6 Kebiasaan Sepele Bikin Merek Kulkas Terbaik Boros Listrik, No 4 Paling Sering Dilakukan

6 Kebiasaan Sepele Bikin Merek Kulkas Terbaik Boros Listrik, No 4 Paling Sering Dilakukan

6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Merk Kulkas Terbaik Jadi Boros Listrik--iStockphoto

3. Membiarkan Bunga Es Menumpuk di Freezer

Tanpa disadari, bunga es yang menumpuk di dalam kulkas dan tidak segera dibersihkannya maka akan mengganggu jalannya sirkulasi udara dingin.

Sirkulasi udara dingin yang terganggu tersebut bisa membuat kinerja kulkas semakin terbebani dan tentunya juga membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar.

Oleh karena itu, jangan lupa gunakan fitur defrost yang ada secara teratur agar bunga es tidak menumpuk serta agar performa kulkas tetap maksimal.

BACA JUGA : Ikuti Tips Berikut Sebelum Membeli Kulkas Terbaik 2 Pintu

4. Membuka Kulkas Terlalu Lama

Kebiasaan satu ini menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika bingung memilih bahan makanan yang hendak di ambil.

Kebiasaan satu ini sebenarnya malah bisa menambah 7 persen total pemakaian energi listrik. Selain itu, bisa juga membuat kompresor lemari pendingin kamu harus bekerja ekstra untuk mengembalikan suhu di dalam kulkas seperti sebelumnya.

Jika kamu termasuk orang yang sering membuka pintu kulkas terlalu lama, sebaiknya mulai dari sekarang hentikan kebiasaan tersebut agar konsumsi daya listrik tidak boros, ya.

5. Meletakkan Kulkas Terlalu Dekat dengan Dinding

Merek kulkas terbaik yang diletakkan terlalu dekat dengan dingin bisa membuat bagian belakang kulkas jadi cepat panas. Dan yang terjadi saat kulkas bekerja akan memakan daya listrik yang lebih besar.

Karena kulkas juga membutuhkan ruang untuk mengeluarkan udara panasnya. Maka dari itu ketika akan meletakkan kulkas berilah jarak dengan dinding agar sirkulasi udara tetap lancar.

6. Pengaturan Suhu yang Salah

Kebiasaan lainnya yang bisa membuat lemari pendingin jadi boros listrik yaitu pengaturan suhu yang salah.

Ketika kamu mengatur kulkas dengan suhu yang terlalu dingin, makanan yang kamu simpan akan membeku. Namun, jika kamu mengatur suhu kulkas terlalu hangat, maka makanan yang kamu simpan juga akan lebih cepat membusuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: