Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias Saja, Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tak Hanya Sebagai Tanaman Hias Saja, Ternyata Lidah Buaya  Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lidah Buaya--UMSU

DISWAY JOGJA - Kesehatan adalah bekal utama dalam menjalankan suatu aktivitas, hal mendukungnya adalah ditambah dengan penampilan yang menarik.

Untuk itu maka perlu adanya perawatan terhadap kesehatan dan kecantikan yang perlu diperhatikan. Ke duanya merupakan dua hal yang berkesinambungan, karena tampil menawan merupakan seuatu kebanggaan tersendiri bagi siapapun.

Kaum Hawa terutama, maka dari itu perlu adanya pemikiran tentang bagaimana cara perawatan untuk bisa mendapatkan kecantikan luar dalam secara efektif.

BACA JUGA : Coba Beragam Manfaat Masker Pepaya Untuk Memutihkan Kulit, Alami dan Mudah Cek Ulasan Lengkapnya Disini!

Di Indonesia banyak sekali produk kecantikan yang sudah menyebar luas ke berbagai daerah, tetapi hal itu tidak mengurangi pemanfaatan bahan alami yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Salah satunya adalah manfaat lidah buaya, sering dijumpai di sekitar kita akan tumbuhan dengan nama lain aloe vera ini. Perlu sobat ketahui pemanfaatan lidah buaya tidak berhenti sebagai tanaman hias saja.

Tetapi bisa dimanfaatkan untuk bahan kosmetika sebagai penunjang akan kecantikan. Hal Istimewa ini bisa didapatkan dari sifat gel yang ada pada lidah buaya, di antara manfaatnya adalah untuk menjadikan kulit tidak cepat kering dan terasa lembab.

Berikut manfaat lidah buaya (Aloe vera) sebagai penunjang kecantikan dan juga kesehatan:

Di antara kandungan zat lidah buaya dan manfaatnya

-        Kalium dan Natrium memiliki manfaat untuk memelihara kekencangan muka dan otot tubuh,

-        Kalsium yang berguna untuk membantu pembentukan dan regenerasi tulang,

-        Asam folat memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut,

-        Vitamin B1, B2, B6, dan niacinamide manfaatnya untuk menjalankan fungsi tubuh secara normal, sehat dan juga bisa mengatasi masalah jerawat,

-        Asam krisofan bermanfaat untuk penyembuhan kulit yang mengalami kerusakan,

-        Acemannan sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur, dan menghancurkan sel tumor serta menambah daya tahan tubuh.

Itulah beberapa kandungan zat yang ada di dalam lidah buaya dan manfaatnya, selain itu masih ada lagi kandungan dan manfaat lainnya.

BACA JUGA : Ternyata Daun Mengkudu Memiliki Banyak Khasiat, Ini dia 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk tubuh

Menjaga kesehatan kulit

Di antara kandungan yang ada pada lidah buaya memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, terutama pada kulit. Hal ini lantaran lidah buaya kaya akan mineral yang memiliki fungsi sebagai pelembab kulit.

Selain itu pada lidah buaya juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit,

Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Di antara manfaat lainnya adalah bisa menyuburkan rambut dan juga membuatnya lebih terasa lembut serta berkilau.

Hal ini lantaran kandungan yang ada pada lidah buaya, diantaranya adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kolin, asam folat, glukosa, manosa, enzim, dan aldopentose.

Sebagai Penyembuhan Luka

Sering dijumpai beberapa luka yang pernah ada di tubuh kita, ternyata lidah buaya mampu memberikan manfaat sebagai obat penyembuhannya.

Hal ini bisa sobat lakukan dengan memberikan gel lidah buaya pada bagian yang terkena luka, contohnya luka bakar.

Karena lidah buaya memberikan efek manfaat yang mampu mengurangi peradangan secara signifikan, sehingga mampu menyembuhkan luka. Selain itu juga bisa bermanfaat menyamarkan bekas luka yang ada.

BACA JUGA : Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anda

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata lidah buaya juga sering dipakai sebagai campuran produk kosmetika, seperti krim cukur, formula pelindung sinar UV, pelembab kulit, pembersih muka, penyegar masker, lipstik, deodorant, kondisioner rambut, dan shampoo.

Nah sobat itulah beberapa manfaat lidah buaya yang  dirangkum dari salah satu jurnal Universitas Negeri Jakarta dengan judul Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera) Sebagai Bahan Baku Perawatan Kecantikan Kulit, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: