4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Unik Jogja, Dari Pagi Hingga Petang

4 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Unik Jogja, Dari Pagi Hingga Petang

Makanan unik di Jogja Sate Klatak--Instagram@jogjakakilima

DISWAY JOGJA - Kamu sedang liburan di Jogja? Bingung mau makan apa? Yuk simak informasi mengenai wisata terbaru 2024 makanan unik di Jogja. 

Soal liburan, tak heran jika ada yang merasakan kurang ketika tidak mencicip makanan khasnya. Beragam wisata terbaru 2024 makanan unik di Jogja memang sudah seharusnya masuk ke daftar wajib dikunjungi. 

Untuk menikmati wisata terbaru 2024 makanan unik di Jogja, bisa kamu mulai dengan kuliner malamnya dan berlanjut hingga kuliner pagi. Jangan khawatir kehabisan, karena Jogja juga menjadi gudangnya kuliner loh. 

Berikut 4 rekomendasi wisata terbaru 2024 makanan unik di Jogja. 

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Pantai Jogja, Pemandangan Pasir Putih Dengan Air Jernih Eksotis

1. Sate Klatak

Makanan pertama yang bisa masuk ke daftar makanan kamu selama di Jogja adalah Sate Klatak. Sate Klatak ini berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan tusukan lidi. Sate Klatak sendiri menggunakan tusukan yang terbuat dari jeruji besi. Sedangkan dinamakan Sate Klatak karena bumbu yang digunakan terdapat garam kasar yang ketika dibakar akan berbunyi 'klatak'. Unik bukan? 

Kamu bisa menemui Sate Klatak ini dimana saja, sesuai selera. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan saja. 

2. Kue Kipo

Selanjutnya ada kue yang sudah terkenal di Jogja. Kue ini berasal dari bahan ketan yang dicampur dengan unti kelapa sebagai isiannya. Umumnya kue ini berwarna hijau dan dipanggang dengan alas daun pisang.

Memiliki nama Kue Kipo, karena kamu pada saat itu banyak yang bertanya 'iki opo?' yang artinya 'ini apa?' kepada Mbah Mangun penjual pertama Kue Kipo. Lalu disingkat menjadi Kipo, alhasil terciptalah nama kue ini sebagai Kue Kipo. Wisatawan dapat menemukan kue ini di Kotagede, Jogja. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp 3 ribuan. 

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Ranca Upas, Surga Tersembunyi Bandung Dengan Pesona Keindahan Estetik

3. Soto Sampah

Jika kamu ingin makanan yang berkuah, bisa coba Soto Sampah. Jika dilihat dari namanya memang tidak menggoda ya, tapi jika kamu sudah melihat bentuknya pasti akan menggugah selera. Banyaknya rempah-rempah yang terdapat dalam makanan ini menjadi alasan kenapa dinamakan Soto Sampah.

Isian Soto Sampah sayur-sayuran seperti kubis, wortel, tauge dan daging ayam maupun sapi. Dengan harga mulai dari Rp 6 ribuan, kamu juga bisa mencoba pendamping lain seperti sate mulai dari Rp 1 ribuan saja. Soto Sampah ini bisa kamu temukan di Cokrodiningratan Kec. Jetis dan Prawirodirjan Kec. Gondomanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: