4 Event Budaya dan Wisata Terbaru 2024 di Tegal? Selama Februari, Catat Jangan Sampai Kelewatan!

4 Event Budaya dan Wisata Terbaru 2024 di Tegal? Selama Februari, Catat Jangan Sampai Kelewatan!

Kirab Toa Pe Kong Klenteng Tek Hay Kiong yang ada di Tegal.--https://tridharmategal.or.id/kirab-toa-pe-kong-klenteng-tek-hay-kiong/

DISWAY JOGJA - Tegal (kota dan kabupaten) adalah tempat wisata terbaru 2024 yang penuh dengan atraksi budaya serta pariwisata. Terbukti sepanjang 2023 dan awal tahun 2024, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal tak henti-hentinya menyuguhkan berbagai macam kegiatan. 

Buktinya, sepanjang Februari 2024 tercatat setidaknya ada empat event budaya dan pariwisata cukup besar yang sudah dan bakalan digelar di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. 

Dilansir DISWAY JOGJA dari Instagram @infotegal, empat event tersebut adalah Adu Guyu, Haul Mbah Panggung, Kirab Toa Pe Kong Kelenteng Klenteng Ban Eng Bio, dan Kirab Toa Pe Kong Klenteng Hok le Kiong. Berikut disajikan ulasan lengkap mengenai keempat event tersebut. 

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Pantai Wisata Terbaru 2024 Tegal? Piknik Biar Nggak Panik, Hidup Dijamin Lebih Asik!

1. Adu Guyu

Adu Guyu berasal dari bahasa Tegal yang artinya "beradu tertawa".  Adu Guyu merupakan kompetisi stand up comedy yang ada di Kota Tegal. Adu Guyu diinisiasi oleh Komunitas Standupindo Tegal. 

Sebagai sebuah kompetisi, Adu Guyu sudah memasuki babak semi final dan telah digelar pada 17 Februari 2024. 

Lokasi gelaran semi final Adu Guyu berada di Bento Kopi Tegal dan mengusung tema stand up comedy bertajuk asmara. 

BACA JUGA : Ini Rekomendasi Wisata Terbaru 2024! Hotel Murah, Liburan Seru Tarif Dibawah 200 Ribu saja?

2. Haul Mbah Panggung

Haul adalah sebuah tradisi yang masih lestari di Indonesia. Haul diartikan sebagai peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali. Tujuan haul adalah mendoakan ahli kubur agar amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. 

Haul biasanya dilakukan oleh umat Islam dan didasarkan paada ajaran tasawuf yang menempatkan guru sebagai panutan. 

Mbah Panggung sendiri merupakan tokoh panutan yang ada di Kota Tegal. Mbah Panggung dikenal sebagai sosok ulama yang kharismatik yang menyebarkan Islam di wilayah Kota Tegal. 

BACA JUGA : Museum Semedo Wisata Terbaru 2024? Tegal Punya Museum Purbakala, Belajar Sejarah Sambil Piknik Buruan Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @infotegal