Wajib Coba, Berikut 5 Kombinasi Terbaik Kandungan Skincare untuk Berbagai Masalah Kulit

Wajib Coba, Berikut 5 Kombinasi Terbaik Kandungan Skincare untuk Berbagai Masalah Kulit

somethinc--

DISWAY JOGJA - Memilih produk perawatan kulit yang tepat tentunya sangat penting baik dari segi menutrisi kulit maupun mengatasi permasalahan kulit.

Beberapa bahan perawatan kulit bahkan dapat bekerja efektif jika digunakan bersamaan dan memberikan hasil yang lebih optimal. Namun, tidak semua bahan bisa digunakan bersamaan lho.

BACA JUGA : Yakin Gak Mau Nyobain? Begini 8 Cara Memutihkan Kulit dengan Kopi dan Kunyit dalam Waktu Singkat!

Alih-alih mendapatkan kulit yang sehat, bersih dan bercahaya untuk menghindari hal tersebut.

berikut adalah kombinasi produk perawatan kulit yang aman dan pasti dapat bekerja lebih efektif untuk berbagai masalah kulit jika digunakan bersamaan. Ayo Simak!

1. Niacinamide dan Retinol

Niacinamide dikenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit, mengontrol minyak berlebih, serta menutrisi dan memperkuat skin barrier. Di samping itu, retinol merupakan salah satu kandungan favorit untuk masalah anti-aging.

Kandungan retinol memang kuat dan ampuh untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan, dan flek hitam. Meski demikian, kandungan aktif satu ini cenderung membuat kulit kering dan berpotensi menyebabkan iritasi jika digunakan setiap hari.

Maka dari itu, memadukan retinol dan niacinamide dapat meningkatkan manfaat kedua kandungan tersebut karena kemampuan niacinamide yang baik untuk skin barrier dapat mencegah resiko kulit kering dan iritasi dari retinol.

2. Vitamin C dan Niacinamide

Selain retinol, memadukan niacinamide dengan vitamin C juga akan memberikan manfaat yang lebih pada kulit. Vitamin C dikenal dengan berbagai manfaatnya yang baik untuk kulit, mulai dari anti-oksidan, anti-aging, mengatasi bekas jerawat, hingga hiperpigmentasi.

Melansir skinkraft.com, menggunakan niacinamide dan vitamin C bersamaan dapat secara efektif membantu mencerahkan kulit dan mencegah tada-tanda penuaan. Meski demikian, perpaduan kandungan ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit sensitif.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu

3. Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C memiliki manfaat untuk mendorong produksi kolagen, menyamarkan noda hitam, serta mencerahkan kulit. Di sisi lain, vitamin E yang banyak ditemukan di lapisan kulit terluar memiliki peran dalam menjaga kelembaban kulit.

Ketika kulit kekurangan vitamin E, vitamin C dapat membantu meregenerasinya dan membantu kulit agar terhindar dari radikal bebas serta bahaya sinar UV.

Selain itu, vitamin C dan vitamin E sama-sama memiliki kemampuan anti-oksidan yang baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang beresiko merusak sel-sel kulit. Oleh karena itu, gabungan dua vitamin ini bisa dibilang kombo terbaik untuk melawan sinar matahari.

BACA JUGA : Ingin Kulit Sehat Dan Terawat? Buah Ini Sangat Cocok Untuk Dikonsumsi, Simak Penjelasan Berikut!

Dengan manfaat anti-oksidan yang saling melengkapi satu sama lain, perpaduan skincare dengan kandungan vitamin C dan vitamin E sangat cocok digunakan di pagi hingga siang hari karena dapat mendukung kinerja sunscreen.

4. Salicylic Acid dan Niacinamide

Bahan aktif selanjutnya yang dapat memberikan hasil lebih optimal ketika digunakan bersamaan adalah salicylic acid dan niacinamide. Merupakan turunan dari BHA, salicylic acid memiliki manfaat untuk beragam masalah pori-pori, mulai dari minyak berlebih, komedo, jerawat, hingga kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk.

Di sisi lain, niacinamide juga memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat, membantu meredakan peradangan dan menenangkan kulit, serta menyamarkan noda bekas jerawat.
Perpaduan dua kandungan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit acne-prone karena ampuh untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

5. AHA/BHA dan Ceramide

Beauties tentu banyak menemukan kandungan aktif AHA/BHA dalam produk eksfoliasi. Kandungan AHA dan BHA memang masih jadi favorit banyak orang untuk produk chemical exfoliants. Meski demikian, kombinasi dua ekfoliator ini berpotensi membuat kulit kering dan kekurangan hidrasi.

Oleh karena itu, dibutuhkan hidrasi tambahan agar kelembaban kulit tetap terjaga. Ceramide dengan sederet manfaatnya untuk menghidrasi, mengunci kelembaban, mencegah iritasi, serta menjaga dan memperbaiki skin barrier bisa jadi kandungan yang tepat untuk kamu gunakan bersamaan dengan AHA/BHA.

BACA JUGA : Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias Saja, Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dengan kombinasi ini, kulit kamu akan bersih dari kotoran dan sel-sel kulit mati tanpa khawatir resiko kulit kering dan skin barrier  yang rusak.

Itulah beberapa kombinasi perawatan kulit yang bisa Anda coba. Tapi jangan lupa, kamu tetap perlu menyesuaikannya dengan kondisi kulitmu, Terimakasih Semoga Bermanfaat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: