah nanas, buah melon, dan buah pepaya. Dan juga rumput laut (sesuai selera), biji selasih, nata de coco, susu kental manis, terakhir es batu.

Pertama, siapkan mangkuk besar masukkan susu kental manis dan tambahkan air matang lalu aduk hingga rata. Lanjut masukkan potongan buah naga, nanas, melon, pepaya, nata de coco, rumput laut, biji selasih dan aduk kembali hingga semua tercampur.

Selanjutnya masukkan es batu yang sudah di cacah ke dalam mangkuk tersebut, aduk lagi kemudian koreksi rasa. Jika kurang manis bisa ditambahkan susu kental manis sampai rasanya pas, lalu sop buah bisa disajikan ke dalam beberapa gelas.

4. Es Kopyor

Kalau kamu ingin membuat es kopyor tidak usah repot-repot cari kelapa kopyor, pasalnya kamu bisa menggantinya dengan olahan agar-agar yang cita rasanya tidak kalah enaknya dengan kelapa kopyor versi aslinya.

Cara membuat: siapkan bahan 1 bungkus agar-agar tanpa rasa, santan, gula pasir, garam, sirup coco pandan, susu kental manis, es batu, dan air secukupnya.

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

Lanjut masak santan, agar-agar, gula pasir dan garam hingga mendidih sambil di aduk-aduk. Angkat dan biarkan sampai agar-agar dingin. Kemudian, siapkan es batu secukupnya, tuangkan satu sendok sayur agar-agar ke dalam es batu.

Dengan begitu agar-agar akan menggumpal dan membentuk lembaran yang mirip kelapa muda. Lakukan hal itu sampai agar-agar habis. Lalu siapkan gelas, tuangkan sirup coco pandan, dan agar-agar tadi yang sudah dibuat siram dengan susu kental manis, es kopyor siap disajikan.

Itulah beberapa resep minuman sederhana yang bisa untuk dijadikan menu berbuka puasa. Kalau kamu pecinta es yang mana nih?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: