Buka Tempat Terisolir di Brebes, 3 Jembatan Gantung Merah Putih Diresmikan

Buka Tempat Terisolir di Brebes, 3 Jembatan Gantung Merah Putih Diresmikan

MENIKMATI - Warga Dukuh Cisaat Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung menikmati jembatan gantung Merah Putih. -DOK.-

BANTARKAWUNG, DISWAYJOGJA - Puluhan tahun terisolir warga Dukuh Cisaat, Desa Pengarasan, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes kini bernafas lega. Pedukuhan ini menjadi salah satu tempat terisolir di Brebes. Pedukuhan yang masuk wilayah Desa Pengarasan telah dibangun jembatan Merah Putih yang membuka Dukuh Cisaat dengan melintasi atas sungai Glagah.

Harapan mereka terwujud atas inisiatif kuat dari warga, relawan serta didukung Kodim 0713 Brebes dan Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes. Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, bersama Pj Bupati Brebes Iwannudin Iskandar memberikan material tiang pancang, sling, semen, dan papan jembatan.

BACA JUGA:Tergerus Banjir, Jembatan di Desa Kalierang Brebes Putus

Dengan dibangunnya jembatan gantung tersebut, warga yang akan menuju ke pusat pemerintahan baik untuk sekolah, berdagang, kesehatan, dan aktivitas lainnya, tidak lagi menyusuri sungai. Namun kini mereka dapat menggunakan jembatan yang jauh lebih aman, apalagi ketika air sungai meluap atau banjir.

Puluhan tahun lalu, Dukuh Cisaat sangat mengharapkan jembatan untuk beraktivitas menjalankan roda perekonomian dan pendidikan. Tahun 2024 awal, 100 KK di Dukuh Cisaat merasa lega setelah Komandan Kodim dan Pj Bupati yang langsung meninjau lokasi akan dibangunnnya Jembatan Gantung Merah Putih 3.

Dandim 0713 Brebes mengatakan, berkat bantuan Tangan Tuhan, Jembatan Gantung sepanjang 60 meter di Dukuh Cisaat ini akan digunakan secepatnya.

"Hari ini sudah pemasangan papan dan finishing. Pesan Bapak Pj Bupati Brebes agar warga memanfaatkan Jembatan Gantung Merah Putih 3 ini bisa merawat hingga anak cucu," katanya, Minggu, 28 April.

Batituud Koramil 12 Bantarkawung, Peltu Diono menambahkan, pembangunan Jembatan Gantung Merah Putih 3 ini dikerjakan oleh 30 orang dipimpin Suntana dari Bogor sebagai pengawas. Selain Dukuh Cisaat yang sudah terlaksana pembangunannya, ada satu lagi Jembatan Gantung Merah Putih 2 yang masih berproses pembuatan talud tiang pancang, yakni di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu.

BACA JUGA:Wisata Sejarah Suramadu: Mengungkap Jejak Peradaban di Jembatan Merah Putih

Kodim 0713 Brebes dan Pemda saat ini sedang membangun 3 Jembatan Gantung Merah Putih. Pengerjaan yang sudah selesai adalah di Jembatan Gantung Merah Putih 1 di Dukuh Wadas Gumantung Desa Kutamendala, Tonjong. Jembatan Gantung Merah Putih 2 di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu dan Jembatan Gantung Merah Putih 3 di Dukuh Cisaat Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung masih proses pembangunan.

"Melalui Program Gerakan Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias dengan Tulus dan Ikhlas, Dandim dan Pj Bupati Brebes akan berkiprah membantu dan mensejahterakan masyarakat Brebes," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: