Waspada! Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Minum Soda Setiap Hari

Waspada! Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Minum Soda Setiap Hari

Bahayanya Mengkonsumsi Minuman Bersoda Tiap Hari--

DISWAY JOGJA -  Hampir semua orang menyukai minuman bersoda. Hal ini karena rasanya yang enak dan menyegarkan sehingga banyak yang memilih jenis minuman soda bahkan dikonsumsi setiap hari.

Soda dibuat dari air biasa yang melalui proses karbonasi atau proses pencampuran karbon dioksida dengan tekanan tinggi. Soda juga biasanya mengandung air berkarbonasi dan pemanis buatan. Minuman bersoda biasanya mengandung pewarna, kafein, sodium, serta zat tambahan lainnya.

Namun jangan sampai larut dalam kenikmatan minuman soda yang membuat Anda tidak bisa berhenti mengonsumsinya. Pasalnya minuman soda apabila dikonsumsi dengan jumlah yang sering akan membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Karena itu akan lebih baik jika tidak mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari.

Artikel ini akan membahasa terkait bahayanya minuman bersoda apabila dikonsumsi setiap hari. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor yang Banyak Dicari Untuk Kesehatan

Ada banyak kandungan dalam sida yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi setiap hari. Berikut ini hal-hal yang dapat terjadi apabila seseorang mengonsumsi soda setiap hari.

1. Mengalami Obesitas

Bahya yang pertama apabila terlalu sering minum minuman bersoda yaitu akan mengalami obesitas. Obesitas merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan atau kelebihan lemak yang dapat menganggu kesehatan. 

Minuman soda mengandung gula 200-600 kali lipat lebih banyak yang akan membuat lemak di perut menumpuk sebanyak tiga kali lipat. Penumpukan lemak yang berlebih ini membuat ketidakseimbangan asupan energi yang digunakan, sehingga membuat terjadinya obesitas.

2. Mengidap Penyakit Kronis

Bahaya yang kedua yaitu dapat menyebabkan penyakit kronis. Minuman soda yang setiap dikonsumsi akan meningkatkan risiko seseorang dapat mengidap sindrom metabolik, gangguan kadar gula darah, tekanan darah tingggi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. 

Lebih parahnya lagi, untuk wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu kaleng minuman bersoda akan memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular kronis, serta tekanan darah tinggi. Sehingga tidak disarankan apabila terlalu sering mengonsumsi soda tiap hari.

BACA JUGA:Bahaya atau Gak Sih? Minum Kopi setelah Minum Obat

3. Kekurangan Vitamin

Menuman bersoda memiliki kandungan asam folat yang dpaat menguras kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, soda yang dapat memengaruhi penyerapan vitamin D dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh. Apabila dikonsumsi setiap hari, maka minuman berkarbonasi ini akan menyebabkan lemahnya tulang, hipertensi serta osteoporosis.

Tidak hanya itu, soda juga bereaksi dengan menolak susu yang dikonsumsi. Padalah susu diperkaya dengan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan tulang yang kuat dan mencegah terjadinya penyakit. Apabila hal ini terus-menerus terjadi, maka akan berbahaya bagi perkembangan anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan.

4. Mengidap Kanker

Bahaya selajutnya apabila terlalu sering mengonsumsi soda yaitu tumbuhnya penyakit kanker. Hal ini karena minuman bersoda mengandung bahan kimia berbahaya yaitu benzena yang dpaat menyebabkan kanker. Benzena sendiri akan terbentuk ketika asam benzoat bercampur dengan asam askorbat dan logam seperti besi atau tembaga.

Bercampurnya bahan-bahan berbahaya tersebut dapat menyebabkan reaksi kimia dan terbentuklah benzena, yaitu bahan kimia penyebab kanker. Karena itulah sebaiknya untuk membatasi dalam mengonsumsi minuman bersoda demi kesehatan tubuh.

5. Mengalami Kerusakan Gigi

Minuman bersoda yang sering dikonsumsi bisa menyebabkan gigi berlubang. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dan sirup fruktosa di dalamnya. Selain itu, soda juga dapat menyebabkan terkikisnya enamel gigi karena sifat asamnya yang tinggi. Hal ini dapat terjadi karena gula dalam soda berinteraksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam.

Asam kemudian akan menyerang gigi dan menyebabkan terkikisnya enamel gigi. Selain itu, soda biasa yang bebas gula juga mengandung asam tinggi, yang dapat mengikis gigi. Hal ini membuat gigi akan mengalami serangan terus-menerus jika Anda mengonsumsi soda setiap hari.

BACA JUGA:5 Manfaat Jagung untuk Kolesterol Turun dan Kesehatan Jantung Terjaga

Itulah beberapa bahayanya mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari. Sebaiknya Anda harus mengurangi jenis minuman soda untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: