Selain Ayam Betutu dan Sate Lilit Ini Dia Daftar Makanan Bali yang Bikin Nagih Lidah Kalian!

Selain Ayam Betutu dan Sate Lilit Ini Dia Daftar Makanan Bali yang Bikin Nagih Lidah Kalian!

Selain Ayam Betutu dan Sate Lilit Ini Dia Daftar Makanan Bali yang Bikin Nagih Lidah Kalian!--

DISWAY JOGJA - Bali terkenal dengan tempat wisatanya yang indah dan banyak dikunjungi wisatawan luar bali maupun luar negeri. Selain pesona alam yang dimiliki ternyata bali memiliki makanan khas yang membuat siapa saja ingin mencicipi makan khas bali. Makanan khas bali ini juga menjadi daya Tarik para wisatawan karena memiliki cita rasa yang unik dan enak karena kaya akan rempahnya.

Makanan khas Bali memang unik bukan hanya dari rasa yang unik namun penamaannya juga unik. Berikut daftar makanan khas bali selain ayam betutu dan sate lilit yang wajib kalian coba kalau singgah ke bali:

1. Nasi campur Bali

Makanan khas Bali pertama yang bisa kalian cicipi yaitu nasi campur. Seperti namanya sudah pasti makanan ini terdiri dari berbagai bahan utama mulai dari nasi putih, sate lilit khas Bali, ayam suwir dengan bumbu Basa Genep Bali, urap, lawar ayam, sambal matah dan sambel embe. Makanan ini memiliki cita rasa yang sedap yang pastinya akan membuat nafsu makan Anda meningkat.

2. Rujak buleleng

Makanan khas bali selanjutnya adalah rujak buleleng. Makanan khas bali ini dibuat dari berbagai buah-buahan yang dipotong kecil kemudian disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan segar. Yang membedakan rujak ini dengan rujak lainnya terletak pada bumbu yang digunakan. Bumbu rujak buleleng terbuat dari cuka, gula aren asli buleleng, terasi, garam, cabai rawit, dan pisang batu. Bahan dari pisang batu ini ditambahkan untuk menghasilkan cita rasa yang sepat sehingga menghasilkan makanan dengan rasa yang enak dan juga lezat.

3. Serombotan

Dilihat dari namanya saja sudah memiliki keunikan. Cita rasa makanan ini juga tak kalah unik dan menggoda selera makan kalian. Makanan khas Bali ini cocok sekali bagi kalian yang suka dengan sayuran atau vegetarian. Makanan khas bali ini terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, terong bulat, tauge, pare, serta buncis. Selanjutnya sayuran tersebut akan diberi bumbu khas bali yaitu bumbu kalas yang dibuat dari berbagai rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan santan. Tidak hanya bumbu Kalas. Di dalam Serombotan juga ditambahkan bumbu kacang yang akan membuat rasa dari makanan khas bali ini semakin unik dan lezat.

4. Lawar

Apa yang terlintas di pikiran kalian setelah mendengar kata lawar? Mungkin banyak dari kita yang mengira bahwa makanan ini berbahan utama kelelawar. Padahal bukan. Meski nama makanan khas bali ini mirip dengan nama hewan nokturnal namun bahan utamanya berasal dari sayur-sayuran yang kaya akan gizi untuk tubuh kalian.

Makanan ini terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, sayur nangka, dan kelapa parut yang dicampur dengan bumbu rempah khas bali. Makanan yang satu ini memiliki banyak jenis mulai dari lawar kuwir yang isinya daging entok, lawar ayam, dan lawar babi. Selain itu ada juga lawar merah dan lawar putih yang bisa Anda cicipi saat datang ke Bali.

5. Laklak

Bali juga memiliki jajanan tradisional yang mirip dengan surabi namanya laklak. Makanan tradisional bali ini dibuat dengan menggunakan kendi yang diletakan di atas api. Ketika matang makanan ini akan memiliki tekstur yang lembut di dalam dan renyah bagian luarnya. Seperti makanan khas Bali lainnya laklak juga disajikan dengan kuah santan dan taburan kelapa parut serta sirup gula merah yang membuat rasanya semakin gurih, manis dan juga lezat.

6. Nasi jinggo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: