Bus PO Haryanto Kebakaran di Jalan Ring Road Barat Sleman, Ini Penyebabnya

Bus PO Haryanto Kebakaran di Jalan Ring Road Barat Sleman, Ini Penyebabnya

KEBAKARAN – Petugas pemadam kebakaran saat melakukan evakuasi bus yang terbakar di Gamoing Sleman, Kamis, 18 April.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Sebuah bus PO Haryanto bernomor polisi K 7096 OB mengalami kebakaran di Jalan Ring Road Barat, Nogosaren, Nogotirto, Sleman. Tepatnya, di depan SMP Negeri 3 Gamping pada Kamis, 18 April. Meski bus sedang ada berpenumpang, beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Kasat Lantas Polresta Sleman Kompol Andhies F. Utomo mengatakan, kronologi terbakarnya bus berpenumpang 12 orang itu bermula saat kendaraan tersebut melaju dari arah barat ke utara Jalan Siliwangi. Sesampainya di simpang empat Demak Ijo, bus kemudian langsung melaju ketika lampu berwarna hijau.

BACA JUGA:Bus Agra Mas Kebakaran di Exit Tol Tegal, Asap Keluar dari Dasbor setelah Diderek

Dari keterangan pengemudi, lanjut Andhies, sebelum terjadi kebakaran sempat melihat kepulan asap dari arah mesin atau bagian belakang kendaraan. Pengemudi bus kemudian berhenti dan menurunkan penumpang. Lalu berupaya memadamkan api.

“Tidak ada korban jiwa. Untuk jumlah penumpang sebanyak delapan orang dewasa, dua anak, serta satu orang sopir dan satu orang kernet,” ujar Andhies saat dikonfirmasi, Kamis, 18 April.

Kejadian terbakarnya bus tersebut juga viral di sosial media. Dalam video yang beredar terlihat api membakar hampir seluruh bagian bus. Asap pun membumbung tinggi dan tampak petugas sedang berupaya untuk memadamkan api.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Bambang Kuntoro mengungkapkan, untuk penyebab kejadian dan penyebab kebakaran masih didalami. Khususnya oleh petugas pemadam kebakaran. “Detail di bidang kebakaran,” katanya.

Petugas pemadam kebakaran mengungkapkan, penyebab kebakaran berasal dari korsleting listrik pada bagian air conditioner (AC).

BACA JUGA:Balik Mudik Gratis Disambut Antusias, Polres Pemalang Berangkatkan Dua Bus Tujuan Jakarta

Staf Operator dan Investasi Bidang Pemadam Kebakaran Sleman Triono mengatakan, peristiwa kebakaran bus itu diketahui terjadi sekitar pukul 06.18 di Jalan Ring Road Barat, Nogosaren, Nogotirto, Sleman. Kendaraan tersebut dikendarai Kus Susanto,50, warga Magelang, Jawa Tengah.

Triono mengungkapkan, awal mula kebakaran terjadi di Simpang Empat Demak Ijo. Dimana bus mengeluarkan asap pada bagian belakang kendaraan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: