7 Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

7 Obat Alami untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Obat Herbal untuk Meredakan Radang Tenggorokan --

DISWAY JOGJA- Radang tenggorokan sering dialami banyak orang, terlebih saat cuaca sedang kurang menentu. Cara meredakannya tidak hanya dari obat resep dokter, namun obat dari bahan-bahan alami juga dapat membantu mengatasi sakit radang pada tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan yang akan semakin terasa sakit ketika menelan. Sensasi sakit di tenggorokan ini umumnya merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami infeksi karena kekebalan tubuh yang menurun.

Peradangan yang menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Namun, penyebab utamanya yaitu infeksi virus yang menjadi penyebab pilek, flu, campak, cacar, dan demam.

Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus Pyognes. Selain itu, alergi, udara kering, polusi udara, naiknya asam lambung, dan cedera dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Umumnya, sakit tenggorokan akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu.

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan jantung

Menurut American Academy of Otolaryngology, perawatan melalui obat alami pada sakit tenggorokan dapat meringankan gejala sekaligus mempercepat pemulihannya.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas terkait obat-obat alami yang dapat digunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Simak hingga akhir ya.

Beberapa obat dari bahan alami yang dapat mengobati sakit radang tenggorokan diantaranya yaitu:

1. Air garam

Obat alami yang pertama yaitu dengan berkumur menggunakan air garam hangat, cara ini terbukti ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan secara alami.

Berkumur dengan air garam beberapa kali sahari dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak yang menggumpal, meringankan ketidaknyamanan saat menelan, serat membantu membasmi bakteri di tenggorokan.

Untuk membuat obat herbal ini, Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Lalu aduk hingga garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam selamaa 3-4 kali dalam sehari.

2. Madu dan Perasan Lemon

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat memabantu mengurangi pembengkakan serta rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan. Sementara perasan lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan menjadi obat alami sakit tenggorokan.

Kandungan astrigen yang terdapat dalam lemon dapat meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Untuk dapat mengolah obat alami ini, cukup campurkan 2 sendok madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir air hangat atau teh. Lalu minum dengan perlahan untuk menikmati khasiatnya.

BACA JUGA:8 Tips Minum Kopi yang Sehat, Harus Kamu Coba!

3. Cuka Apel dan Garam

Pada saat tenggorokan terasa sakit dan meradang akibat batuk hebat, coba untuk atasi dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat.

Ramuan obat alami untuk sakit tengggorokan ini, dpaat dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu. Setelah itu kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam untuk mendapatkan masnfaat yang maksimal.

4. Kayu Manis

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis juga dapat menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat peradangan. Hal ini karena kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Sehingga kayu manis dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Cara mengolah kayu manis untuk obat radang ini cukup mudah, yaitu denagn tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Lalu campurkan dua sendok madu. Selagi masih panas, hirup uap airnya, dan setelah hangat Anda bisa minum ramuan kayu manis tersebut.

5. Kunyit

Obat alami selanjutnya untuk membantu meredakan radang tenggorokan yaitu dengan kunyit. Rempah kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat. Rempah kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi kondisi serius, termasuk sebagai obat herbal untuk sakit tenggorokan akibat radang.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Lakukan secara berulang dalam sehari supaya obat alami ini dapat berkerja optimal meredakan radang tenggorokan.

BACA JUGA:Beberapa Contoh Gangguan Mental dan Faktor Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

6. Teh Herbal

Teh kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di tenggorokan. Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem imun yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang terlanjur rusak akibat infeksi tersebut.

Teh jahe sering diandalkan untuk mengobati radang tenggorokan. Tidak hanya menghangatkan tubuh, sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang. Gingerol dan fenol yang terkandung dalam rempah jahe ini bersifat antinyeri dan bisa meredakan rasa sakit.

Selain teh jahe, terdapat juga jenis teh herbal lainnya yang memiliki manfaat serupa dalam mengobati sakit tenggorokan akibat radang seperti: teh hijau, teh licorice, peppermint, dan teh chamomile.

7. Air Putih

Pada saat mengalami radang tenggorokan, Anda perlu minum lebih banyak cairan untuk meringankan rasa sakitnya. Ketika kekurangan cairan, maka tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Minum air putih secara maksimal, setidaknya 2 liter air putih dalam sehari dapat memulihkan kondisi tubuh. Akan lebih baik juga jika Anda mengonsumsi air mineral murni 100% yang bersumber dari pegunungan terlindungi, sehingga sumber air tersebut terbebas dari pencemaran.

Itulah beberapa obat alami yang dapat digunakan untuk membantu Anda meredakan rasa sakit akibat radang tenggorokan. Semoga bermanfaat. (*)

BACA JUGA:Atasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: