Keunikan Pasar Slumpring! Wisata Terbaru 2024 di Tegal, Surganya Makanan Tradisional

Keunikan Pasar Slumpring! Wisata Terbaru 2024 di Tegal, Surganya Makanan Tradisional

Keunikan Wisata Pasar Slumpring Cempaka Terpopuler di Tegal Surganya Makanan Tradisional -disway jogja-instagram.com/pasarslumpring

DISWAY JOGJA – Ada wisata terbaru 2024 yang unik di Kabupaten Tegal, Pasar Slumpring namanya berlokasi di Desa Wisata Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. 

Kalian penasaran dengan tempat wisata terbaru 2024 Pasar Slumpring terpopuler di Tegal ? simak  informasinya berikut :

Wisata terbaru 2024 berkonsep pasar tradisional tempo dulu, Pasar Slumpring memanjakan pengunjung bisa menikmati minuman dan makanan tradisional. Arti dari kata Slumpring, adalah bambu atau daun bambu.

Pengunjung yang akan memasuki wisata Pasar Slumpring akan disambut dengan pagar yang melengkung, kesan sebelum masuk obyek wisata terbaru 2024 sudah disambut kental dengan pagar bambu. Buka di hari minggu dengan meja untuk berjualan menggunakan bambu.

BACA JUGA : Butuh Wisata Terbaru 2024 Kota Tegal?? Cek 11 Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Bikin Kamu Betah

Wisata terbaru 2024 Pasar Slumpring memiliki keunikan dari pasar lainya, proses dalam transaksi jual beli makanan maupun minuman tradisional harus menggunakan uang iratan bambu berukuran persegi panjang kecil. 

Maksud dari penggunaan uang tersebut adalah menunjukan bahwa bambu memiliki peran penting dalam hidup kita, dan menjadi ciri khas Pasar Slumpring. Selain adanya makanan dan minuman tradisional pengunjung juga bisa menikmati alunan musik dimainkan oleh pemuda setempat.

 Uang irat atau uang bambu akan didapatkan dengan menukar uang resmi senilai Rp 2.500 untuk mendapatkan 1 koin. Setiap harga makanan dan minumanan berbeda – beda mulai dari 1 koin sampai 4. 

BACA JUGA : Viral! 4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Tegal, Pemandangan Eksotis, Banyak Spot Instagramable

Namun pihak pengelola juga sudah menyediakan alat pembayaran non tunai melalui uang elektronik, seperti Dana, Gopay, OVO dan masih banyak lagi.

Setiap penjual di Pasar Slumpring juga menggunakan pakaian adat Tegal seperti pedagang wanita menggunakan kebaya dan jarik sedangkan pedagang pria menggunakan lurik dilengkapi ikat kepala. Sehingga menambah unsur kebudayaan yang kental.

Pengunjung tidak usah khawatir karena makanan dan minuman yang dijual tidak ada bahan kimia. Jenis – jenis makanan Pasar Slumpring sangat bervariasi, mulai dari makanan ringan, makanan berat dan minuman.

Kuliner yang disuguhkan di Pasar Slumpring antara lain serabi, ketoprak,rujak, nasi jagung, ketela, nasi bakar dan masih banyak lagi. Untuk minumanya antara lain seperti kelapa muda, dawet,dan teh poci.

Pengunjung juga bisa menikmati Sukit yaitu makanan khas Desa Cempaka jenis makanan dibuat dari tepung beras dan dinikmati dengan gula jawa yang sudah di cairkan.

Suasana alam yang masih sejuk dan menikmati makanan tradisional membuat pengunjung merasa syahdu berada di vibes yang berbeda.

Tempat untuk makanan tidak diperbolehkan menggunakan bungkus plastik kecuali untuk minuman. Semua yang dipakai menggunakan daun pisang

BACA JUGA : Sudah Cobain Belum? Wisata Terbaru 2024 Tegal Paling Banyak Diburu, View dan Wahananya Bikin Betah, Yuk Kepoin

Bagi pengunjung yang ingin berwisata di Pasar Slumpring jangan sampai salah hari, karena Pasar Slumpring buka di hari Minggu jam oprasionalnya pukul 07.00 WIB – 12.00 WIB. 

Terdapat obyek wisata terbaru 2024 di Pasar Slumpring yang bernama Tuk Mudal, adalah mata air desa setempat. Banyak pengunjuk berfoto di Tuk Mudal karena pemandanganya dan tempat instagramable.

Demikian informasi mengenai Pasar Slumpring di Tegal yang bisa menjadi destinasi wisata terbaru 2024 kamu. Segera agendakan liburan kamu tidak usah jauh-jauh keluar negri untuk menikmati wisata bersama keluarga maupun teman. Karena di indonesia mempunyai tempat wisata yang tidak kalah keren. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: