Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

tips jitu yang bisa kamu ikuti untuk menghemat daya merek mesin cuci terbaikmu-freepik-freepik.com

diswayjogja.com - Meski telah menjadi bagian di kehidupan sehari-hari, merek mesin cuci terbaik bisa mengkonsumsi banyak daya listrik.

Pemakaian listrik setiap merek mesin cuci terbaik berbeda-beda, karena ada beberapa faktor seperti usia mesin cuci, ukuran mesin cuci, efisiensi mesin cuci, dan pengaturan pencucian pada mesin cuci.

Merek mesin cuci terbaik bisa mengkonsumsi 500 watt sampai 2500 watt untuk satu kali siklus pencucian. Namun, pada umumnya listrik yang dipakai sebanyak 1000 watt setiap kamu mencuci.

Apabila kamu memakai merek mesin cuci terbaik 3 kali seminggu, maka mesin cuci kamu akan memakai 150 kWh per tahun.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik AQUA Front Loading

BACA JUGA : Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 dan 2 Tabung Beserta Tips Memilihnya

Rata-rata merek mesin cuci terbaik dirancang dengan menggunakan sirkuit 15Amp 120 Volt, atau dapat memakai listrik sampai 1800 watt.

Model merke mesin cuci yang lebih terbaru dan hemat energi akan jauh bisa lebih hemat dan hanya memakai 150 sampai 500 watt setiap kali kamu mencuci.

Berikut tips menghemat daya listrik pada mesin cuci :

1. Mencuci dengan kapasitas yang Penuh

Mencuci pakaian di dalam mesin cuci dengan kapasitas yang penuh akan lebih menghemat energi, hal itu sebab mesin cuci akan mengkonsumsi jumlah watt yang sama untuk penggunaan yang penuh atau juga sebagian. Mencuci dengan jumlah yang besar berarti kamu tidak perlu terlalu sering mencuci, sehingga akan lebih hemat energi.

Namun kamu perlu berhati-hati, jangan paksakan mesin cuci, karena bisa mengurangi efektivitas dan membuat mesin cepat rusak. Bacalah buku panduan agar kamu tahu berat yang tepat untuk setiap mode pencucian.

2. Gunakan Jumlah Air Yang Tepat

Jika jumlah air terlalu banyak maka akan membuang energi, dan jika terlalu sedikit air juga akan membuat pencucian jadi tidak efektif. Produk merek mesin cuci terbaik otomatis banyak yang punya teknologi yang secara otomatis akan mengatur banyaknya air yang diperlukan sesuai jumlah cucian.

Apabila fitur tersebut tidak ada pada mesin cuci kamu, maka kamu harus tahu jumlah tepat untuk setiap pencucian. Pakaian seluruhnya harus dapat terbenam, namun tidak sampai membuang air yang banyak.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

3. Gunakan Air yang Dingin

Memanaskan air menjadi salah satu bagian dari mencuci yang paling banyak menggunakan listrik. Mencuci dengan air yang dingin bisa mengurangi pemakaian energi listrik sampai 90%. Air yang dingin lebih baik untuk merawat pakaian kamu, terutama untuk menjaga kualitas dari warna dan bahan.

Beberapa noda pada pakaian hanya bisa dibersihkan menggunakan air panas, jadi cek lagi panduan pencucian sebelum kamu mencuci. Apabila terdapat noda yang membandel, alangkah baiknya kamu bersihkan terlebih dahulu sebelum pakaian tersebut dicuci di dalam mesin cuci.

4. Pilih Mode Eco

Apabila merek mesin cuci terbaikmu mempunyai pilihan mode eco, kamu bisa manfaatkan dengan baik, sebab mode pencucian ini dirancang untuk mengurangi pemakaian tenaga listrik.

Mode eco pada umumnya akan mencuci di suhu lebih rendah. Sehingga penggunaan listrik bisa berkurang sampai 50% dari mode pencucian biasa.

Mode eco juga membuat waktu pencucian jadi lebih pendek, sehingga waktu pemakaian mesin cuci lebih pendek juga, itu berarti akan menghemat konsumsi energi listrik.

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Mode eco akan memaksimalkan proses pencucian dan mengurangi lamanya waktu untuk berhenti sebelum mesin cuci berputar lagi. Dengan memakai jumlah air yang sesuai dengan banyaknya cucian dan mengurangi banyaknya jumlah bilasan, mode Eco akan memakai air yang lebih sedikit.

Beberapa mode eco sudah dilengkapi dengan teknologi sensor untuk mengetahui banyaknya jumlah cucian dan untuk menyesuaikan siklus pencucian. Sehingga mesin kamu hanya akan memmakai jumlah air dan listrik yang diperlukan.

5. Gunakan Putaran yang Tercepat

Putaran paling cepat bisa mengurangi air yang lebih banyak dari pakaian, sehingga akan membuat lebih cepat kering, dan hemat energi.

Telah banyak mesin cuci yang memiliki pengaturan putaran yang dapat dipilih, kamu juga dapat mengatur ini dengan manual sesuai pakaian yang akan dicuci.

Namun, kamu perlu berhati-hati karena putaran yang cepat justru bisa merusak kain, terutama untuk pakaian yang memiliki bahan yang lembut.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

6. Pilih Pencucian yang cepat

Mode ini dirancang untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk 1 kali proses pencucian. Mode ini dapat membantu kamu dalam menghemat biaya listrik.

Pencucian yang cepat artinya waktu mencuci akan lebih pendek dari biasanya. Artinya mesin cuci akan menyala dengan lebih pendek dan akan mengurangi konsumsi listrik. Serta bisa mengurangi waktu pengeringan.

7. Pilih mesin cuci yang efisien

Mesin cuci yang hemat energi dirancang untuk mengkonsumsi listrik dan air lebih sedikit dibandingkan dengan mesin cuci model lama yang sejenis.

8. Menjemur pakaian

Menjemur merupakan cara untuk mengeringkan pakaian yang paling menghemat listrik. Jemur pakaian dengan cara digantung di tiang jemuran untuk penghematan konsumsi listrik.

Menjemur juga bisa menjaga kualitas dari pakaian, sebab mesin pengering dapat merusak kain. Oleh sebab itu, sebelum kamu menggunakan pengering, cek lagi pengaturan panas yang tepat untuk jenis dari kain pakaian kamu.

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

9. Tidak terlalu sering mencuci

Tidak semua pakaian perlu dicuci dengan segera sesudah digunakan. Beberapa jenis pakaian sepeti jaket atau jeans bisa digunakan beberapa kali sebelum nantinya dicuci. Dengan lebih jarang mencuci, kamu dapat mengurangi banyaknya jumlah pakaian yang hendak dicuci dan bisa menghemat listrik.

Pisah pakaian yang bersih untuk menghindari dari mencuci pakaian yang tidak pentung. Selalu memisahkan pakaian berdasarkan dengan jenis kain dan warna pakaian untuk memaksimalkan proses pencucian dan untu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: electrolux indonesia