10 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Bagi Kesehatan

10 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Bagi Kesehatan

Khasiat Mengonsumsi Jahe bagi Kesehatan--

DISWAY JOGJA- Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale, tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan saja, namun jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Jahe menjadi salah satu jenis rempah yang paling menyehatkan sekaligus memiliki kandungan gizi yang terbilang lengkap. Jenis dari tanaman ini sendiri memiliki beberapa jenis, namun yang paling populer adalah jahe merah.

Ada banyak nutrisi baik yang bisa didapatkan tubuh dari manfaat jahe, seperti serat, proterin, kalori, dan berbagai jenis vitamin. Sehingga wajar saja jika tanaman ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti meredakan nyeri menstruasi, meningkatkan fungsi otak, hingga meringankan gejala arthritis. 

Artikel ini akan membahas terkait khasiat jahe bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi sehari-hari. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Jamu Jadi Warisan Budaya, Ini Dia Manfaatnya bagi Kesehatan

Beberapa manfaat tanaman herbal ini bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Memperkuat Sistem Imun

Khasiat yang pertama dari jahe yaitu dapat memperkuat sistem imun. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C dan magnesium di dalamnya. Kedua kandungan ini bekerja dengan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung zigeron, shogaol, dan gingerol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Menurut studi dalam international Journal of Preventive Medicine menyebitkan, dalam bidaya kuno, jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa dalam rempah ini efektif menghambay biosintesis prostaglandin dan leukotrien. Dengan cara kerja menekan 5-lipoxygenase atau sintetase prostaglandin.

Tidak hanya itu, tanaman herbal ini juga dapat mengahmbat sistem sitoin proinflamasi. Selain meningkatkan imun tubuh, proses tersebut juga dapat menghambat reaksi alergi dan pencegahan penyakit alergi. 

2. Meredakan Nyeri Haid

Rutin mengonsumsi air rebusan jahe dapat efektif membantu mengurangi rasa nyeri haid. Bahkan, khasiat tanaman herbal ini tidak jauh berbeda dengan ibuprofen dan asam mefenamat. Justru akan lebih memberi banyak manfaat secara alami dibanding obat pereda nyeri.

Pada studi BMC Complementary and Therapies menyebutkan, cara kerja jahe dalam mengatasi nyeri haid yaitu dengan menghambat jalur siklooksigenase dan lipooksigenase dalam sintesis prostaglandin dan leukotrien.

Selain itu, dalam tanaman herbal ini juga terdapat sifat antiinflamasi yang berkaitan dengan penghambatan sintesis prostaglandin. Proses tersebut menjadi mekanisme efek jahe dalam meredakan nyeri haid pada wanita.

BACA JUGA:Stop Makan Mie Instan Berlebih! Ini Dia Bahayanya bagi Kesehatan

3. Antipenuaan dan Antikanker

Jahe memiliki khasiat yang dapat membantu mengendalikan proses penuaan, Hal ini karena adanya sifat antiinflamasi dan atioksidatif yang bekerja mengendalikan proses penuaan.

Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat menyembuhkan penyakit berbahaya seperti kanker sebab adanya zat antimikroba didalamnya yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan berbahaya seperti kanker. Namun, tetap perlu dilakukannya pemerikasaan untuk mendapatkan penanganan medis karena kanker merupakan salah satu penyakit yang berbaya.

4. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Selain berkhasiat untuk menghangatkan badan, Jahe juga dapat membantu menangkall infeksi bakteri dan virus tertentu. Hal ini berkat adanya kandungan gingerol yang bekerja dengan menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli, dan lainnya.

Selain itu, tanaman herbal ini juga dijadikan sebagai ramuan herbal yang dapat mencegah kerusakan DNA dan stress. Apabila konsumsi secara rutin, dapat juga membantu mengatasi flu dan pilek.

BACA JUGA:Waspada! Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Minum Soda Setiap Hari

5. Meredakan Sakit Otot

Jahe juga dipercaya dapat meredakan sakit otot. Berdasarkan studi dalam Journal of Pain Research yang menyebutkan bahwa rempah  jahe terbukti memiliki efek antiinflamasi. Dimana dalam studi tersebut dilakukannya pengujian dengan hasil, mengonsumsi suplementasi jahe dapat menurunkan rasa sakit dalam waktu 24 jam setelah melakukan aktivitas.

6. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Khasiat jahe selanjutnya yaitu dapat menurunakan kadar gula darah dan kolesterol. Apabila rutin mengonsumsi jahe, maka akan dapat menurunkan gula darah secara signifikat, serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak minyak dari tanaman herbal ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena sifat antibakteri dalam tanaman herbal ini dapat membantu meringankan masalah pencernaan yang terjadi oleh bakteri. Selain itu, rasa hangat yang didapatkan saat mengonsumsi tanaman herbal ini juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih rileks.

8. Meringankan Gejala Arthritis

Khasiat jahe juga sebagai obat untuk meringankan gejala arthritis. Arthritis merupakan gangguan yang muncul dengan gejala berupa pembengkakan pada area persendian. Faktanya, berbagai kandungan baik dalam tanaman herbal ini bekerja secara efektif untuk menurunkan intensitas pembengkakan, sehingga dapat beraktivitas secara normal.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor yang Banyak Dicari Untuk Kesehatan

Itulah beberapa khasiat dari mengonsumsi jahe secara rutin bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: