Ingin Belajar Membatik? Kunjungi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Kampung Batik di 5 Kota Ini, Dijamin Seru

Ingin Belajar Membatik? Kunjungi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Kampung Batik di 5 Kota Ini, Dijamin Seru

Destinasi wisata terbaru 2024 Kampung Batik Trusmi yang ada di Kota Cirebon, Jawa Barat.--indonesia.travel

2. Kampung Batik Laweyan 

Kota Surakarta atau Solo memiliki kampung batik legendaris yang terletak di Laweyan. Kampung Batik Laweyan termasuk yang berdiri paling lama dibandingkan dengan kampung batik lainnya. 

Menurut sejarah, Kampung Batik Laweyan sudah ada sejak abad ke-19. Luas wilayah Kampung Batik Laweyan juga sangat besar yakni 24,83 hektar. 

BACA JUGA : 11 Istilah Unik Proses Pembuatan Batik yang Wajib Kamu Ketahui, No 6 Bikin Geleng-Geleng Kepala

Jika berkunjung ke Kampung Batik Laweyan, kalian bisa belajar membatik. Pililah salah satu motif yang kalian gemari. Sampai dengan saat ini, terdapat 250 motif batik yang sudah dilisensikan secara eksekutif milik Kampung Batik Laweyan. 

Nah selain belajar membatik, kalian juga bisa mengabadikan momen selama di Kampung Batik Laweyan. Pasalnya arsitektur rumah-rumah di Kampung Batik Laweyan memadukan antara gaya Jawa, Eropa, Cina, dan Islam. 

3. Kampung Batik Palbatu 

Orang Jakarta tidak perlu ke luar kota untuk belajar membatik. Cukup kunjungi Kampung Batik Palbatu. 

BACA JUGA : Pekalongan Kota Batik? Yuk Intip 7 Jenisnya, Kalian Wajib Tau

Sebagai destinasi wisata kekinian, Kampung Batik Palbatu telah mendapatkan Rekor MURI. Rekor MURI yang dipecahkan oleh Kampung Batik Palbatu adalah membuat jalan terpanjang bermotifkan batik. Panjang jalan tersebut kira-kira 133,9 meter.

Tidak hanya belajar membatik, kalian juga bisa mengunjungi beberapa gerai yang menjual batik dengan berbagai motif seperti motof kembang api, gelatik, dan rambutan. 

4. Kampung Batik Kauman 

Belum lengkapnya rasanya belajar membatik jika tidak ke Pekalongan. Kota Pekalongan yang ada di Provinsi Jawa Tengah dijuluki sebagai Kota Batik. 

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Bandung Terbaik untuk Dikunjungi Bagi Pecinta Sejarah dan Budaya

Sentra batik di Kota Pekalongan adalah Kampung Batik Kauman. Di sini, kalian bisa melihat berbagai motif batik yang unik dan menarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.travel