4 Amalan Yang Membuat Buka Puasa Kamu Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Kamu Wajib Tahu!

4 Amalan Yang Membuat Buka Puasa Kamu Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda, Kamu Wajib Tahu!

Amalan Saat Buka Puasa--Youtube

Jika sudah masuk waktu mau berbuka puasa, kamu bisa berdoa terlebih dahulu yah. Karena doa sebelum waktu berbuka puasa dan tatkala mau berbuka puasa adalah qobul.

Sesuai sunah Rasulullah SAW, doa buka puasa baru dibacakan setelah membatalkan puasa.

Anda bisa membacakan doa buka puasa pada umumnya sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ، إِنْ شَاۧءَ اللّٰهُ تَعَالَى، يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ، اِغْفِرْ لِيْ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الّذِيْ أَعَانَانِيْ (هَدَانِيْ) فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ

Allahumma laka shumtu, wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa 'alaika tawakkaltu, dzahabadzh dzhama-u, wabtalatil-'uruqu, wa tsabatal ajru, insyaallahu ta'ala. Ya wasi'al-fadhli, ighfirli, alhamdulillahilladzi a'anani (hadani) fashumtu, wa razaqani fa-afthartu.

Artinya: "Ya Allah kepada-Mu aku berpuasa, atas rezeki-Mu aku berbuka, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri. Telah hilang dahaga dan telah basah tenggorokan, semoga tetaplah pahala puasa, Insyaallah. Wahai Yang Maha Luas Anugerah-Nya, berikanlah ampunan bagiku. Segala puji bagi Allah Yang telah menolongku sehingga aku berpuasa dan yang telah memberikan rezeki kepadaku sehingga aku bisa berbuka."

BACA JUGA : Hukum Muntah Saat Sedang Puasa, Simak Penjelasan Berikut!

Selain itu, bisa dibacakan doa ma'tsur yang pernah diajarkan Rasulullah SAW dalam kitab al-Fiqh Ala al-Madzahib al-Arba'ah (juz 1:464).

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ، إِنْ شَاۧءَ اللّٰهُ تَعَالَى، يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ، اِغْفِرْ لِيْ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الّذِيْ أَعَانَانِيْ )هَدَانِيْ( فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ.

Artinya: "Ya Allah bagi-Mu aku berpuasa, atas rizki-Mu aku berbuka, dan kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakkal. Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan semua tetaplah pahala puasa, insya Allah Taala."

"Duhai yang Maha luas Anugerah-Nya, berikanlah ampunan bagiku. Segala puji bagi Allah yang telah menolongku sehingga aku berpuasa dan yang telah memberikan rizki kepadaku sehingga aku bisa berbuka."

BACA JUGA : Apa Hukumnya Bagi Orang yang Berpuasa Memberikan Makanan Kepada Orang Lain untuk Berbuka Puasa? Penasaran?

Demikianlah 4 amalan saat buka puasa di bulan puasa yang bisa membuat pahala kamu berlipat-lipat ganda. Yuk cobain dan terapkan, rasakan dampaknya deh.

Semoga kita senantiasa diberi kekuatan dan ketabahan dalam menjalankan ibadah puasa dan amalan-amalan sunah yang lain. Semoga kita bisa jadi orang yang bertaqwa.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: