Rekomendasi 12 Mobil Irit BBM di Indonesia 2023, yang Bikin Kantong Hemat

Rekomendasi 12 Mobil Irit BBM di Indonesia 2023, yang Bikin Kantong Hemat

Mobil Irit BBM --Lifepal

DISWAY JOGJA – Di tengah naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), memiliki mobil irit BBM menjadi hal yang semakin penting bagi pemilik kendaraan di Indonesia. Mobil yang hemat bahan bakar tidak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu melindungi lingkungan dengan mengurangi emisi karbon. Teknologi yang disematkan pada mobil modern membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi jauh lebih efisien. Lantas adakah mobil dengan konsumsi bensin yang irit? Mari kita simak satu per satu apa saja pilihan mobil irit bensin berikut ini.

BACA JUGA:Mobil Listrik Adalah Kendaraan Masa Depan, Kamu Harus Tau Ini!

Berikut Rekomendasi 12 Mobil Irit BBM di Indonesia 2023, yang Bikin Kantong Hemat

1. Honda Brio Satya 1.2 CVT

Jika Anda mencari mobil irit dan murah, pilihan utama adalah Honda Brio Satya 1.2 CVT. Memanfaatkan teknologi i-VTEC terdepan Honda, kendaraan ini sangat hemat bahan bakar!

Keunggulan Honda Brio Satya 1.2 CVT

Konsumsi bahan bakar hingga 1:17 atau 17 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Dan bahkan mencapai 1:22 saat bepergian di jalan tol. Transmisi variabel kontinu (CVT) merupakan penyempurnaan pada mobil dengan transmisi otomatis yang menjaga rpm tetap rendah untuk menjaga efisiensi bahan bakar. Mobil ini memiliki desain sporty yang modern, cocok untuk kalangan muda. Ukurannya yang kompak membuat manuver di ruang sempit dan mencari tempat parkir menjadi lebih mudah. Mobil ini memiliki sistem keselamatan airbag terbaru Honda dan rem ABS + EBD. Karena ukurannya yang kecil, mobil ini terkesan tidak stabil saat menikung dengan kecepatan cukup tinggi. Selain itu, Brio memiliki keterbatasan dalam hal ruang penumpang belakang dan volume bagasi. Kualitas interior plastik mengurangi kesan mewah.

2. Toyota Avanza

Hampir semua orang mengenal Toyota Avanza. Mobil ini bisa disebut sebagai “mobil sejuta umat” karena sangat sering ditemukan dimana-mana. Mobil ini juga dikenal sebagai mobil keluarga karena banyak kelebihannya, namun yang paling dikenal adalah interiornya yang lega dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Keunggulan Toyota Avanza

Konsumsi bahan bakar Toyota Avanza bisa mencapai 15 km/liter di jalan raya. Terdapat volume bagasi yang besar dan ruang kaki yang luas bagi penumpang. Perawatan yang mudah melalui pelayanan yang ekstensif dan harga suku cadang yang terjangkau. Toyota Avanza juga merupakan model dengan harga yang bagus. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat harus menjual mobil Anda. Meski pada kecepatan rendah Avanza terasa lentur, namun pada kecepatan tinggi terasa kurang stabil. Ruang penumpang di baris ketiga terkesan sempit.

BACA JUGA:Elegan! 5 Mobil Keluarga Yang Irit Dan Bagus Jadi Rekomendasi Untuk Anda

3. Nissan Kicks E-Power

Nissan Kicks E-Power, mobil hybrid paling irit di Indonesia, Pernahkah Anda mendengar istilah mobil hybrid? Mobil hybrid merupakan istilah yang dikenal oleh para pecinta mobil di Indonesia akhir-akhir ini. Kategori ini mengacu pada penggunaan energi listrik sebagai bahan bakar utama mobil yang dikombinasikan dengan mesin konvensional. Saat ini jumlah mobil hybrid yang beredar di Indonesia memang belum banyak, namun sejauh ini Nissan Kicks E-Power menjadi yang terbaik.

Keunggulan Nissan Kicks E-Power

Teknologi tenaga elektronik Nissan Kicks sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik, sedangkan bahan bakarnya hanya digunakan untuk mengisi ulang baterai guna menggerakkan mesin. Setelah dilakukan pengujian, mobil ini hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar untuk berlari sejauh 26,9 km! Memiliki fitur keselamatan yang sangat lengkap, mulai dari Intelligent Cruise Control (ICC), Intelligent Forward Collision Warning (IFCW), Intelligent Emergency Braking (IEB), Blind Spot Warning (BSW)) dan Rear Cross-Traffic Alert (RCTA). Jika rusak sulit diperbaiki karena sulitnya mencari suku cadang dan terbatasnya tempat perbaikan. Harga Nissan Kicks E-Power cukup mahal yakni Rp 450 jutaan!

BACA JUGA:10 Daftar Kulkas Portabel untuk Kemudahan dan Mobilitas, Cocok Buat Dibawa Kemana Saja

4. Honda CR-V

Sport Utility Vehicle (SUV) adalah kendaraan berukuran besar yang cocok digunakan keliling kota, di medan sulit seperti jalan berbatu, atau untuk menyeberang saat banjir. SUV juga semakin digemari berkat desainnya yang sporty dan gagah sehingga sangat digemari oleh kalangan anak muda dan commuter. Jadi menurut saya, jagoan SUV paling irit saat ini adalah Honda CRV!

Keunggulan Honda CR-V

Konsumsi bahan bakar Honda CR-V cukup irit. Performa dalam kota mencapai 11,3 kpl (km/l), sedangkan luar kota mencapai 15,1 kpl.  Honda CR-V terbaru dibekali dengan desain facelift yang membuat desain interior dan eksterior semakin mewah. Fitur keselamatan komprehensif dengan teknologi pintar seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lane Departure Mitigation (RDM) dan Adaptive Speed ​​​​Cruise Control (ACC). Harganya relatif mahal dibandingkan mobil lain di segmen yang sama. Harga CR-V berkisar Rp. 460 hingga Rp. 540 jutaan, sedangkan rivalnya Nissan X-Trail dibandrol dengan harga Rp. 420 untuk varian terendah. Ukuran panjang Honda CR-V yang mencapai 4,5 meter membuat berkendara di jalan sempit cukup sulit.

5. Toyota Yaris

Toyota Yaris, pilih mobil 1500cc paling irit bahan bakar. Sepeda bermesin 1500cc merupakan mobil terlaris di pasaran. Selain kemampuannya bertahan di tanjakan lebih baik dibandingkan city car 1.300 cc, motor 1.500 cc masih menduduki peringkat paling irit. Tahun ini model 1500cc paling irit bahan bakar adalah Toyota Yaris.

Keunggulan Toyota Yaris

Konsumsi bahan bakar Toyota Yaris dalam kota mencapai 13,8 km/liter. Sedangkan di jalur cepat kecepatannya bisa mencapai 17,3 km/liter. Dengan tampilannya yang sangat sporty dan interior yang mewah, tak heran jika banyak anak muda yang memilih Yaris sebagai salah satu mobil idamannya. Keamanan optimal berkat struktur bodi yang menyerap energi dan karakteristik rangka bodi berkekuatan tinggi mengurangi risiko cedera serius akibat kecelakaan. Harga Toyota Yaris yang berkisar antara Rp 227 jutaan hingga Rp 268 jutaan membuat mobil ini cukup mahal di kalangan anak muda.

BACA JUGA:Memilih Ban Mobil yang Tepat: Panduan Lengkap untuk Kenyamanan dan Keamanan

6. All New Daihatsu Xenia

Sama seperti saudara kembarnya, Daihatsu All New Xenia juga terkenal dengan konsumsi bahan bakarnya yang irit. Daihatsu All New Xenia juga tersedia dengan dua pilihan kapasitas mesin, 1300cc dan 1500cc.

Untuk berkapasitas 1.300 cc, konsumsi bahan bakar Daihatsu All New Xenia bisa mencapai 17 km. Untuk mesin berkapasitas 1.500 cm3 mampu menempuh jarak hingga 17,5 km/liter jalan.

7. Daihatsu Rocky 1.2

Pilihan mobil hemat bahan bakar berikutnya adalah Daihatsu Rocky 1.2 liter yang bisa digunakan untuk perjalanan selanjutnya. Untuk penggunaan dalam kota, Daihatsu Rocky 1,2 liter ini mendapat bensin 15km/liter. Saat digunakan di jalan tol, konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky 1,2 liter hingga 21 km. Namun perlu dipahami bahwa  konsumsi bahan bakar setiap kendaraan bisa berbeda-beda karena  beberapa faktor.

8. Toyota Raize 1.2

Ada pula Toyota Raize 1,2 liter, SUV mungil yang juga bisa jadi pilihan mobil keluarga. Untuk penggunaan dalam kota, Toyota Raize 1.2 liter mampu mencatat jarak tempuh hingga 15 km/liter bensin. Bila digunakan di jalan tol, efisiensinya meningkat menjadi 21,8 km/liter. Nomor ini sangat cocok bagi yang ingin mudik dan harus melalui tol karena pasti lebih menguntungkan.

9. Toyota All New Veloz

Konsumsi bahan bakar Toyota All New Veloz juga bisa dikatakan hampir setara dengan saudaranya Toyota All New Avanza. Mobil keluarga ini mampu melaju hingga 13 km/liter bensin. Penghematan bahan bakar tersebut dibantu oleh mesin 1.500cc yang mampu menghasilkan  tenaga  104 hp dan torsi 137 Nm. Dengan demikian, tak hanya mesin bensin yang irit bahan bakar, kapasitas mesin Toyota All New Veloz juga cukup besar.

10. Toyota New Agya

Sebagai salah satu model di bawah LCGC, Toyota New Agya tidak hanya terjangkau namun juga irit bahan bakar. Setiap liter bensinnya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 19 km. Alasan  Toyota New Agya memiliki konsumsi bahan bakar yang irit  karena sudah terintegrasi dengan teknologi Dual VVT-i. Selain itu, mobil ini juga  dilengkapi dengan fitur berkendara ECO untuk membantu memaksimalkan penghematan bahan bakar tanpa boros.

11. Daihatsu New Ayla

Pilihan LCGC hemat bahan bakar lainnya adalah Daihatsu New Ayla yang hadir dalam dua mesin. Pilihan kapasitas mesin mobil ini adalah 1.0 liter dan 1.2 liter. Sedangkan untuk Daihatsu New Ayla  1.0 liter mampu menempuh jarak hingga 20 km per liter. Sedangkan untuk mesinnya berkapasitas 1,2 liter, setiap liter bensin mampu menempuh jarak 16 km.

12. Daihatsu Sigra

Dalam perjalanan pulang pergi, mobil yang membawa 7 penumpang memang menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya adalah Daihatsu Sigra, mobil yang tidak hanya mampu mengangkut banyak penumpang tetapi juga hemat bahan bakar.  Daihatsu Sigra mampu melaju hingga 23 km/liter bensin, cocok untuk perjalanan pulang pergi. Namun, angka-angka tersebut tentu akan berubah tergantung cara Anda mengemudi.

 

Nah, itu dia Berikut Rekomendasi 12 Mobil Irit BBM di Indonesia 2023, yang Bikin Kantong Hemat

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: