12 Kios di Kota Tegal Kebakaran, Kerugian Ditaksir Rp 500 Juta

12 Kios di Kota Tegal Kebakaran, Kerugian Ditaksir Rp 500 Juta

MEMADAMKAN - Petugas BPBD dan DAMKAR sedang berusaha memadamkan api di salah satu kios Pasar Loak, Jalan Tentara Pelajar Kota Tegal, Senin, 13 Mei 2024 sekitar pukul 08.00 WIB. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Sejumlah kios yang ada di Pasar Alun-alun Kota Tegal terbakar. Api melalap 12 kios pedagang spare part kendaraan bekas yang berlokasi di Pasar Loak Kota Tegal, Senin, 13 Mei 2024, sekitar pukul 08.00 WIB. 

Kerugian akibat Pasar Alun-alun Kota Tegal kebakaran itu ditaksir mencapai Rp500 juta. Hal itu sesuai laporan kebencanaan dan kejadian wilayah Kota Tegal.

BACA JUGA:Bus PO Haryanto Kebakaran di Jalan Ring Road Barat Sleman, Ini Penyebabnya

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kota Tegal Moh. Mabrur menyampaikan, kebakaran kios Pasar Alun-alun Kota Tegal yang berada di Jalan Pancasila terjadi pada 12 kios pasar yang berada di sana.

”Pukul 08.15 WIB personel TRC-PB BPBD Kota Tegal menuju lokasi. Sampai di lokasi, tim Damkar Kota Tegal dan TRC-PB BPBD Kota Tegal kemudian petugas langsung melakukan Assesment serta membantu penanganan kebakaran,” terang Moh. Mabrur.

Kemudian, mulai pukul 09.00 WIB, kebakaran tersebut masih belum padam dan masih masih proses pemadaman. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dalam laporan tersebut disebut jika seorang petugas Damkar mengalami luka berat saat pemadaman terjadi. Dugaan sementara, kebakaran dipicu hubungan arus pendek listrik dari salah satu kios yang terbakar.

Salah satu pedagang, Masruhin mengatakan, pagi itu dirinya mendapatkan laporan ada kebakaran kios di Pasar Alun-alun. Selanjutnya, dirinya kemudian mendatangi lokasi untuk mengeceknya. ”Saya ditelepon katanya ada kebakaran, kemudian saya langsung mendatangi lokasi. Ternyata benar, termasuk kios saya yang ikut terbakar,” katanya.

BACA JUGA:Libur Lebaran 2024, Pemilik dan ABK Diminta Waspada Kebakaran Kapal di Kota Tegal

Menurut Masruhin, dari pendataan yang dilakukan, sementara ada 12 kios yang terbakar. Dari jumlah itu, ada 4 kios sangat parah. ”Total ada 12 kios yang terbakar, 4 di antaranya parah. Termasuk kios milik saya 3 kios,” ujarnya.

Kasatpol PP Kota Tegal Hartoto mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Pihaknya kemudian langsung menerjunkan tim untuk melakukan pemadaman di lokasi.

”Saat kita sampai di lokasi sudah ada api yang menyala. Kejadian sekitar pukul 08.00 WIB,” ujarnya.

Menurut Hartoto, penyebabnya kebakaran belum dapat dipastikan dan menunggu hasil penyelidikan polisi. Saat kebakaran itu, pihaknya menerjunkan 3 armada ditambah lagi dari DLH dan Damkar Kabupaten Tegal.

Dia mengaku, api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Sementara itu, polisi masih melakukan penyelidikan terkait musibah kebakaran yang melalap belasan kios di Pasar Malam Alun-alun Kota Tegal.

”Penyebabnya kami belum bisa memastikan. Ini masih diselidiki," tegas Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas saat berada di TKP, Senin, 13 Mei 2024.

Kapolres menyebut, pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran saat menggelar apel. Mendapat laporan itu, anggotanya langsung dikerahkan. Termasuk jajaran dari Pemkot. ”Saat ini (kemarin) masih melakukan pendinginan. Dan memastikan api benar-benar padam,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Pj Walkot Tegal Dadang Somantri menambahkan tindak lanjut dalam perbaikan pasca kebakaran nantinya pasti ada. Namun, lokasi Pasar Malam Alun-alun Kota Tegal ini merupakan milik PT KAI, sehingga perlu adanya koordinasi lebih lanjut.

BACA JUGA:Bus Agra Mas Kebakaran di Exit Tol Tegal, Asap Keluar dari Dasbor setelah Diderek

”Musibah kebakaran ini, perlu menjadi perhatian di pasar lainnya. Khususnya soal instalasi kelistrikan. Apakah sudah sesuai, atau melebihi kapasitas,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: