8 Tips Minum Kopi yang Sehat, Harus Kamu Coba!

8 Tips Minum Kopi yang Sehat, Harus Kamu Coba!

Tips Minum Kopi yang Sehat--

DISWAY JOGJA- Minum kopi menjadi kebiasaan wajib bagi sebagian orang. Belum lengkap rasanya jika belum ngopi. Akan tetapi terlalu sering minum kopi dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal sebetulnya, ada banyak manfaat minum kopi untuk kesehatan. 

Kopi memiliki kandungan karbohidrat, protein dan sedikit lemak, selain itu juga mengandung kafein yang dapat memberikan stimulan ringan untuk sistem saraf pusat sehingga dapat meningkatkan kinerja mental, terutama pada kewaspadaan, perhatian dan konsentrasi.

Untuk dapat merasakan manfaat kopi yang sehat, Kamu harus bisa mengubah pola minum kopi agar bukan dampak negatif yang diterima oleh tubuh, melainkan dampak posistif.

Artikel ini akan membahas terkait tips minum kopi yang sehat untuk tubuh. Simak hingga akhir ya.

Kebiasaan minum kopi dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena cara penyajian dan cara minum yang kurang tepat. Berikut ini beberapa tips minum kopi yang sehat:

BACA JUGA:Atasi Kulit Kering Pada Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

1. Pilih Kopi yang Berkualitas Tinggi

Tips pertama minum kopi yang sehat yaitu dengan memilih kopi berkualitas tinggi. Hal ini karena kualitas kopi sangat penting, salah satunya biji kopi organik yang lebih baik karena tanpa pestisida dan zat tambahan berbahaya. Menurut penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry, biji kopi organik memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga harus hindari minum kopi instan. Kopi instan sering mengandung bahan tambahan dan pengawet. Sebaiknya pilih kopi segar dan seduh sendiri untuk memastikan kualitas dan keasliannya. Menurut Food Chemistry, kopi segar memiliki lebih banyak senyawa bioktif dan antioksidan. Antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan mampu memperkuat imun tubuh.

2. Hindari Minum Kopi dengan Tambahan Gula

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Diabetes Reports pada tahun 2015, dosebutkan bahwa mengonsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan obesitas. 

Saat ini ada beragam kopi yang menambahkan banyak gula, mulai dari cappuccino, cafe latte, hingga es kopi susu. Namun, meskipun itu menjadi favorit kamu, sebaiknya hindari menambahkan terlalu banyak gula dalam kopi.

3. Gunakan Pemanis Alami

Tips berikutnya untuk minum kopi yang sehat yaitu dengan menggunakan pemanis alami. Dibandingkan menggunakan gula pasir atau pemanis buatan, sebaiknya pilihlah pemanis atau perasa alami seperti bubuk cokelat pekat (dark chocolate) atau ekstrak vanilla.

Tidak hanya sehat, namun juga dapat memperkaya cita rasa kopi. Selain itu juga kamu bisa menggunakan pemanis pengganti gula seperti sorbitol, xylitol, dan stevia. Saat ini sudah banyak piliha manis pengganti gula yang bisa kamu coba saat minum kopi.

BACA JUGA:Beberapa Contoh Gangguan Mental dan Faktor Penyebabnya yang Perlu Kamu Ketahui

4. Hindari Minum Kopi Setelah jam 3 Sore

Kopi merupakan sumber kafein tinggi yang bisa didapatkan secara alami dan tergolong sebagai stimulan. Oleh karena itu, tak heran jika setelah minum kopi, kamu akan menjadi lebih berenergi dan tetap terjaga meski sudah lelah.

Efek kafein ini akan berbeda-beda pada setiap orang, namun sebaiknya hindari minum kopi di sore atau bahkan malam hari karena dapat mengganggu tidurmu. perhatikan juga sumber kafein lainnya seperti pada teh, soda tau minuman berenergi lainnya.

5. Campurkan Rempah-Rempah

Menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis atau jahe pada kopi dpaat memberikan rasa yang lebih kaya tanpa perlu menambahkan gula. Selain itu, rempah-rempah juga memiliki potensi anti inflamsi dan antioksidan.

Berdasarkan penelitian, selain menambahkan rasa yang unik, kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan trigliserida.

6. Hindari Minum Kopi dengan Perut Kosong

Jangan membiasakan untuk minum kopi sebelum sarapan atau bahkan mengganti sarapan dengan kopi. Hal ini sangat tidak dianjurkan, pasalnya kopi bersifat asam sehingga dapat merangsang peningkatan asam lambung dan mencetuskan keluhan nyeri ulu hati. 

Apabila kamu memiliki riwayat sakit maag, maka sebaiknya hindari minum kopi berlebihan, dan tidak minum kopi pada saat perut kosong.

BACA JUGA:Ini dia 7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

7. Racik Kopi Menggunakan Kertas Filter

Seduhan kopi yang mengandung senyawa cafestol yang dapat meningkatkan kolesterol. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan filter (berupa kertas khusus). Meskipun tidak semua senyawa tersebut bisa terfilter secara maksimal, namun filter kertas ini cukup efektif untuk mengurangi jumlah cafestol.

Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, diabetes, dan pengentalan darah tinggi sebaiknya hindari minum kopi karena kandungan cafestol.

8. Minum Kopi Secukupnya

Konsumsi kopi berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping meski dapat berbeda-beda untuk masing-masing orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi berlebihan (lebih dari 500 mg kafein atau setara denagn 5 cangkir kopi) justru dapat membuat kamu mengalami nyeri kepala dan kelelahan.

Selain itu, minum kopi berlebihan juga dapat menyebabkan diare, cemas, jantung berdebar-debar, insomnia hingga nyeri perut. Karena itu batas minum kopi yang baik dalam sehari yaitu 4-5 cnagkir kecil (setara denagn 400 mg kafein) dalam sehari. Itu pun jika kamu tidak memiliki riwayat kesehatan tertentu. Bila memiliki penyakit jantungm hipertensi atau lainnya, maka harus berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk batasan minum kopi.

Itulah beberapa tips minum kopi yang sehat. Dengan tips tersebut, maka kopi yang kamu minum akan membawa efek yang baik bagi tubuh. Selamat mencoba. (*)

BACA JUGA:7 Makanan Rendah Gula, Cocok buat Penderita Kencing Manis, Apa saja sih Makanannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: