Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Penggunaan merek mesin cuci terbaik saat ini menjadi kebutuhan yang penting bagi rumah tangga, khususnya apabila kamu sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk mencuci pakaian secara manual.

Kebutuhan pada merek mesin cuci terbaik tersebut membuat kamu wajib merawatnya secara teliti supaya mesin cuci kamu terhindar dari berbagai macam masalah, termasuk saat mesin cuci bocor.

Masalah pada merek mesin cuci terbaik yang bocor memang sangat menjengkelkan dan bisa menghambat aktivitas dalam rumah tangga, terutama aktivitas mencuci pakaian.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan hal itu, asalkan kamu sudah tahu penyebab merek mesin cuci terbaik bocor dan memahami cara memperbaikinya secara mandiri di rumah.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Mampet

Berikut jenis-jenis kebococran pada mesin cuci :

1. Mesin Cuci Bukaan Atas (Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung)

- Bocor mesin cuci di bagian depan biasanya karena tabung mesin cuci yang miring atau tersumbat. Penyumbatan dapat terjadi apabila kamu sering menggunakan detergen dengan jumlah yang terlalu banyak ketika mencuci.

Baju yang masih berbusa setelah dicuci menjadi salah satu tanda jika kamu memakai detergen dengan berlebihan. Memajukan timer pada mesin cuci dengan fitur bilas semprot manual juga rentan mengakibatkan kebocoran.

- Bocor di belakang mesin cuci penyebabnya seperti lupa melepaskan sumbat sebelum kamu memasang selang pembuangan, posisi selang pembuangan tidak terpasang secara benar, dan kondisi sambungan selang pengisi air yang longgar.

- Bocor di bawah mesin cuci menunjukkan adanya di pompa air yang harus segera diatasi agar air tidak mengalir pada komponen motor.

BACA JUGA : Pembuangan Air Merek Mesin Cuci Terbaikmu Bermasalah, Mungkin Ini Penyebabnya

2. Mesin Cuci Bukaan Depan

- Bocor di mesin cuci bagian depan bisa karena sisa sabun yang masih tertinggal dan kotoran yang ada di segel pintu. Sehingga membuat pintunya tidak bisa tertutup dengan sempurna dan air jadi mengalir dari tabung ke luar.

- Bocor pada bagian belakang mesin cuci penyebabnya hampir sama seperti masalah di mesin cuci bukaan atas. Posisi selang pembuangan dan selang pengisi air kurang tepat sehingga berisiko menyebabkan kebocoran. Cucian yang busanya terlalu banyak juga dapat memicu kebocoran tersebut.

- Bocor pada bagian bawah mesin cuci biasanya, drum yang ada di bagian luar terdiri dari 2 bagian yang disatukan dengan baut. Oleh karena itu, lapisan drum tersebut dapat bocor seiring berjalannya waktu dan harus segera diperbaiki atau segera diganti.

BACA JUGA : Cara Praktis Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Sitrun

Cara memperbaiki mesin cici yang bocor :

1. Kembalikan posisi tabung mesin cuci agar tidak miring. Jika tabung telah kembali ke posisi awal dan mesin cuci telah tidak mengalami kebocoran lagi, maka kamu juga harus pastikan proses pencucian sudah berlangsung dengan cara yang benar. Jangan kamu masukkan cucian lebih dari kapasitas mesin cuci atau jangan gunakan detergen terlalu banyak agar mesin cuci bisa tetap berfungsi secara normal.

2. Cek kondisi selang pengisi air dan selang pembuangan. Pastikan seluruh selang telah terpasang secara benar dan tidak ada yang tersumbat. Selang yang getas sampai mengakibatkan kebocoran harus segera diganti yang baru.

3. Perbaiki atau ganti komponen mesin cuci yangs sudah rusak. Selain kerusakan yang terjadi pada lapisan drum, mesin cuci yang bocor juga bisa karena dinamo mesin atau gearbox yang tidak mampu lagi untuk menahan air.

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

Itulah beberapa jenis kebocoran dan cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki merek mesin cuci yang mengalami masalah bocor. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aqua elektronik indonesia