10 Manfaat Daun Kelor yang Banyak Dicari Untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Kelor yang Banyak Dicari Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan--

DISWAY JOGJA- Banyak orang yang memilih daun kelor sebagai bahan yang dipercaya untuk membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu ada banyak khasiat dan manfaat dari daun kelor ini.

Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman tropis dengan ciri fisik berwarna hijau sampai hijau kecoklatan. Bentuknya kecil dan bundar seperti telur denagn tepu daun yang rata. 

Daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang berupa kalori, protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalium, dan asam folat. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A, B, dan C. Karenanya daun ini banyak dicari oleh kebanyakan masyarakat terutama yang tinggal di pedesaan.

Selain bermanfaat untuk ibu menyusui, tumbuhan herbal ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini akan membahas terkait manfaat dari daun kelor bagi kesehatan tubuh. Simak hingga akhir ya.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun kelor bagi kesehatan.

BACA JUGA:6 Obat Alami yang Ampuh Hilangkan Bau Badan Menyengat

1. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun kelor yang pertama yaitu mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Adapun cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan efektivitas kerja dari hormon insulin guna mencegah resistensi insulin.

Daun kelor memiliki nutrisi yang baik bagi penderita diabetes yang berupaya menurunkan kadar gula darah. Karena terdapat protein 2,0 gram, vitamin B6 19%, vitamin C, zat besi, vitamin A 9%, dan magnesium 8%.

2. Mengurangi Peradangan atau Inflamasi dalam Tubuh

Peradangan merupakan respon alami dari tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang penting, tetapi berpotensi menjadi masalah apabila terjadi dalam jangka waktu yang lama. Peradangan yang berkelanjutan memiliki kaitan dengan masalah kesehatan kronis. Seperti penyakit jantung dan kanker.

Dalam studi Bioorganic & Medicinal Chemistry menyebutkan kandungan isothiocyanate dalam daun kelor mampu mengatasi peradangan dalam tubuh. Isothiocyanate merupakan senyawa antiinflamasi yang terdapat pada daun polong dan biji kelor. Karenya daun kelor ini banyak dicari sebagai obat untuk meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh.

BACA JUGA:10 Cara Alami Hilangkan Jerawat Pada Wajah

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat dari daun kelor berikutnya yaitu untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya salah satu kandungan di dalamnya yaitu kalium. Kalium ini mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu, nutrisi tersebut juga efektif dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil, sehingga risiko hipertensi pun bisa dicegah. Dengan manfaat tersebut, maka membuat tumbuhan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kegunaan daun kelor ini terjadi sebab adanya kandungan serat larut dan tidak larut. Serat larut ini akan larut dalam air dan berubah menjadi gel. Hal ini yang dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Sementara itu, kandungan serat tidak larutnya bekerja dengan menambahkan volume fases, sehingga menjadi lebih mudah ketika melewati salurah pencernaan. Dengan begitu akan dapat menurunkan risiko sembelit atau susah buang air besar.

BACA JUGA:Penting untuk Pemula 5 Cara Mengobati Diabetes Tipe 2

5. Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kolesterol baik. Kadar kolesterol baik berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Salah satunya seperti kandungan yang ada dalam daun kelor.  Cara kerjanya dengan menurunkan lemak dan mencegah penumpukan plak pada dinding arteri.

Selain itu, tanaman herbal ini efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi pemicu sakit jantung. Dalam studi Journal of Ethnopharmacology menyebutkan, asupan daun kelor berpengaruh pada penurunan kadar kolesterol sebanyak 50% dalam waktu 12 minggu. Senyawa dalam daun kelor ini akan bekerja dengan mengurangi pembentukan plak ateroksklerotik sebanyak 86 persen.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam tumbuhan ini bermanfaat untuk wajah. Antioksidan seperti flavonoid dan polifenol pada daun bekerja dengan memerangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

Kedua senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi yang mampu mencegah tanda penuaan dini. Sehingga daun kelor ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk membuat wajah lebih kencang dan mencegah penuaan dini.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya yaitu guna meningkatkan kesehatan tulang. Kegunaan ini bersumber dari kandungan tinggi kalsium dan fosfor dalam daun. Keduanya mampu meningkatkan kesehatan tulang dengan memerangi radang sendi dan mempercepat proses penyembuhannya.

BACA JUGA:5 Manfaat Jagung untuk Kolesterol Turun dan Kesehatan Jantung Terjaga

8. Menjaga Kesehatan Hati

Daun kelor dapat mempercepat perbaikan sel hati bagipengidap penyakit hati. Hal ini karena daunnya memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi sehingga dapat melindungi organ hati dari bahaya kerusakan oksidatif. Selain itu juga, tanaman herbal ini berperan penting dalam meningkatkan kadar protein pada hati. 

9. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Manfaat terakhir dari tanaman herbal ini yaitu membantu menangkal radikal bebas. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun kelor.

Kadar radikal bebas yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan stres oksidatif yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

10. Membantu Menghambat Perkembangan Sel Kanker

Pada ekstrak kulit batang dan daun kelor yang mengandung antioksidan efektif dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh. Seperti kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

BACA JUGA:Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Sehat

Itulah tadi beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan. Anda dapat megonsumsi tanaman herbal ini bersama keluarga untuk mendapatkan khasiatnya. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: