Info Penting!! Berikut 7 Makanan Penambah Daya Ingat yang dapat dikonsumsi di Rumah

Kamis 04-01-2024,19:45 WIB
Reporter : Irfa Khunainah
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA- Banyak jenis makanan untuk m enambah daya ingat otak yang dapat dikonsumsi di rumah. Termasuk, tujuh jenis asupan berikut punya manfaat menambah sumber energi otak sekaligus mengurangi pikun sejak dini. 

Tujuh makanan penambah daya ingat otak, berfungsi mencegah penyakit lupa atau pikun. Penyebabnya banyak faktor seperti kurang tidur, kelainan genetik, kelelahan akibat aktivitas fisik, gaya hidup, usia, dan faktor lingkungan. 

Upaya menambah daya ingat dengan makanan, yang dilansir dari laman Mayo Clink Health System, diperoleh beberapa makanan yang dapat memberikan kebaikan bagi otak yaitu makanan yang mengandung lemak sehat serta berbagai makanan nabati yang kaya fitonutrien.

Makanan yang kaya akan Fitronutrien, mengandung senyawa aktioksidan yang ada dalam berbagai tanaman. Senyawa ini dapat membantu memperlambat proses penuaan serta mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit otak.

BACA JUGA: 7 Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Artikel ini akan membahas terkait makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak. Simak hingga akhir ya. 

Berikut ini tujuh jenis makanan yang dapat dikonsumsi rutin di rumah untuk meningkatkan daya ingat otak Anda.

1. Sayuran Hijau

Makanan pertama yang berpotensi untuk menguatkan daya ingat otak, yaitu sayur-sayuran yang berdaun hijau. Hal ini karena sayuran hijau mengandung ragam senyawa antioksidan, seperti vitamin C, serta nutrisi lainnya termasuk vitamin K dan folat.

Antioksidan dari vitamin C terbukti dapat memperlambat penurunan kognitif. Sementara vitamin K dan folat dapat berfungsi memperkuat daya ingat dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Beberapa sayuran berdaun hijau yang dapat Anda pilih, seperti berokoli, bayam, sawi, dan kale. Bagi Anda yang tidak menyukai sayuran, buatlah olahan makanan berbagai kreasi dengan bahan dasar sayuran tersebut.

2. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA), sehingga dapat berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat otak. 

Beberapa jenis ikan yang baik agar mengurangi penyakit pelupa atau pikun, seperti ikan salmon, tuna dan sarden. Anda dapat mengonsumsinya sebanyak dua kali dalam seminggu.

Tidak hanya itu, asupan omega-3 juga dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer yang dapat memperngaruhi memori Anda.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan, Rasanya Enak dan Harganya Murah Meriah!

3. Kacang Kenari

Jenis makanan selanjutnya yang dapat membantu meningkatkan daya ingat otak yaitu kacang kenari. Hal ini karena kacang kenari merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 sehingga dapat mencegah pikun atau pelupa.

Selain itu, omega-3 dalam kacang kenari juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan otak. Anda bisa menjadikan kenari sebagai cemilan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya baik bagi kesehatan otak yang berguna untuk menambah daya ingat.

Buah ini mengandung lemak jenuh tunggal yang sehat dan dapat menjaga kesehatan jantung dan pembukuh darah. Karenanya, alpukat ini dapat meningkatkan kesehatan otak dan fungsi memori Anda.

5. Coklat Hitam

Selain enak untuk dikonsumsi diberbagai olahan, ternyata coklat hitam dapat bermanfaat bagi penambah daya ingat otak.

Hal itu disebabkan karena adanya kandungan kafein, antioksidan, dan flavonoid yang dapat mengasah memori, memperbaiki mood, serta meningkatkan fokus dan kemampuan belajar.

Kandungan lainnya yaitu dapat juga mengurangi tekanan darah serta meningkatkan aliran darah termasuk otak. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsinya.

BACA JUGA: Tips Aman Mengonsumsi Coklat dan 10 Manfaatnya bagi Kesehatan

6. Biji-Bijian

Biji-bijian seperti biji labu, biji rami, biji wijen, menjadi makanan yang dapat menambah daya ingat otak. Biji rami diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti dapat memperkuat memori.

Sementara dalam biji labu mengandung asam lemak tak jenuh, antioksidan, seng, tembaga, dan besi. Serta biji wijen yang kaya akan kandungan asam amino tirosin, magnesium, seng, dan vitamin B-6.

Semuanya itu berperan dalam menjaga fungsi otak, termasuk memori Anda.

7. Kunyit

Makanan selanjutnya yang dapat berfungsi untuk meningkatkan daya ingat otak yaitu kunyit.

Kunyit yang menjadi bumbu rempah dalam menambah rasa makanan dan menjadi jamu tradisional, mengandung kurkumin yang mampu masuk ke otak secara langsung dan meningkatkan fungsi sel-sel di dalamnya.

Bukan hanya itu, kurkumin juga bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meningktakna aliran darah ke otak. Sehingga kunyit daoat membantu memperkuat memori Anda.

BACA JUGA: 8 Tips Minum Kopi yang Sehat, Harus Kamu Coba!

Itulah tujuh makanan yang dapat memperkuat daya ingat otak sehingga mengurangi pelupa atau pikun. Selamat mencoba.  (*)

Kategori :