4 Event Budaya dan Wisata Terbaru 2024 di Tegal? Selama Februari, Catat Jangan Sampai Kelewatan!

4 Event Budaya dan Wisata Terbaru 2024 di Tegal? Selama Februari, Catat Jangan Sampai Kelewatan!

Kirab Toa Pe Kong Klenteng Tek Hay Kiong yang ada di Tegal.--https://tridharmategal.or.id/kirab-toa-pe-kong-klenteng-tek-hay-kiong/

Makam Mbah panggung ada di Kota Tegal dan biasanya menjadi pusat pelaksanaan haul. Haul Mbah Panggung sudah digelar pada 17 Februari 2024 mulai pukul 20.00 WIB hingga 18 Februari mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan itu, menjadi bagian wisata terbaru 2024 yang berlangsung tiap tahunnya.

3. Kirab Toa Pe Kong Klenteng Ban Eng Bio

Dilansir DISWAY JOGJA dari jatengprov.go.id, Kirab Toa Pe kong merupakan ritual yang biasanya digelar umat Tionghoa di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal untuk menyambut Cap Go Meh pada hari ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. Wisata terbaru 2024 ini, digelar dalam bentuk kirab yang menjadi puncak rangkain perayaan Imlek di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. 

Terdapat tiga kali kirab di seluruh Tegal, hal ini disesuaikan dengan jumlah klenteng yang ada. Tiga klenteng yang menggelar Kirab Toa Pe Kong adalah Tek Hay Kiong (Kota Tegal), Ban Eng Bio (Kabupaten Tegal), dan Bang Eng Bio (Adiwerna). 

BACA JUGA : Terpopuler dan Paling Terkenal! Ini 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Tegal, Banyak Spot Natural Jadi Incaran?

Wisata terbaru 2024, Kirab Toa Pe Kong Klenteng Ban Eng Bio akan dilaksanakan di sekitar Slawi. Dalam kirab ini, satu per satu dewa umat Tionghoa akan digotong keluar menggunakan tandu. 

Biasanya dalam setiap kirab, berjubel banyak orang karena antusias untuk menonton. Kirab Toa Pe Kong Klenteng Ban Eng Bio dijadwalkan akan digelar pada 24 dan 25 Februari 2024 pukul 13.00 dan 19.00 WIB.  

4. Kirab Toa Pe Kong Klenteng Hok le Kiong

Kirab Toa Pe Kong Klenteng le Kiong secara acara mirip dengan yang dilakukan Klenteng Ban Eng Bio. 

BACA JUGA : Serius Termurah? 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Hotel atau Penginapan, dengan Pemandangan Alam Guci Tegal!

Bedanya adalah di tempat atau lokasai. Jika Klenteng Ban Eng Bio dilakukan di Slawi, maka Kirab Toa Pe Kong Klenteng le Kiong dilakukan di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. 

Untuk pelaksanaannya sendiri juga sama yakni dijadwalkan pada 24 dan 25 Februari 2024 pukul 13.00 dan 19.00 WIB.

Demikian ulasan mengenai event-event wisata terbaru 2024 kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Semoga bermanfaat dan selamat mengikuti. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @infotegal