Slawi Ageng Expo 2024, BPBD Kabupaten Tegal Berikan Edukasi Siaga Bencana

Slawi Ageng Expo 2024, BPBD Kabupaten Tegal Berikan Edukasi Siaga Bencana

EDUKASI - Satgas BPBD Kabupaten Tegal memberikan edukasi siaga bencana di gelaran Slawi Expo.-HERMAS PURWADI /RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA -  Di gelaran Slawi Ageng Expo 2024, BPBD Kabupaten Tegal  memberikan layanan edukasi siaga bencana. Edukasi dimaksudkan untuk memberikan informasi berkenaan dengan kebencanaan, dimulai dari prabencana sampai pascabencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah, melalui petugas stan Wiwit Rian Afiat menjelaskan, informasi prabencana yang dimaksud adalah menyiapkan rencana untuk penyelamatan diri apabila terjadi bencana.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Adakan Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana

Seperti melakukan latihan yang dapat bermanfaat dalam menghadapi reruntuhan saat gempa bumi. Misalnya merunduk, perlindungan terhadap kepala berpegangan ataun dengan bersembunyi di bawah meja,ujarnya.

Dia berharap, dengan edukasi prabencana dapat meminimalisir dampak negatif kejadian bencana. Selanjutnya juga mengedukasi pada saat tanggap darurat bencana. Di dalamnya meliputi pengkajian yang tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumber daya.

Penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana, pemenuhan kebutuhan dasar seperti air bersih, makanan, pakaian, papan  dan lain lain serta perlindungan kelompok rentan.

Harapannya lainnya, lanjut dia, dengan informasi dan edukasi tersebut, masyarakat dapat berpartisipasi dengan aktif. MUlai dari sejak prabencana, pada saat tanggap darurat, sampai dengan pascabencana.

Sementara itu, seorang pengunjung stan Siti Yulianti dari Desa Dukuhwaru saat ditemui di lokasi pameran mengau senang mendapat informasi, sekaligus edukasi tentang kebencanaan.

BACA JUGA:BPBD Kota Tegal Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, 200 Mahasiswa Simulasi Hadapi Gempa

Menurut dia, edukasi tersebut sangat bermanfaat, sehingga apabila terjadi bencana di lingkungan. Kami dapat mengambil peran minimal dapat mencegah dan mengurangi risiko akibat bencana serta ikut membantu pada saat tanggap darurat. Saya senang mendapat edukasi tentang kebencanaan di stand BPBD ini,ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: