Mau Tahu Cara Membuat Body Lotion Dari Lidah Buaya? Bisa Banget Dong, Simak Penjelasannya!

Mau Tahu Cara Membuat Body Lotion Dari Lidah Buaya? Bisa Banget Dong, Simak Penjelasannya!

Body Lotion--Pickybest

DISWAY JOGJA - Berbagai manfaat ada pada buaya, diantaranya bisa memberikan efek positif bagi tubuh dan juga bisa meningkatkan kecantikan.

Namun perlu sobat ketahui, perlu adanya pengolahan tertentu untuk bisa memanfaatkan lidah buaya supaya bisa digunakan sebagai sarana kesehatan dan juga kecantikan.

Salah satu bentuk olahan lidah buaya untuk kecantikan adalah aloe powder, apa sobat sudah pernah mendengar sebelumnya?, jika belum maka sobat menemukan tulisan yang pas sebagai referensi.

BACA JUGA : 7 Cara Memutihkan Kulit Tanpa Skincare, Ternyata Mudah dan Gratis! Kamu Wajib Cobain Biar Bisa Buktiin Sendiri

Langkah-langkah yang dapat sobat gunakan untuk membuat aloe powder atau tepung lidah buaya adalah dengan metode pengering semprot (spray drying process), pengeringan beku (freeze dry process/liophylization) serta pengeringan sederhana (simple dehydration proces).

Pengolahan tepung lidah buaya inilah yang nantinya akan dikembangkan menjadi bahan kecantikan lainnya, seperti hand body lotion, body cream, serta masker wajah.

Tapi perlu sobat ketahui, bahwa penggunaan tepung lidah buaya pada pembuatan kosmetik dapat memenuhi persyaratan dan standar yang baik atau telah disepakati.

Namun persyaratan penggunaan tepung lidah buaya pada kosmetik sampai saat ini belum ada ketentuan yang tetap dan masih bergantung pada persyaratan dan kebutuhan yang inginkan bagi industri kosmetik.

Nah perlu juga untuk menambah wawasan nih sobat cantik sekalian, bahwasanya pemakaian tepung lidah buaya pada kosmetik memudahkan para industri kosmetik lebih praktis, lebih stabil, dan juga tidak mudah rusak.

BACA JUGA : Serius, Timun Bisa Memutihkan Kulit Secara Alami? Jelas Dong! Simak 7 Manfaat Ampuh Timun Untuk Kesehatan

Hal lain juga, pemakaian tepung lidah buaya dalam produk kosmetik dapat diminimaliskan, yakni sekitar 0,025 – 0,1 % dari pada pengunaan gel yang mencapai 5-20%..

Berikut cara pengolahan lidah buaya menjadi tepung lidah buaya yang kaya akan manfaat :

1. Sobat perlu menyiapkan terlebih dahulu lidah buayanya

2. Lalu kupas lidah buaya dan hancurkan

3. Melakukan penyaringan/filtrasi

4. Pemberian bahan pengisi (Maltodesktrin: CMC), Melansir dari Hello Sehat Kementrian Kesehatan, maltodesktrin sendiri merupakan bahan tambahan pangan berbentuk bubuk putih, yang mirip dengan tepung tapi lebih halus teksturnya.

5. Preparasi ke dalam kulkas selama semalam

6. freeze drying atau pengeringan selama 14 jam

7. Dan tepung lidah siap digunakan

Tepung lidah mampu memberikan manfaat terhadap hasil produk kecantikan kulit, hal ini karena tepung lidah buaya dinilai mampu memberikan kelembutan pada kulit, menghaluskan kulit, serta juga bisa menjadi pelembab kulit.

Di antara produknya adalah hand body lotion, body, cream, serta masker wajah. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat sobat coba untuk membuat hand body lotion:

BACA JUGA : Lebih dari Sekedar Perawatan Kulit! Inilah Cara Menyeimbangkan Kecantikan dan Kesehatan Mental

1. Dengan dibuat larutan gel 1% dari tepung lidah buaya

2. Lalu dibuat komponen air dari Natrium laury sulfat 0,25 g, cetyl alkohol 3,75 g, nipagin 0,1 g, nipasol 0,009 g, Na metabisulfite 0,025 g, aquades 20 mL lalu dipanaskan hingga mencapai 70 derajat celcius. Untuk sobat biologi pasti paham dong dengan istilah di atas.

3. Kemudian ditambah dengan larutan gel 5 g, dan diaduk hingga tercampur rata

4. Tambahkan minyak zaitun 15 g dan vitamin E 10 mg, lalu ditaruh pada wadah dan dipanaskan sampai larut

5. Komponen air dan minyak yang telah dipanaskan, lalu diaduk dengan alat pengaduk selama 15 menit hingga tercampur rata

6. lalu lakukan penyaringan

7. Dan simpan hasilnya dalam kulkas

Setelah jadi, sobat bisa menggunakan hand body lotion itu pada bagian kulit, terutama kulit yang terpapar sinar UV atau sinar matahari.

Hal ini bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan menghindari sun burn, berikut caranya:

1. Tuangkan body lotion pada tangan secukupnya,

2. Lalu oleskan secara merata ke bagian yang akan dikenai cream.

Nah sobat itulah beberapa manfaat yang bisa diaplikasikan dalam pembuatan body lotion dari lidah buaya, langkah-langkah di atas dirangkum dari jurnal Universitas Negeri Jakarta dengan judul Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera) Sebagai Bahan Baku Perawatan Kecantikan Kulit, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: