6 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan, Bikin Wajahmu Glowing Alami!

6 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan, Bikin Wajahmu Glowing Alami!

--

DISWAY JOGJA - Tomat bermanfaat untuk wajah dan memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit. Tomat merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di warung, pasar atau supermarket.

Biasanya tomat digunakan sebagai bahan masakan. Namun banyak juga digunakan untuk bahan pembuatan produk-produk skincare terutama untuk merawat wajah.

Selain itu, tomat juga bisa dikonsumsi langsung seperti buah apel maupun dibuat menjadi masker wajah untuk alasan kecantikan.

Siapa yang menyangka ternyata tomat juga memiliki kandungan luar biasa. Kandungan lain yang pada buah tersebut berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tomat untuk wajah adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Jerawat

Tomat mengandung asam salisilat alami yang bisa membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi minyak berlebih pada kulit. Sifat antiinflamasi dan antimikroba tomat dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan likopen pada tomat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV serta meredakan peradangan. Likopen juga membantu meratakan warna kulit dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah bercahaya.

3. Mengontrol Produksi Minyak

Tomat mengandung asam askorbat (vitamin C) yang dapat membantu mengontrol produksi minyak kulit wajah. Hal ini dapat mengurangi masalah kulit berminyak serta membantu menjaga kelembapan alami kulit.

4. Menyamarkan Flek Hitam

Kandungan vitamin C pada tomat dapat  mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga membantu mengurangi tampilan flek hitam, bintik-bintik gelap, atau hiperpigmentasi pada kulit.

5. Mengencangkan Kulit

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C, yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit, sehingga dapat membantu mengencangkan kulit wajah.

6. Melembapkan Kulit

Tomat mengandung banyak air dan sifat humektan alami, yang membantu menjaga kelembapan kulit dan menghidrasi kulit secara alami.

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan tomat dalam perawatan kecantikan:

1. Masker Wajah Tomat

Ambil satu atau dua tomat matang dan haluskan dengan blender atau tumbuk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tomat secara merata ke seluruh wajah yang telah dibersihkan, hindari area mata.

Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Masker ini membantu membersihkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih, dan memberikan efek mencerahkan pada kulit wajah.

2. Pemutih Alami

Iris tomat tipis-tipis dan tempelkan irisan langsung ke area kulit yang memiliki flek hitam atau bintik-bintik gelap. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

Ulangi secara teratur untuk dapat membantu menyamarkan dan mencerahkan kulitmu.

3. Scrub Wajah Tomat

Campurkan 1 sendok makan bubuk oatmeal dengan 1 sendok makan pasta tomat. Aplikasikan campuran ini secara perlahan dengan gerakan melingkar di wajah yang sudah dibasahi. Gosok lembut selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat. Scrub wajah tomat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memberikan kulit yang lebih halus dan bersih.

4. Kompres Mata

Iris tomat yang dingin menjadi dua bagian dan letakkan masing-masing setengah irisan di atas kelopak mata yang tertutup. Biarkan selama 10-15 menit sambil beristirahat.

Kompres mata tomat dapat membantu meredakan mata lelah, mengurangi pembengkakan, dan memberikan kesegaran pada area sekitar mata.

5. Minuman Detoksifikasi

Buat jus tomat segar dengan mencampurkan beberapa tomat matang. Minum jus tomat ini secara teratur untuk membersihkan tubuh dari dalam, menyediakan nutrisi penting, dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Pastikan untuk menggunakan tomat segar dan matang dalam semua penggunaan ini. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif atau mengalami iritasi, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan kulit.

Selalu lakukan tes kecil di area yang kecil dari kulit sebelum menggunakan secara luas untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi alergi atau iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: