Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bahari, TPI Congot Diresmikan

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bahari, TPI Congot Diresmikan

Pemda DIY terus berupaya agar pemanfaatan dana keistimewaan (Danais) melalui berbagai program, berdampak positif bagi masyarakat. Misalnya pemanfaatan Danais untuk pembagunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Congot.-DOK.-

 

KULON PROGO, DISWAYJOGJA – Pemda DIY terus berupaya agar pemanfaatan dana keistimewaan (Danais) melalui berbagai program, berdampak positif bagi masyarakat. Misalnya pemanfaatan Danais untuk pembagunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Congot. Selain sebagai tempat pelelangan, pemasaran, pengolahan dan kuliner ikan, diharap mampu mendukung destinasi wisata di Kulon Progo.

BACA JUGA:Paylater dan Fintech P2P Lending, Mana yang Lebih Baik? Ini Jawabannya!

 

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan, dampak positif diharapkan bisa dirasakan oleh masyarakat Kulon Progo dengan adanya pembangunan Unit Pengolahan Ikan Kalurahan Kranggan dan bantuan alat dan pembangunan Icon Kuda Adhikara Jaladara. Harapan lainnya dapat menjadi landmark Kabupaten Kulon Progo.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terjadi! Inilah 3 Dampak Jika Terlambat Bayar Shopee Paylater 3 Bulan

 

”Menjadi komitmen Pemda DIY untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Dengan indikatornya, antara lain keselarasan dengan regulasi dan semakin dekatnya Dana Keistimewaan dengan kelompok sasaran. Semoga fasilitas yang diresmikan hari ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutur Sri Paduka saat membacakan sambutan Gubernur DIY dalam Festival Gerbang Segoro Tahun 2023 di Pantai Congot, Kulon Progo, Kamis (21/12/2023).

 

BACA JUGA:Kamu Gen Z dan Ingin Gunakan Paylater? Simak 4 Alasan Ini Supaya Makin Yakin

Pada kesempatan itu, Sri Paduka meresmikan TPI Congot didampingi Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti. Sri Paduka berpesan agar masyarakat dapat turut memelihara kebersihan dan mengoptimalkan penggunaan fasilitas yang telah disiapkan untuk kepentingan bersama.

 

Pj Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengutarakan, berdirinya TPI Congot yang baru berfasilitas lengkap ini menjadi salah satu bukti perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bahari Kulon Progo. Beberapa yang dibangun yakni, tempat pelelangan ikan, gudang mesin perahu motor tempel dan jaring, bangunan pemasaran ikan, unit warung kuliner ikan, aula pertemuan nelayan, fasilitas ibadah, fasilitas gazebo, joging track, zona parkir dan fasilitas lainnya pada TPI Congot.

BACA JUGA:Kapan Waktu yang Tepat untuk Ajukan Keringanan Hutang Pinjol? Simak 5 Tips Berikut!

 

”Saya sebagai Penjabat Bupati atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Kulon Progo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur melalui Paniradyapati Kaistimewan DIY yang telah mengalokasikan anggaran DAIS untuk pembangunan TPI Hebat di Kabupaten Kulon Progo,” ungkap Ni Made.

 

Demikian pula alokasi Dana Keistimewaan untuk pembangunan kolam bulat budidaya ikan kelompok wanita, yang sampai saat ini telah eksis sebanyak 555 unit kolam bulat. Pun bantuan peralatan pengolahan dan pemasaran kepada 24 poklahsar wanita.

BACA JUGA:Data Pribadi Tersebar Akibat Daftar Pinjol Sembarangan? Inilah Ulasan Lengkapnya!

 

“Semoga betul-betul tepat sasaran dan dapat menggerakkan pemberdayaan masyarakat guna menigkatkan kesejahteraanya. Ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya, juga kami haturkan kepada Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Pakualam ke-10, yang telah memberikan palilah menggunakan tanah PA Ground untuk membangun TPI Congot ini melalui Pengageng Panitikismo. Semoga betul-betul membawa manfaat dan berkah bagi rakyat Kulon Progo, dan demikian pula nanti untuk TPI Trisik dan TPI Bugel. Kami mohon berkenan kepada beliau untuk memberikan palilah menggunakan tanah PA Ground untuk lokasi pembangunan kedua TPI dimaksud,” terang Ni Made. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: