Intip Pesona Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Sulawesi

Intip Pesona Wisata Terbaru 2024 Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Sulawesi

Jenis satwa di wisata terbaru Taman Nasional Bogani Nani Wartabone--

DISWAY JOGJA – Destinasi wisata terbaru 2024 yang ada di Sulawesi Utara selalu saja membuat para wisatawan lokal maupun asing tergiur untuk datang kesana.

Salah satu objek wisata terbaru 2024 di Sulawesi Utara adalah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Di setiap sudut taman nasional ini ada berbagai tempat wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi.

Lalu seperti apa gambaran tempat wisata terbaru 2024 yang satu ini? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Pulau Lihaga Layaknya Surga Tersembunyi Sulawesi Utara

Tentang Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman nasional yang ada di Sulawesi Utara ini memiliki luas kurang lebih 287.115 hektare. Dulunya saat penetapan pada tahun 1990 kawasan tempat wisata terbaru 2024 ini diberi nama Taman Nasional Dumoga Bone.

Namun, pada tanggal 8 Oktober 1993, melaui SK Menteri Kehutanan No. 724/Kpts-II/1993 namanya diganti menjadi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Wisata terbaru 2024 Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki topografi yang beragam. Terdiri dari topografi yang datar, bergelombang ringan sampai berat hingga berbukit terjal dengan ketinggian 1.970 mdpl.

Puncak tertingginya ada di Gunung Sinombayuga yang membelah kawasan taman utara dan taman sekaligus. Selain itu, Gunung Sinombayuga juga membelah DAS Bone dan Dumoga.

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Spot Camping Terbaik di Sulawesi Selatan, Dijamin Healing Makin Nyaman

Vegetasi yang ada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone juga sangat beragam. Beberapa diantarnya terdiri dari vegetasi sekunder, hutan primer dataran rendah pada tanah alluvial, hutan pegunungan rendah, hutan lumut serta hutan tanaman.

Jenis flora di kawasan taman nasional ini terdiri dari 400 jenis pohon, 241 tumbuhan tinggi, 120 jenis epifit, 100 jenis tumbuhan obat-obatan. Tidak hanya itu, disini juga terdapat 24 jenis anggrek termasuk ada anggrek putih.

Tumbuhan langka dan khas juga bisa Anda jumpai di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Tumbuhan langka tersebut terdiri dari palem matayangan, kayu besi, kayu hitam, kayu kuning dan bunga bangkai.

Sementara fauna yang ada disini terdiri dari 200 jenis kumbang, 64 jenis aves, 36 jenis kupu-kupu, 24 jenis mamalia, 19 jenis ikan, 11 jenis reptile serta 2 jenis amfibi. Sebagian satwa tersebut merupakan satwa khas (endemik) dari Pulau Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: