Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

tips yang bisa kamu terapkan untuk merawat dan membersihkan merek mesin cuci terbaik 1 tabung-gpointstudio-freepik.com

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik 1 tabung adalah produk barang elektronik rumah tanggga yang sering digunakan. Penggunaannya tentu untuk mencuci pakaian yang kotor dan bercampur dengan sabun cuci.

Oleh karena itu, merek mesin cuci terbaik 1 tabung juga perlu untuk dibersihkan dan dirawat secara berkala supaya awet dan tahan lama.

Merek mesin cuci terbaik 1 tabung harus dibersihkan paling tidak 1 minggu, 2 minggu, atau 1 bulan sekali. Kamu perlu tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang dapat dicoba di rumah yang disertai beberapa tips merawat mesin cuci 1 tabung.

Membersihkan merek mesin cuci terbaik 1 tabung bukan hal yang sulit. Kamu hanya perlu mengikut beberapa langkah di bawah ini untuk membersihkannya.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Hemat Listrik

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik Paling Awet

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

- cuka putih atau cairan pemutih

- bubuk baking soda atau soda kue

- sikat gigi bekas

- kain mikrofiber.

Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung:

1. Siapkan mesin cuci kamu.

2. Buka tutup mesin cuci dan ketika tabung terisi, tambahkan 1 liter cuka putih atau pemutih.

3. Tutuplah pintu mesin cuci 1 tabung, lalu mesin cuci biarkan bekerja dalam waktu 1 menit. Setelah itu, buka tutup mesin cuci dan biarkan cuka dan air meresap ke dalam tabung selama 1 jam.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

BACA JUGA : Tabung Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Menghilangkannya

4. Bersihkan sudut dan celah di bagian bawah tutupnya. Rendam dan gosok pada bagian yang bisa dilepas seperti kotak deterjen dan pewangi. Keringkan dengan menyeluruh. Kemudian gunakan sikat gigi ntuk membersihkan pada bagian atas agitator dan pada area yang susah terjangkau, tepatnya di bawah tutup dan di area tepi tabung dari mesin cuci.

5. Bersihkan di bagian atas mesin cuci, konsol dan tombol menggunakan larutan cuka.

6. Jalankan kembali siklus pencucian menggunakan air panas dan 1 cangkir baking soda di dalamnya guna menetralkan cuka, serta untuk membantu membersihkan residu yang tertinggal dan terlepas di siklus pertama.

7. Lakukan langkah ini menggunakan larutan cuka untuk menghilangkan residu terakhir yang ada di mesin cuci 1 tabung kamu.

BACA JUGA : Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

Tips Merawat Mesin Cuci 1 Tabung :

1. Mesin cuci jangan ditaruh di tempat lembap

    Pastikan mesin cuci tidak ditaruh di tempat yang lembap karena bisa membuat mesin cuci cepat rusak. Tempat yang tertutup dengan cahaya sedikit dan udara yang kruang juga tidak baik untuk mesin cuci sebab akan berpengaruh pada suhu mesin di mesin cuci. Taruh mesin cuci di tempat yang sesuai, entah itu mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung.

2. Sesuaikan dengan kapasitasnya

Hindari memasukkan pakaian dalam jumlah terlalu banyak ke dalam mesin cuci 1 tabung. Karena, hal itu bisa fatal. Kinerja dari mesin cuci tidak akan maksimal, pakaian yang dicuci pun tidak akan tercuci secara sempurna sebab kotoran akan terhambat. Maka dari itu, kamu wajib memperhatikan kapasitas maksimal dari mesin cuci tersebut.

3. Jangan menaruh pakaian terlalu lama di mesin cuci

Jangan menyimpan pakaian dalam waktu terlalu lama di dalam mesin cuci 1 tabung sebab dapat menimbulkan bau tidak sedap yang akan menyebar ke pakaian kamu. Baik itu pakaian yang basah ataupun pakaian yang kering.

4. Sesuaikan pengaturan mesin cuci berdasarkan dengan jenis pakaian

Pakaian yang bahannya kasar tentu berbeda dari pakaian yang bahannya katun ataupun yang berbahan lembut. Jadi, pengaturan pencucian harus disesuaikan berdasarkan dengan jenis pakaian untuk menjaga kualitas dari pakaian dan agar mesin cuci 1 tabung kamu lebih awet.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Dol

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik AQUA Front Loading

5. Cabut colokan mesin cuci sesudah digunakan

Voltase alat elektronik tidak stabil saat terdapat pemadaman listrik dan bisa menyebabkan korslet. Hindari hal buruk itu dengan cara mencabut colokan mesin cuci sesudah selesai digunakan.

6. Lindungi bagian vital pada mesin cuci

Semua bagian vital mesin cuci 1 tabung harus dilindungi, seperti modul PCB dan panel kendali dari detergen, air dan busa dari sabun. Selalu bersihkan bagian tersebut menggunakan lap yang kering dengan sesegera mungkin apabila terkena air ataupun terkena  detergen. Hal ini untuk menghindari mesin cuci rusak ataupun korslet.

7. Jangan mematikan paksa timer mesin cuci

Mesin cuci 1 tabung top loading pada umumnya mempunyai timer otomatis. Namun, pastikan kamu tidak menghentikan timer tersebut dengan cara paksa, apalagi saat mesin cuci masih beroperasi.

Apabila timer dimatikan paksa, maka akan membuat sistemnya mudah rusak. Kamu bisa kesulitan apabila ingin mencuci pakaian dengan mode otomatis.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Benar

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

8. Buka penutup mesin cuci sesudah digunakan

Mesin cuci 1 tabung umumnya telah dilengkapi fitur dan sistem yang serba otomatis. Selain dilakukan perawatan, kamu juga perlu selalu membuka penutup mesin cuci sesudah selesai memakainya. Hal ini untuk menghentikan kerja mesin cuci dengan sempurna.

Posisi stand by akan mengakibatkan pemborosan listrik. Mesin cuci akan tetap bekerja juga dan kondisinya jadi cepat panas. Dengan membuka penutup mesin cuci dapat menjadi pengingat untuk memeriksa lagi keadaan mesin cuci setelah dipakai.

Tips merawat merek mesin cuci terbaik 1 tabung model top loading :

Pintu mesin cuci dan semua sistem pengaturan mesin cuci ini letaknya ada di atas. Cara merawatnya, jangan sampai tombol-tombol pada mesin cuci tersebut terkena air, cairan detergen ataupun pewanggi, atau benda yang berbahaya lainnya.

Apabila telah selesai dipakai, kamu dapat menutup mesin cuci ini dengan menggunakan kardus atau kain yang tebal yang kondisinya kering untuk melindungi di bagian penutupnya.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Menyetrum dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik 1 tabung. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: adira finance