Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Tiga Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes

Pangdam IV/Diponegoro Resmikan Tiga Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes

DIRESMIKAN- Panglima Kodam (Pangdam) IVDiponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi bersama Pj Bupati Brebes melintas di jembatan gantung Merah Putih Desa Kalinusu usai diresmikan.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAWYJOGJA - Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi meresmikan tiga Jembatan Gantung Merah Putih.

Ketiga Jembatan Gantung Merah Putih tersebut masing-masing berada di Dukuh Wadas Gumantung, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong; Jembatan Gantung, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu; dan Jembatan Gantung Dukuh Cisa'at Kecamatan Bantarkawung.

Ribuan warga dari Kecamatan Bumiayu, Bantarkawung dan Tonjong menyaksikan secara langsung peresmian jembatan gantung Merah Putih yang dipusatkan di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Selasa, 28 Mei 2024.

BACA JUGA:Pangdam IV/Diponegoro Kunjungi Gubernur DIY, Berharap Pengembangan Komando Militer Lebih Baik

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga keberadaan jembatan gantung merah putih agar dapat dimanfaatkan dalam waktu lama.

"Jaga Keberadaan Jembatan gantung yang telah terbangun, karena jembatan ini merupakan sarana transportasi yang sangat vital bagi warga masyarakat, sehingga mudah dalam menyebrang sungai tidak harus turun langsung ke sungai yang tentunya sangat berbahaya pada saat kondisi cuaca tertentu," ungkapnya.

Sarana jembatan yang di cita-cita oleh warga selama ini, bisa terwujud berkat Gerakan Tangan Tuhan Kodim 0713 Brebes bersama warga dan para relawan. Oleh karena itu jajarannya bersama para prajurit TNI akan terus bersinergi dengan semua elemen masyarakat untuk membantu program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional.

Pangdam juga menambahkan bahwa dirinya juga sudah menyampaikan ke Presiden Joko Widodo, terkait pembangunan jembatan gantung di wilayah Kodam IV/Diponegoro sekaligus peresmiannya.

"Bapak Presiden sangat mensupport kegiatan ini, semoga nanti kita bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat di Jawa Tengah," ucapnya.

BACA JUGA:Buka Tempat Terisolir di Brebes, 3 Jembatan Gantung Merah Putih Diresmikan

Pj Bupati Iwanuddin Iskandar, yang hadir mendampingi Pangdam IV/Diponegoro, memberikan apresiasi dengan terselesaikannya pembangunan tiga Jembatan Gantung yang di bangun oleh Gerakan Tangan Tuhan Kodim 0713 Brebes warganya. Sebab selama ini warga yang menyeberang sungai sebelum ada jembatan harus turun masuk air dan anak-anak yang berangkat sekolah juga harus digendong atau harus naik jukung.

"Gerakan tangan Tuhan ini sangat banyak sekali manfaatnya, terlebih bagi masyarakat yang memang kesulitan akses jalan seperti di Kabupaten Brebes yang wilayahnya cukup luas," kata Iwanuddin.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman pohon akar wangi di sekitar jembatan agar tidak terjadi abrasi atau longsor. Sebelumnya, Pangdam juga memberikan bantuan sosial di lokasi panen raya padi di Desa Kalilangkap, Kecamatan Bumiayu serta pengecekan optimalisasi lahan dan pompanisasi untuk pengairan untuk 133 Hektar Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung.

Semenatara Wasid, selaku Kades Kalinusu, tidak henti-hentinya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada jajaran Kodam IV/Diponegoro, Kodim 0713 Brebes dan Pemerintah Kabupaten Brebes yang telah mewujudkan harapan masyarakat Desa Kalinusu untuk memiliki sarana penyeberangan.

"Jembatan ini merupakan impian yang sudah bertahun-tahun diharapkan oleh warga masyarakat, akhirnya saat ini terwujud. Kami sangat berterimakasih," ucap Wasid.

BACA JUGA:Jembatan Kalierang Cilongok Berlubang, DPUPR Kabupaten Tegal Segera Perbaiki

Hadir dalam kegiatan Danrem 071/WK Kolonel Inf Jamaluddin S.IP. beserta jajaran, Dandim 0713/Bbs Letkol Inf Sapto Broto, Kapolres Brebes, AKBP Guntur Muhammad Tariq, Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Yadi Racmat Sunaryadi, Kasiter rem 071/Wk Letkol Inf Darul Quthni, beserta jajaran dan sejumlah SKPD Kabupaten Brebes. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: